Connect with us

News

Kades Wonocoyo Sebut TAKE/TAKE Mendongkrak Indeks Desa Membangun

Published

on

Kepala Desa Wonocoyo Kabupaten Trenggalek, Didik Herkunadi dalam acara Webinar Cerita Baik dari Praktik TAKE dan TAPE di Indonesia: Penggunaan Dana Insentif Fiskal berbasis Ekologi dan Dampaknya bagi Agenda Perlindungan Lingkungan, Kamis (14/10).

SERIKATNEWS.COM- Kepala Desa Wonocoyo  Kabupaten Trenggalek Didik Herkunadi mengatakan bahwa stimulus Transfer Anggaran Provinsi/Kabupaten/Kota Berbasis Ekologi (TAKE/TAPE) sangat menunjang kelestarian lingkungan dan indeks desa membangun.

Hal itu ia ungkap dalam Webinar Cerita Baik dari Praktek TAKE dan TAPE di Indonesia dengan tajuk “Penggunaan Dana Insentif Fiskal Berbasis Ekologi dan Dampaknya bagi Agenda Perlindungan Lingkungan”.

Webinar yang diselenggarakan The Asia Foundation (TAF) dan bekerja sama Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Riau itu merupakan bagian dari rangkaian acara Festival Inovasi Inovasi Ecological Fiscal Transfer (EFT).

Festival Inovasi EFT ini didukung oleh Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO), Indonesia Budger Center, The Reform Initiatives (TRI), Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), dan Beritabaru.co sebagai media partner.

“TAPE/TAKE, baik secara langsung maupun tidak langsung bermanfaat bagi kami, terutama jajaran Pemerintah Desa untuk keberlangsungan dari pada pembangunan desa di semua bidang,” kata Didik dalam Webinar yang dipandu oleh Sarah Monica ini, Kamis (14/10).

Didik mengaku, sejak 2014 pihaknya sudah mulai merintis program-program desa terhadap perlindungan lingkungan. “Berangkat dari sebuah kegelisahan terhadap kerusakan yang terjadi di lingkungan hidup,” ungkapnya.

“Kami bersama masyarakat berkomitmen, kami masukkan dalam koordinasi desa, dan beberapa peraturan desa (Perdes) kami terbitkan. Dengan Perdes tersebut kami rumuskan sebuah program,” tambahnya.

Bahkan Didik menyampaikan dalam membentuk program-program perlindungan terhadap lingkungan hidup tetap lestari pihaknya menganggarkan dalam dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa).

Di situlah tahapan demi tahapan kami lalui, maka kemudian pada tahun 2020 dan 2021 kami secara berturut-turut mendapatkan penghargaan dari pemerintah Kabupaten Trenggalek,” tuturnya.

Kades Didik berharap agar pemerintah dapat menambahkan stimulus TAKE/TAPE untuk Kabupaten Trenggalek. “Dan ini sangat mendongkrak peningkatan Indeks Desa Membangun (IBM),” imbuhnya.

Didik menyebut sebelum bergerak secara masif di pembangunan lingkungan hidup dan dana insentif, desa yang dipimpinnya berada pada kategori desa maju dalam IDM.

“Di tahun 2020 masuk satu tingkat di kategori desa mandiri. Secara parameter Indeks Desa Membangun, dana TAKE/TAPE itu sangat berdampak terhadap peningkatan Indeks Desa Membangun,” tegasnya. 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terkini

Internasional23 menit ago

DBS Menjadi Bank Pertama di Asia Tenggara yang Bergabung dengan Hedera Governing Council

SERIKATNEWS.COM – DBS Bank telah bergabung dengan Hedera Governing Council, sebuah kelompok yang mencakup beragam organisasi dan bertugas mengembangkan jaringan...

Lifestyle45 menit ago

Keunggulan Produk HAVAL JOLION Diakui Pengguna Global

SERIKATNEWS.COM – Penjualan HAVAL JOLION buatan GWM meningkat pesat di beragam pasar luar negeri. penjualan meningkat sejak Januari 2021. HAVAL...

Opini3 jam ago

Kebebasan Bukan untuk Penghinaan

TAK ada angin, tak ada hujan, seorang Faizal Assegaf bicara tentang NU, juga Hadlratus-Syaikh KH Hasyim Asy’ari dan KH Abdurrahman...

News5 jam ago

Fokus Kembangkan Sumber Daya, UPH Jalin Kerja Sama dengan Pemerintah Kota Bitung

SERIKATNEWS.COM – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pelita Harapan (UPH) telah resmi bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung,...

News17 jam ago

Vaksinasi, Kiai Dalil: Vaksin Aman Dan Halal

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Pordapor terus menggalakkan vaksinasi kepada seluruh warganya. Di samping melakukan vaksinasi, juga terus melakukan sosialisasi...

Opini18 jam ago

Kader Nasdem Diminta untuk Meminta Maaf kepada Aktivis IAIN Palopo

SERIKATNEWS.COM – Kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan di IAIN Kota Palopo menjadi sorotan beberapa pihak. Pasalnya, atribut salah satu Parpol...

News18 jam ago

Dorong Efisiensi, Menteri BUMN Dukung Program Electrifying Agriculture PLN

SERIKATNEWS.COM – Kontribusi PT PLN (Persero) dalam menghadirkan Creating Shared Value atau nilai dan manfaat bersama terwujud dalam program Tanggung...

Populer

%d blogger menyukai ini: