Connect with us

Internasional

Kuala Lumpur Lockdown Akibat Korona Melonjak

Published

on

Kuala Lumpur Lockdown Akibat Korona Melonjak
Suasana Ramadan di tengah pandemi Covid-19 di Kuala Lumpur. (Foto: AP/Vincent Thian)

SERIKATNEWS.COM – Kuala Lumpur dan Johor Bahru akan di-lockdown lewat perintah kontrol pergerakan (MCO). Dua wilayah itu termasuk dalam beberapa tempat yang dikunci mulai 7 Mei hingga 20 Mei. Langkah ini dilakukan karena pemerintah memperketat kembali pembatasan di tengah melonjaknya kasus Covid-19 di Malaysia.

Menteri Senior Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengatakan Kementerian Kesehatan mendeteksi dari 1 April hingga 27 April ada 17 klaster baru di Kuala Lumpur, dengan jumlah kasus harian meningkat.

“Setelah mengevaluasi presentasi kementerian kesehatan dan saran, pemerintah telah setuju untuk memberlakukan MCO di seluruh Kuala Lumpur dari 7 Mei hingga 20 Mei,” kata Ismail, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Di Distrik Johor Bahru, Kulai dan Kota Tinggi, tercatat lonjakan kasus aktif. “Selain itu, ketiga distrik di negara bagian ini merupakan zona merah dengan kasus melebihi 150,” imbuhnya.

Dikatakan Ismail, setelah penilaian risiko, diputuskan bahwa ketiga distrik di Johor juga akan ditempatkan di bawah MCO dari 7 Mei hingga 20 Mei. Selain itu, sebanyak 14 kecamatan di Besut, Terengganu, serta kecamatan Taiping di Perak juga akan ditempatkan di bawah MCO.

Untuk wilayah di bawah MCO, lanjut Ismail, acara sosial seperti pernikahan, reuni dan retret dilarang. Makan di tempat makan juga tidak diperbolehkan. Sekolah di Selangor, Kuala Lumpur dan Putrajaya juga ditutup.

“Setelah memeriksa dan mengevaluasi kembali situasi di negara bagian, kami memutuskan bahwa semua institusi pendidikan di negara bagian, tidak terbatas pada enam distrik. di bawah perintah kontrol gerakan (MCO), akan ditutup mulai 6 Mei,” kata Kepala Menteri Selangor Amirudin Shahri.

“Maksud saya, semua sekolah termasuk madrasah yang berada di bawah negara akan ditutup. Kami berharap sekolah swasta akan mengikuti dan menghentikan operasinya juga sampai setelah Hari Raya atau setelah periode Belajar Mengajar di Rumah (PDPR) yang saat ini ditetapkan selama 10 hari setelah perayaan,” tambahnya.

Baca Juga:  Sebelum Covid di Bawah 4.000, Malaysia tak Akan Cabut Lockdown

Risiko penularan korona di sekolah sangat tinggi. Meskipun sekolah-sekolah sangat mematuhi SOP, tetapi sejumlah besar kasus di negara bagian saat ini melibatkan sekolah. Kasus menyebar di antara para guru dan staf.

Kementerian Pendidikan menambahkan bahwa sekolah di Kuala Lumpur dan Putrajaya juga akan ditutup pada 6 Mei dan 7 Mei. Keputusan tersebut untuk mengurangi pergerakan dalam komunitas dan antar negara bagian, mengingat dua distrik federal ini berbatasan dengan distrik Selangor.

Menteri Pendidikan Radzi Jidin pada pekan lalu mengatakan sekolah akan ditutup selama dua pekan setelah libur Hari Raya selama seminggu. Setelah itu, libur sekolah tengah tahun akan dimulai dari 28 Mei atau 29 Mei hingga 12 Juni atau 13 Juni, tergantung negara bagian.

Malaysia pada hari Rabu melaporkan 3.744 kasus Covid-19 baru, meningkatkan total kumulatif menjadi 424.376 positif. (*)

Advertisement
Advertisement

Terkini

Olahraga1 jam ago

Isran Noor Yakin Atlet Kaltim Dapat Meraih Prestasi di PON XX Papua

SERIKATNEWS.COM – Gubernur Kaltim Isran Noor melepas kontingen Kalimantan Timur yang akan berlaga di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX...

Ekonomi2 jam ago

Tingkatkan Produktivitas, PLN Bantu Mesin Produksi UMKM Opak Ketan di Sumedang

SERIKATNEWS.COM – Makanan atau jajanan kuliner Indonesia di masing-masing daerah cukup beragam. Tak melulu soal tahu, jika berkunjung ke daerah...

News2 jam ago

Momentum Hataru 2021: PLN, KPK, dan Kementerian ATR/BPN Terus Bersinergi Amankan Aset Negara Lewat Sertifikasi Tanah

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional...

News3 jam ago

Sinergi Makin Kuat, PLN Siap Pasok Listrik 678 MW ke Kilang Tuban Pertamina Rosneft

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) siap memasok listrik sebesar 678 megawatt (MW) untuk mendukung produksi bahan bakar minyak (BBM) di...

News9 jam ago

PLN Rampungkan Kabel Listrik Bawah Laut Sumatera-Bangka Akhir 2021

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) menargetkan sistem kelistrikan Sumatera dan Bangka bakal terhubung kabel listrik bawah laut pada Desember 2021....

News12 jam ago

Presiden Dukung PROJO dan GAPKI Laksanakan Vaksinasi 7 Juta Warga

SERIKATNEWS.COM – Presiden RI Joko Widodo mengatakan bantuan seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk percepatan dan perluasan vaksinasi Covid-19. Menurut...

News13 jam ago

Dukung PON XX 2021, Kominfo Siapkan Layanan Jaringan Telekomunikasi dan Fasilitas Media Center

SERIKATNEWS.COM – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua tinggal hitungan hari. Untuk mendukung ajang olahraga empat tahunan itu,...

Populer

%d blogger menyukai ini: