Connect with us

Pendidikan

Lampu Hijau Dana BOS untuk Rapid Test Covid-19

Published

on

Tatap muka belajar-mengajar dengan mematuhi protokol kesehatan COVID-19 © Net

SERIKATNEWS.COM – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dimungkinkan digunakan untuk pembiayaan rapid test COVID-19 tenaga kependidikan.

“Dana BOS dimungkinkan digunakan untuk pembiayaan rapid test sepanjang dananya ada,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumeri, Kamis (13/8/2020).

Jumeri mengatakan bahwa tidak semua dana BOS mencukupi digunakan untuk biaya rapid test bagi tenaga kependidikan yang sekolahnya sudah melakukan pembelajaran tatap muka.

Menurutnya, pemerintah melakukan relaksasi pembukaan sekolah untuk zona kuning. Pembukaan sekolah boleh dilakukan di zona hijau dan kuning dengan persyaratan disetujui pemerintah daerah, kepala sekolah, komite sekolah, dan orang tua peserta didik.

“Jika orang tua tidak setuju, maka peserta didik tetap belajar dari rumah dan tidak dapat dipaksa,” ujarnya.

Pembelajaran tatap muka akan dilakukan secara bertahap dengan syarat 30 persen hingga 50 persen dari standar peserta didik per kelas. Standar awal 28 hingga 36 peserta didik per kelas, dibatasi menjadi 18 peserta didik untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK.

Kemudian untuk sekolah luar biasa yang awalnya lima hingga delapan peserta didik per kelas, menjadi hanya lima peserta didik per kelas.

Sedangkan untuk jenjang PAUD standar awal 15 peserta didik menjadi lima peserta didik per kelas. Begitu juga untuk jumlah hari dan jam belajar juga akan dikurangi.

“Sistemnya ialah bergiliran rombongan belajar yang ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan sesuai dengan situasi dan kebutuhan,” jelas Jumeri.

Jika sekolah di zona kuning dan hijau kembali dibuka, maka harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Jarak antar peserta didik 1,5 meter, tidak ada aktivitas kantin, tempat bermain, maupun aktivitas olahraga.

Baca Juga:  Dua Belas Mahasiswa Jepang Belajar Kakao di Universitas Hasanuddin

Menurut Jumeri, banyak satuan pendidikan di daerah sangat kesulitan untuk melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh karena minimnya akses digital. Hal itu dapat berdampak negatif terhadap tumbuh kembang dan psikososial anak secara permanen.

“Saat ini, 88 persen dari keseluruhan daerah 3T berada di zona kuning dan hijau,” tambahnya.

Dengan adanya penyesuaian tersebut, maka satuan pendidikan yang siap dan ingin melaksanakan pembelajaran tatap muka memiliki opsi untuk melaksanakannya secara bertahap dengan protokol kesehatan yang ketat.

Data Kemendikbud, satuan pendidikan jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB yang sudah melapor dan melaksanakan pembelajaran tatap muka sebanyak 23.150 sekolah.

Dari angka tersebut yang berada di zona kuning dan melakukan belajar di rumah sebanyak 6.238 sekolah, sedangkan yang melakukan pembelajaran tatap muka sebanyak 1.063 sekolah.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Opini7 jam ago

Tidak Ada Tempat Bagi Terorisme

“Masih ada alternatif lain dalam memberangus paham dan aksi terorisme.” Masih segar ingatan kita, atas kejadian menara kembar World Trade...

Sosial9 jam ago

Penambahan Kasus Covid-19 di DIY: Sleman Masih Pegang Rekor Kasus Baru

SERIKATNEWS.COM – Kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di DIY masih belum menunjukkan tren yang turun. Pada Kamis (17/9/2020) dikonfirmasi ada...

Peristiwa10 jam ago

5 Mayat Disimpan dalam Freezer Kapal Nelayan

SERIKATNEWS.COM – Kapolres Kepulauan Seribu menemukan lima mayat yang disimpan dalam freezer sebuah kapal ikan KM Starindo Jaya Maju IV....

Olahraga14 jam ago

Juventus Resmi Putus Kontrak Higuain

SERIKATNEWS.COM – Juventus resmi melepas salah satu penyerangnya, Gonzalo Higuain. Hal itu diumumkan setelah kedua belah pihak sepakat mengakhiri kontrak...

Peristiwa22 jam ago

Aksi Mahasiswa di Kantor Pemkab Bogor Berujung Ricuh

SERIKATNEWS.COM – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar demonstrasi di depan kantor Pemerintah Kabupaten Bogor, pada...

Ekonomi1 hari ago

Fakta-fakta Pinjaman Online yang Menguntungkan

SERIKATNEWS.COM – Adanya berbagai situs dan aplikasi pinjaman online tentu sangat bermanfaat untuk masyarakat. Meski ada di antara mereka yang...

Politik1 hari ago

Pilkada Sebagai Momentum Partai Gelora Berkontribusi Bagi Pembangunan Daerah

SERIKATNEWS.COM – Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia menggelar Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Pilkada Serentak 2020 secara virtual untuk memantapkan kesiapan...

Populer