Connect with us

Berita Presiden

Presiden Jokowi Kembali Tekankan untuk Kurangi Impor

Published

on

Jokowi

SERIKATNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju mempercepat implementasi program perindustrian dan perdagangan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi nasional agar tetap positif, menekan defisit transaksi berjalan, dan membuat neraca perdagangan surplus.

“Kita harus konsentrasi pada langkah-langkah terobosan untuk pengurangan angka impor,” kata Presiden Jokowi di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Untuk diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi nasional pada Kuartal III-2019 sebesar 5,02% secara tahunan. Sedangkan pertumbuhan ekonomi secara kuartalan tumbuh 3,06%.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa impor bahan baku atau bahan baku penolong memberikan kontribusi yang besar yaitu 74,06% dari total impor selama periode Januari- Oktober 2019. Sedangkan, impor barang modal mencapai 16,65 % dan impor barang konsumsi sebesar 9,92 %.

“Kalau kita lihat lebih dalam lagi, jenis barang bahan baku yang masih besar angka impornya, antara lain adalah besi baja yang nilainya mencapai US$ 8,6 miliar,” katanya.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Berikan Bonus ke Timnas U-22, Masing-masing Rp200 Juta
Advertisement

Popular