Connect with us

Pendidikan

Profil Percontohan Nasional Sekolah Lanjut Usia (SLU) Era “New Normal”

Published

on

30 orang dengan berbagai latar belakang mengikuti Sekolah Lanjut Usia (SLU) Werdha Mulia Santosa © Sinung/Serikat News

SERIKATNEWS.COM – Produksi video profil Sekolah Lanjut Usia (SLU) Werdha Mulia Santosa di Masa Pandemi COVID-19, kerja sama antara SUKA TV dan Komisi Daerah Lanjut Usia DI. Yogyakarta diharapkan menginspirasi negeri, agar tetap peduli untuk mengembangkan program pendidikan bagi Lansia.

Pengambilan produksi pada hari Kamis (13/8/2020) di Masjid Baiturrohman dan sekitarnya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. SLU dan Masjid Baiturrohman berlokasi di Desa Sukoharjo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman.

Peserta SLU yang hadir ada sekitar 30 orang dengan berbagai latar belakang pengalaman keprofesian, ada yang pernah menjabat sebagai pejabat pemerintah, dokter, pegawai bank, guru, petani, wirausaha, dll. Bahkan juga ada yang kesehariannya sebagai ibu rumah tangga pun banyak melibatkan diri dalam kegiatan Sekolah Lanjut Usia (SLU) Werdha Mulia Santosa. Proses pengambilan video dan gambar juga pembelajarannya sangat memperhatikan protokol kesehatan di masa new normal.

Kerja sama SUKA TV dan Komisi Daerah Lanjut Usia DI. Yogyakarta diharapkan menginspirasi negeri © Sinung/Serikat News

SLU Werdha Mulia Santosa juga bekerja sama dengan Universitas Respati Yogyakarta, Pusat Studi Kecerdasan Digital (PSKD) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga dan Yayasan Indonesia Ramah Lansia. Dalam kegiatannya, SLU memiliki tahapan pembelajaran yang secara garis umum diawali dari tahap pertama yaitu pembelajaran dasar selama 12 bulan dengan materi kesehatan, psikososial, spiritual, kebencanaan dan pemberdayaan.

Tahap berikutnya masuk tahap yang kedua juga selama 12  bulan lebih mendalami materi tahap pertama dengan ditambahkan materi praktik dan entrepreneur. Tahap akhir selama 12 bulan berikutnya semua peserta diwajibkan untuk terjun ke masyarakat mempraktikkan semua ilmu yang didapatnya.

Pembelajaran SLU dilakukan sebulan sekali dengan durasi 2-3 jam. SLU saat ini, ada di Kabupaten Sleman juga Kabupaten Bantul dan pengembangannya ke Kulonprogo dan Gunungkidul serta Kota Yogyakarta ke depan.

Baca Juga:  Rektor UNS Ajak Mahasiswa Bergerak Cepat di Era Industri 4.0

Ketua II Komisi Daerah Lanjut Usia DI. Yogyakarta, H Suripto SH MSi menjelaskan bahwa pembelajaran di Sekolah Lanjut Usia (SLU) Werdha Mulia Santosa sempat terhenti akibat pandemi.

“Ini sempat membuat kekhawatiran peserta SLU, tetapi seiring dengan kebijakan new normal dari pemerintah, Sekolah Lanjut Usia (SLU) Werdha Mulia Santosa aktif kembali pembelajarannya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Ini memberi kebahagiaan dan harapan lagi untuk berkembangnya SLU ke depannya,” kata Suripto, Jumat (14/8/2020).

Suasana dalam kegiatan Sekolah Lanjut Usia (SLU) Werdha Mulia Santosa dengan menerapkan protokol kesehatan era pandemi © Sinung/Serikat News

Sekolah Lanjut Usia (SLU) Werdha Mulia Santosa tidak hanya memfasilitasi proses pembelajaran, tetapi juga disertai program pendukung yang menarik, yaitu cek kesehatan yang dilaksanakan setelah atau sebelum pembelajaran SLU dimulai. Cek kesehatan meliputi cek gula, tensi darah, kolesterol, asam urat, dll.

“Ke depannya dengan fasilitas yang terbatas diharapkan SLU terus bisa berkembang,” tutur dr Sampurno, seorang pensiunan dokter yang aktif di Komda Lansia juga Sekolah Lanjut Usia (SLU) Werdha Mulia Santosa.

Dia berharap ke depan video profil Sekolah Lanjut Usia (SLU) Werdha Mulia Santosa yang akan di-publish di Youtube dan media sosial lainnya bisa menjadi inspirasi kota dan kabupaten yang lain di Indonesia untuk mendirikan dan mengembangkan SLU di kota dan kabupatennya masing-masing.

“Karena lanjut usia itu hanya masalah bilangan umur. Untuk belajar, membangun kemandirian dan produktivitas ekonomi akan terus berjalan dan diusahakan sampai kapan pun, baik secara personal, kekeluargaan, kelembagaan ataupun komunitas masyarakat sekitar. Lansia Berdaya untuk Indonesia (MSR),” pungkas dr Sampurno.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Peristiwa48 menit ago

Kebakaran Kantor Jaksa Agung Dinilai Serangan Langsung Terhadap Negara

SERIKATNEWS.COM – Nagara Institute Mendesak Presiden Jokowi mengambil sikap sangat keras pasca pengumuman hasil Penyelidikan Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung RI....

Opini9 jam ago

Tidak Ada Tempat Bagi Terorisme

“Masih ada alternatif lain dalam memberangus paham dan aksi terorisme.” Masih segar ingatan kita, atas kejadian menara kembar World Trade...

Sosial11 jam ago

Penambahan Kasus Covid-19 di DIY: Sleman Masih Pegang Rekor Kasus Baru

SERIKATNEWS.COM – Kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di DIY masih belum menunjukkan tren yang turun. Pada Kamis (17/9/2020) dikonfirmasi ada...

Peristiwa11 jam ago

5 Mayat Disimpan dalam Freezer Kapal Nelayan

SERIKATNEWS.COM – Kapolres Kepulauan Seribu menemukan lima mayat yang disimpan dalam freezer sebuah kapal ikan KM Starindo Jaya Maju IV....

Olahraga16 jam ago

Juventus Resmi Putus Kontrak Higuain

SERIKATNEWS.COM – Juventus resmi melepas salah satu penyerangnya, Gonzalo Higuain. Hal itu diumumkan setelah kedua belah pihak sepakat mengakhiri kontrak...

Peristiwa23 jam ago

Aksi Mahasiswa di Kantor Pemkab Bogor Berujung Ricuh

SERIKATNEWS.COM – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar demonstrasi di depan kantor Pemerintah Kabupaten Bogor, pada...

Ekonomi1 hari ago

Fakta-fakta Pinjaman Online yang Menguntungkan

SERIKATNEWS.COM – Adanya berbagai situs dan aplikasi pinjaman online tentu sangat bermanfaat untuk masyarakat. Meski ada di antara mereka yang...

Populer