Connect with us

News

Sanggar Belajar: Tingkatkan Semangat Literasi Desa melalui Edukasi Alternatif

Published

on

Foto: SerikatNews

SERIKATNEWS.COM- Pemuda Jatiurip menyelenggarakan edukasi Alternatif dunia literasi. Program Dunia literasi yang dijalankan ini sesuai dengan program Karang Taruna Desa Jatiurip, menginisiatif mengajarkan pentingnya dunia literasi terhadap siswa dan siswa desa jatiurip.

“Dimulai dari lingkungan keluarga dan lingkungan pendidikan (Sekolah), dan dengan pemahaman terhadap dunia literasi yang merata di seluruh lapisan masyarakat,” kata Dewi Masfufah selaku pembina sanggar belajar Karang Taruna Sejati, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/06/21).

“Melalui program Alternatif dunia literasi, Dewi turut berpartisipasi dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat sekitar mengenai pentingnya dunia literasi,” lanjut dia.

Dewi Masfufah, salah satu pembina sanggar belajar, mengatakan kegiatan sanggar belajar ini adalah salah satu program kerja unggulan Karang Taruna sejati.

“Kegiatan sanggar belajar ini merupakan program kerja unggulan kami. Dan memang kami lakukan satu kali dalam sepekan untuk mengisi kekosongan adik-adik selama libur sekolah serta memberi pemahaman akan literasi,” jelasnya.

Tak hanya itu, sanggar belajar ini mempunyai berbagai aktivitas, yakni membaca, menulis, menggambar, serta mengajarkan kepedulian terhadap lingkungan.

Dewi menambahkan, sanggar belajar salah satu wadah siswa dan siswi di bidang dunia pendidikan non formal, hal ini merupakan bagian literasi pendidikan untuk memberikan persepsi tentang dunia pendidikan dan mitigasi risiko di masyarakat. 

Hal ini, Dewi, juga berpendapat bahwa sasaran sanggar belajar ini tidak ditentukan, siapa saja boleh ikut serta dalam kegiatan ini. Khususnya pelajar yang ada di Desa Jatiurip.

Pembelajaran alternatif yang dilakukan di tengah-tengah pandemi, menurutnya, adalah salah satu metode agar kegiatan belajar-mengajar bisa mengekspresikan langsung. 

Selain itu, Ulil, yang juga merupakan mentor dalam kegiatan ini, mengatakan meskipun tidak semua pemuda dapat terlibat, tetapi ia mengajak mereka untuk turut berpartisipasi.

“Dengan langkah ini mungkin berawal kami (pemuda desa) bisa memajukan desa, kalo bukan berawal dari pemuda, siapa lagi,” tegasnya.

Advertisement

Terkini

Sosial-Budaya19 hours ago

Polri Bekerja Sama Paguyuban Trevista Ciputat Berikan Vaksin dan Baksos

SERIKATNEWS.COM – Ratusan warga Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat Tangerang Selatan mendapatkan vaksin gratis, yang diselenggarakan Akmil 91 Polri bekerja sama...

News19 hours ago

Tak Hanya Pelayanan Kelistrikan, PLN Turut Kembangkan Pertanian

SERIKATNEWS.COM – PLN Unit Induk Daerah (UID) Lampung melalui PLN Peduli turut mengembangkan pertanian di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Jatiagung,...

News19 hours ago

Luncurkan e-Procurement Academy, PLN Pimpin Transformasi Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan BUMN

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) secara konsisten melanjutkan transformasi sejak gagasan ini dirilis pada April 2020 tahun lalu. Salah satu...

News21 hours ago

PLN Operasikan Tol Listrik Flores Rp1,1 Triliun, Sambungkan Labuan Bajo hingga Maumere

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) mempertegas komitmennya untuk memperkuat keandalan listrik dan meningkatkan rasio elektrifikasi di wilayah Indonesia Timur. Kali...

Sosial-Budaya23 hours ago

Pelaku Usaha Salurkan 25 Ribu Paket Sembako untuk Warga Terdampak COVID-19

SERIKATNEWS.COM – Pelaku usaha toko ritel modern menyalurkan bantuan bagi warga Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang terdampak pandemi COVID-19. Wakil...

Politik1 day ago

Arah Baru Pembangunan Desa: Terwujudnya Desa Peduli Anak

SERIKATNEWS.COM – Perkembangan anak merupakan ukuran kemajuan sebuah masyarakat yang paling presisi. Hal tersebut disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

Olahraga2 days ago

Honda Persiapkan Diri Jadi yang Terbaik di F1 Grand Prix Hungaria

SERIKATNEWS.COM – Tim balap Honda kembali bersiap diri untuk melakukan balapan F1 Grand Prix Hungaria. Ajang ini akan diselenggarakan di...

Populer

%d bloggers like this: