Connect with us

News

TPQLB Susun Modul Pembelajaran untuk Difabel

Published

on

Foto: Syarifuddin/Serikat News

SERIKATNEWS.COM – Taman Pendidikan Quran Luar Biasa (TPQLB) Yayasan Spirit Dakwah Indonesia cabang Yogyakarta gelar rapat penyusunan modul pembelajaran, pada Minggu (29/11/2020).

Kegiatan tersebut dipandu oleh Mochammad Sinung Restendy, pendiri TPQLB. Dihadiri oleh Ferra Puspito Sari, ketua tim penyusun modul TPQLB, Budi ustadzah TPQLB sekaligus mitra yayasan, guru dari SLBN 1 Yogyakarta, dan beberapa perwakilan dari lembaga yang ikut men-support kegiatan-kegiatan TPQLB, seperti NU Care-LAZISNU DIY.

Ada empat poin yang dibahas dalam rapat tersebut, yaitu tentang modul pembelajaran, mekanisme pembelajaran daring, anggaran, dan home visit.

“Modul pembelajaran yang akan disusun ini, isinya tentang acuan-acuan bagaimana pelaksanaan pembelajaran untuk difabel, beserta media pembelajarannya,” jelas Sinung.

Ia mengatakan, penyusunan modul tersebut untuk memberikan spirit atau contoh bagi daerah-daerah lain agar lebih peduli terhadap difabel. Ketua penanggung jawab pembuatan modul pembelajaran yakni Ferra dibantu Budi dan Ana.

Untuk pembelajaran daring, masing-masing guru membuat dua video pembelajaran yang berdurasi 3-5 menit disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan santri. Kemudian video itu dikirim via WA atau email kepada Bayu selaku penanggung jawab.

Untuk anggaran, TPQLB Yayasan Spirit Dakwah Indonesia cabang Yogyakarta mendapat support dari Kemenag, yakni Waryono Abdul Ghafur, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jendral Agama Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Saya besyukur dan mendukung sepenuhnya langkah yang dilakukan oleh Yayasan Spirit Dakwah Indonesia dalam rangka menyusun modul yang khusus diperuntukkan bagi para difabel. Mudah-mudahan modul ini berguna dan memberi semangat kepada para Difabel untuk semakin tekun belajar Alquran, memotivasi gurunya untuk lebih kreatif dan inovatif,” ungkap Waryono, secara daring.

Terkait dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan TPQLB, Baily selaku perwakilan NU Care-LAZISNU DIY menyampaikan bahwa pihaknya akan mendukung semua kegiatan yang dilakukan oleh TPQLB.

Baca Juga:  Universitas Pembangunan Jaya Menggelar INDDEX 2019

“Yang jelas LAZISNU tetap mendukung TPQLB,” turtur Baily. Pihaknya akan men-support salah satunya dalam bentuk penggalangan dana.

Selain itu, Sinung juga mengusulkan home visit ke rumah santri dan calon santri yang membutuhkan perhatian lebih dalam belajar. Walaupun sebenarnya yayasan tidak merekomendasikan tatap muka.

Home visit ini bagi santri yang kira-kira tidak bisa ngaji walaupun belajar dari rumah, dan kurang mendapat respons dari orang tuanya,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Olahraga2 jam ago

Cavani Menunjukkan Kelasnya

SERIKATNEWS.COM – Edinson Cavani membuktikan kelasnya sebagai salah satu penyerang terbaik. Usai Manchester United menang 2-1 atas Fulham di Liga...

Olahraga3 jam ago

Chelsea Masih Tidak Konsisten di Liga Inggris

SERIKATNEWS.COM – Chelsea di Liga Inggris tampil tidak konsisten sejak Desember lalu. The Blues hanya menang dua kali dalam delapan...

News6 jam ago

Masinton Pasaribu : Sigit Sosok Pemimpin yang Memiliki Sikap Tenang dan Tegas

SERIKATNEWS.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Masinton Pasaribu turut mengomentari terkait terpilihnya Komjen Pol Listiyo Sigit...

Sosial-Budaya7 jam ago

Persatuan Wartawan Indonesia Kalteng Melakukan Penggalangan Dana untuk Korban Banjir

SERIKATNEWS.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah melakukan penggalangan dana bagi masyarakat Kalimantan Selatan (Kalteng) yang terdampak banjir. Ketua...

News7 jam ago

Puan Minta Listyo Sigit Tingkatkan Layanan Publik dan Responsif pada Aduan Masyarakat

SERIKATNEWS.COM – Ketua DPR RI Puan Maharani menyambut baik visi dan misi Komjen Listyo Sigit Prabowo yang disampaikan dalam fit...

News8 jam ago

UPH Jalin Kerja Sama dengan Kantor Akuntan Publik Ternama di Dunia

SERIKATNEWS.COM – Departemen Career Center & Coroporate Relations (CCCR) Universitas Pelita Harapan (UPH) menjalin kerja sama dengan KPMG (Klynveld Peat...

Lifestyle19 jam ago

Mengelar Pesata Tanpa Masker, Raffi Ahmad: Menduga Ada Oknum Yang Ingin Menjatuhkan dirinya

SERIKATNEWS. COM –Kasus Raffi Ahmad mengelar pesta tanpa menggunakan masker masih berlanjut. Hal ini merupakan skanario orang yang menci terhadap...

Populer

%d blogger menyukai ini: