22 Desainer Grafis Mancanegara Ikuti Pameran Poster Bertema ‘Ucapan Selamat Kepada Jokowi-Ma’ruf’

101

SERIKATNEWS.COM – Alumni Kanisius (Menteng 64) berkolaborasi dengan Worldwide Graphic Designers (WGD) dan dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan pameran poster bertema “Ucapan Selamat Kepada Bapak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin”.

Pameran diadakan di Lobi Epiwalk Kuningan sejak Kamis – Sabtu, 11 – 13 Juli 2019 pukul 10.00 – 22.00 WIB dan dibuka Kamis pukul 16.00.

Ketua Panitia Pameran Elwin Mok mengatakan, pelaksanaan pameran ini sempat tertunda beberapa waktu dengan berbagai pertimbangan.

“Salah satu pertimbangan kami menunda pameran ini adalah menunggu saat yang pas. Saat ini kami merasakan suasana berangsur adem kembali sehingga kami putuskan untuk menyelenggarakan pameran saat ini,” terang Elwin di sela pembukaan pameran.

Elwin berharap pameran ini dapat dinikmati berbagai kalangan dari berbagai latar belakang.

Koordinator Alumni Menteng 64, Irlan Suud juga menaruh harapan yang sama terhadap penyelenggaraan pameran ini. Dia menyebut karya-karya yang dipamerkan adalah wujud apresiasi kalangan seniman khususnya para desainer grafis atas terselenggaranya pemilu yang telah berjalan secara demokratis.

“Ini adalah salah satu pesan penting dalam pameran ini. Semoga kehadiran masyarakat dari berbagai latar belakang dan aspirasi politik yang menikmati pameran ini turut memperkuat apresiasi tersebut. Dan yang juga penting, kami berharap agar pameran ini menjadi salah satu pintu silaturahmi di antara warga masyarakat yang tempo hari berbeda pilihan politik,” kata Irlan.

Poster yang dipamerkan di ajang ini adalah karya dari 22 desainer grafis mancanegara dan 22 desainer grafis Indonesia.

“Desainer grafis mancanegara yang menyumbangkan karya berasal dari Siprus, Lithuania, Uni Emirat Arab, Belanda, Korea Selatan, Ekuador, Polandia, Iran, Italia, Hongaria, Australia, Amerika Serikat, Rusia, Austria, Meksiko, Yunani, Pakistan, China, Swiss, Irak, Malaysia, dan Turki,” kata Irwan Harnoko selaku pendiri dan Ketua WGD.

Baca Juga:  Aktivis Milenial Luncurkan Buku Kritik Puisi Fadli Berjudul 'Syahwat Politis yang Puitis'

Pameran ini dibuka Kepala Bekraf Triawan Munaf dan Deputi 4 Kantor Staf Presiden Eko Sulistyo. Dalam sambutannya, Eko Sulistyo menyampaikan bahwa medium karya seni seperti poster yang ada di pameran poster karya para desainer grafis dunia ini juga bisa menjadi medium diplomasi budaya.

“Karya poster ini bila mampu menembus mindset khalayak maka pesannya pun akan mudah ditangkap oleh masyarakat,” kata Eko.

Sementara itu, Triawan Munaf menyatakan bahwa poster-poster yang dipamerkan di ajang ini memperlihatkan bahwa kebebasan di era Jokowi telah memajukan kreativitas di bidang seni.

“Saya berharap ke depan Alumni Kanisius dan WGD bisa juga menyelenggarakan pameran poster yang berisi kritik kepada Pemerintahan Pak Jokowi,” kata Triawan.

Acara pembukaan pameran juga dihadiri Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati, Tim Komunikasi Presiden Joko Widodo, Andoko Darta serta anggota Komisi VIII DPR IG Agung Putri Astrid Kartika. Hadir juga komponis dan pianis Ananda Sukarlan yang juga alumni Kanisius yang akan membawa pameran ini ke Bali bersama konser pianonya di Hotel Padma Legian dan Ubud serta Nusa Dua. Juga hadir beberapa desainer seperti Julie Putra yang berpose dengan hasil karyanya terpampang di foto di atas bersama dengan para desainer Hadi Soenarjo, Elwin Mok dan pendiri WGD Irwan Harnoko.