Connect with us

News

Desa di Sidoarjo Bersolek Menuju Desa Digital

Published

on

Foto: Humas Kemendes PDTT

SERIKATNEWS.COM – Desa Sugihwaras, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mulai bersolek dalam rangka menuju desa digital. Seluruh pelayanan seperti pembuatan e-KTP dan KK sudah berbasis online.

Kepala Desa Sugihwaras, Syaiful menjelaskan setiap warga desa yang membutuhkan pelayanan administrasi seperti pembuatan KK dan e-KTP dapat dilakukan di rumah. Caranya cukup masuk ke situs resmi pemerintah desa.

“Dalam website itu warga desa bisa memilih jenis layanan yang diinginkan. Kami akan melakukan verifikasi untuk dikoreksi sebelum proses cetak,” kata Syaiful di kantornya, Sidoarjo, Minggu (21/2/2021).

Syaiful mengatakan, semua perangkat desa hingga tingkat RT dan RW telah dilatih agar melek teknologi. Mereka juga bertugas mendampingi warga yang belum terbiasa dengan sistem layanan berbasis internet tersebut.

“Nanti kalau masih ada warga yang tidak bisa minta didampingi RT atau RW setempat. Prinsipnya warga desa bisa ke Balai Desa kalau barang sudah siap diambil,” imbuhnya.

Sekretaris Desa Sugihwaras, Nur Amiril mengatakan pihaknya juga memiliki program Griya Sinau Digital (DSG). Yaitu, pelatihan atau kursus komputer secara gratis untuk anak-anak yang kurang mampu di desa tersebut.

Setidaknya sudah ada 50 anak yang mengikuti pelatihan digital yang dibagi tiga kelompok. Kelompok pertama diberikan materi dasar yakni pengenalan software dan hardware. Kelompok kedua diberikan desain grafis. Sedangkan kelompok terakhir dilatih membuat aplikasi.

“Harapannya, anak-anak yang rata-rata masih berusia 8-10 tahun ini bisa mahir digital dan dapat bersaing di zaman yang serba digital ini. Walaupun keluarga kurang mampu mereka punya skill dan menguasai digital,” kata Nur Amiril.

Kursus komputer secara gratis untuk anak-anak yang kurang mampu (Foto: Humas Kemendes PDTT)

Desa dengan 2.187 penduduk itu juga telah memiliki aplikasi marketplace, yaitu Elektronik BUMDes Sugihwaras atau yang disebut e-BES. Selain menjajakan produk warga desa, aplikasi ini juga berfungsi sebagai tempat transaksi online seperti pembelian token listrik, bayar BPJS, pajak PBB, dan transaksi online lainnya.

Baca Juga:  Pemkot Surabaya Sediakan Beasiswa Khusus Anak Warga Eks Lokalisasi

Menurut Nur Amiril, saat ini sudah ada 4 aplikasi yang siap diluncurkan, yakni Jaring Aspirasi BPD (JasBPD). Melalui aplikasi itu, warga desa dapat menyalurkan aspirasinya secara daring. Kemudian ditampung BPD dan disampaikan ke pemerintah desa.

“Warga dapat mengusulkan, lokasi mana saja yang perlu dibangun. Usulan itu ditampung BPD untuk kemudian disampaikan ke Pemerintah Desa,” jelasnya.

Adapun aplikasi kedua yaitu Elektronik Tanya Kondisi yang disebut e-Takon. Sebuah aplikasi yang akan menampung sekaligus menjawab pertanyaan warga perihal kondisi di Desa Sugihwaras, khususnya bidang kesehatan atau dapat berkonsultasi mengenai hukum pidana.

“Aplikasi ini dipunggawai oleh Bidan Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Mereka yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan warga,” jelas lagi.

Aplikasi Sistem Kematian dan Kelahiran (Foto: Humas Kemendes PDTT)

Aplikasi selanjutnya yaitu Sistem Kematian dan Kelahiran (si MAHIR). Melalui aplikasi ini, warga dapat mengetahui informasi kematian dan kelahiran di desa tersebut setiap saat secara praktis.

Aplikasi keempat yaitu e-Dawis atau Elektronik Dasa Wisma. Aplikasi ini dapat mempermudah kader PKK untuk melakukan pencatatan setiap waktu dan lebih mudah, bisa di rumah dan kapan saja. (*)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terkini

Opini35 menit ago

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Ditangkap KPK, Bukti Celah Korupsi Masih Terbuka Lebar

KORUPSI memang harus diberantas. Karena dampaknya luar biasa. Perbuatan korupsi telah menggerogoti uang negara. KORUPSI dapat menghambat laju pembangunan. Karenanya,...

News5 jam ago

Upaya Mitigasi Bencana, Banjarnegara Tingkatkan Kesiapsiagaan Antisipasi Cuaca Ekstrem

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terus meningkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi potensi cuaca ekstrem. Kesiapsiagaan ini sebagai salah satu...

News12 jam ago

Tituk Bangga, Didampingi Wali Kota Yogyakarta dalam Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

SERIKATNEWS.COM – Mengaku sempat tegang dalam pencanangan Vaksinasi COVID-19 di RS Pratama Yogyakarta. Seorang lansia asal Kecamatan Mantrijeron, Tituk Herminingtyas...

News22 jam ago

PKC PMII DKI Jakarta Masa Khidmat 2020-2022 Resmi Dilantik

SERIKATNEWS.COM – Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII), Agus M Herlambang resmi melantik Pengurus Koordinator Cabang...

Olahraga1 hari ago

Menteri Muhadjir Effendy Berharap Vaksinasi Covid-19 untuk Atlet Aktifkan Kegiatan Olahraga

SERIKATNEWS.COM – Sejak pandemi Covid-19 muncul, seluruh kegiatan olahraga di Indonesia dihentikan. Diharapkan dengan adanya vaksinasi Covid-19 terhadap para atlet...

Olahraga1 hari ago

Atlet Termasuk Prioritas Vaksinasi Covid-19

SERIKATNEWS.COM – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau vaksinasi perdana untuk atlet, pelatih dan tenaga pendukung di Istora Senayan Jakarta, Jumat...

News1 hari ago

Peneliti UGM Terus Kembangkan Kecerdasan Buatan GeNose C19

SERIKATNEWS.COM – Peneliti UGM terus mengembangkan kecerdasan alat deteksi Covid-19 melalui embusan napas, GeNose C19 agar semakin akurat. “Indonesia mengenalkan...

Populer

%d blogger menyukai ini: