Connect with us

Internasional

Dubes Jose Tavares Serahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Rusia

Published

on

Jose Tavares, Duta Besar RI untuk Rusia dalam seremoni penyerahan Surat-Surat Kepercayaan kepada Presiden Vladimir Putin yang berlangsung di Alexander Hall, Istana Agung Kremlin (Grand Palace) di Moskwa. (Dok. KBRI Moskwa)

SERIKATNEWS.COM – Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Federasi Rusia, Jose Tavares telah menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan (Letters of Credentials) kepada Presiden Federasi Rusia, Vladimir Putin, pada Selasa 18 Mei 2021.

Seremoni penyerahan Surat-Surat Kepercayaan kepada Presiden Putin berlangsung di Alexander Hall, Istana Agung Kremlin (Grand Palace) di Moskow pukul 11.00 waktu setempat atau pukul 15.00 WIB. Acara penyerahan Surat-Surat Kepercayaan berlangsung khidmat dan cukup sederhana dengan pengaturan khusus terkait protokol kesehatan dalam situasi pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Presiden Putin mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Duta Besar negara-negara sahabat yang hadir untuk menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan.

“Para Duta Besar mengemban tugas yang sangat mulia dari negara masing-masing untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang yang saling menguntungkan dengan Rusia,” ungkap Presiden Putin.

Presiden Putin menyampaikan, pada prinsipnya Rusia ingin mengembangkan kemitraan terbuka di berbagai bidang dengan berdasarkan prinsip kesetaraan (equality), penghormatan atas kepentingan nasional, dan prinsip non-intervensi dalam politik dalam negeri. Pemerintah Rusia juga menekankan pentingnya kerja sama ekonomi yang bebas dan adil (free and fair), tanpa adanya sanksi yang bermotivasi politik.

Secara khusus, Presiden Putin menyampaikan kesiapan Rusia untuk bekerja sama dengan negara-negara dan mitra global dalam memerangi pandemi Covid-19 yang telah menjadi ujian nyata bagi nilai-nilai kemanusiaan seperti solidaritas, gotong royong, dan humanisme.

“Kami siap berbagi pengalaman dan membantu negara lain untuk mengatasi dampak ekonomi dan sosial jangka panjang dari pandemi, termasuk menyiapkan produksi vaksin Covid-19 dan obat-obatan yang telah dikembangkan di Rusia,” katanya.

Presiden Putin juga menyampaikan bahwa terdapat potensi yang sangat besar untuk melaksanakan kerja sama Rusia dengan Indonesia di bidang pembangkit listrik tenaga nuklir dan air, bidang transportasi, bidang infrastruktur pedesaan, termasuk pesawat terbang dan galangan kapal (shipbuilding).

Baca Juga:  Indonesia Siap Kerja Sama Dorong Promosi ASEAN di Rusia

“Khusus terkait dengan hubungan bilateral dengan Indonesia, Presiden Putin menyampaikan bahwa Rusia dan Indonesia memiliki hubungan persahabatan yang sangat baik dan telah berjalan lama,” ungkap Dubes Tavares.

Indonesia dan Rusia telah merayakan 70 Tahun Peringatan Hubungan Bilateral pada tahun 2020. Sepanjang 70 tahun pelaksanaan hubungan bilateral, kedua negara telah mencatatkan pertumbuhan yang signifikan pada berbagai sektor strategis, antara lain: perdagangan, investasi, pariwisata, pendidikan dan sosial budaya.

Dikatakan juga, Presiden Putin juga menggarisbawahi pentingnya Rusia-Indonesia untuk mengkoordinasikan posisi masing-masing negara pada isu global dan regional termasuk dalam kerja sama dalam kerangka Kawasan Asia Pasifik dan dalam kerangka ASEAN-Rusia.

Upacara penyerahan surat kepercayaan juga disiarkan secara streaming oleh stasiun televisi Rossiya 24 dan situs resmi Istana Kepresidenan http://kremlin.ru/events/president/.

Turut hadir dalam upacara penyerahan Surat Kepercayaan, Menteri Luar Negeri Federasi Rusia, Sergey Lavrov dan Asisten Presiden Rusia untuk Hubungan Internasional, Yuriy Ushakov.

Bersama Duta Besar RI, hadir pula 22 Duta Besar dari negara-negara sahabat lainnya yang turut mengikuti upacara penyerahan Surat-Surat Kepercayaan kepada Presiden Putin, yaitu: Afghanistan, Afrika Selatan, Argentina, Belanda, Bolivia, Bosnia-Herzegovina, Chad, Chile, Rep. Dominika, Guinea-Bissau, Kenya, Kyrgyzstan, Laos, Mauritius, Moldova, Polandia, Qatar, Rumania, Swiss, Thailand dan Yordania.

Penyerahan Surat Kepercayaan ini menandai dimulainya secara resmi tugas Dubes Tavares di Federasi Rusia.

Dubes Tavares dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, di Istana Negara pada Senin (26/10/2020) dan tiba di Moskow pada tanggal 13 Desember 2020.

Dubes Tavares adalah diplomat karier pada Kementerian Luar Negeri RI, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN (2016-2020) dan Duta Besar LBBP RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa dan Kerajaan Tonga (2013-2016). Dalam karier di Kementerian Luar Negeri, Dubes Tavares telah menjalani penugasan pada berbagai kantor Perwakilan RI, antara lain: Perutusan Tetap RI untuk PBB di Jenewa, Kedutaan Besar RI untuk Perancis merangkap Andorra, Monako dan UNESCO, serta Kedutaan Besar RI untuk Belgia merangkap Luksemburg dan Uni Eropa.

Baca Juga:  AS Masukkan Lima Perusahaan China sebagai Ancaman Keamanan Nasional

Dalam masa penugasan sebagai Duta Besar RI untuk Federasi Rusia, Dubes Tavares memiliki sejumlah prioritas kerja sama Indonesia dan Rusia. Yaitu, memperkuat hubungan politik, meningkatkan investasi, perdagangan dan pariwisata, memajukan kerja sama di bidang teknologi pertahanan, pengembangan kerja sama bidang diplomasi kesehatan, dan penguatan kerja sama pendidikan dan people-to-people contact.

Advertisement
Advertisement

Terkini

News30 menit ago

Kemenperin Terima 150 Unit Konsentrator Oksigen dari Asosiasi Gula

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Perindustrian bersama pelaku dan asosiasi industri bertekad untuk terus melakukan upaya percepatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di...

News46 menit ago

EFT Gelar Lomba Menulis Artikel, Hadiah Utama Rp7.500.000

SERIKATNEWS.COM – Selama ini pembangunan ekonomi dinilai hanya mengejar pertumbuhan dan sering kali merugian lingkungan. Karena itu, diperlukan inovasi kebijakan...

News9 jam ago

Yuk Merapat, PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendaraan...

News10 jam ago

Sediakan Listrik untuk Kapal Sandar, PLN Dukung Pengembangan Pelabuhan Ramah Lingkungan

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) terus berinovasi dan menghadirkan layanan kelistrikan di sektor kelautan dan perikanan. Terbaru, Unit Pelaksana Pelayanan...

News10 jam ago

Generator Milik Kantor Pemkab Sampang Hangus Terbakar

SERIKATNEWS.COM – Lingkungan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang Madura Jawa Timur dikagetkan dengan adanya asap hitam yang mengepul ke udara....

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.! Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!
Lifestyle13 jam ago

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!

SERIKATNEWS.COM – JAKARTA- Media sosial belum lama ini di gemparkan  dengan sosok remaja yang mempunyai fisik mirip dengan grup lawak...

News15 jam ago

Muncul Klaster Pendidikan, Zen ADV: Jangan Hentikan PTM, Kasihan Pendidikan Anak-anak

SERIKATNEWS.COM – Munculnya klaster pendidikan di beberapa daerah di Jateng setelah berlangsung pembelajaran tatap muka (PTM) beberapa minggu ini, hendaknya...

Populer

%d blogger menyukai ini: