Connect with us

Info Kesehatan

Enam Jenis Vaksin yang Dibutuhkan Orang Dewasa

Published

on

Foto: Nytimes.com

SERIKATNEWS.COM – Vaksinasi menjadi hal yang penting, karena vaksin sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia, sehingga tubuh mampu melawan bibit penyakit yang dapat menimbulkan penyakit. Itulah mengapa ketika masih balita sering disuntik vaksin, atau yang biasa dikenal dengan imunisasi.

Masing-masing vaksin memiliki kemampuan yang berbeda dalam melawan penyakit. Cara pemberiannya pun berbeda-beda, yang bertujuan agar bisa membentuk antibodi di dalam tubuh, seseorang yang divaksin.

Karena memiliki kemampuan dan tujuan yang berbeda-beda, ini terdapat beberapa jenis vaksin yang baik untuk orang dewasa, dan malah vaksin dewasa ini sangat dianjurkan. Apa saja itu?

Vaksin influenza

Vaksin ini menjadi vaksin yang wajib bagi Anda yang sering bepergian keluar negeri. Karena dengan adanya vaksin ini, dapat melindungi tubuh manusia dari serangan influenza. Karena penyakit influenza sangat berbahaya, jika dibiarkan dapat menjadi penyebab radang selaput otak. Apalagi virus ini mudah menular pada banyak orang.

Pemberian vaksin influenza hanya membutuhkan satu kali suntikan. Vaksin ini dapat bertahan hingga dua tahun. Setelah lewat dua tahun, maka Anda harus melakukan suntikan ulang kembali.

Foto: Newatlas.com

Memang tidak banyak klinik atau rumah sakit yang menyediakan fasilitas untuk vaksinasi. Namun kini aplikasi Halodoc menghadirkan cara mudah untuk mencari klinik vaksinasi. Termasuk bagi warga Medan dan sekitarnya, dapat mencari klinik vaksin medan menggunakan aplikasi Halodoc. Karena Halodoc sudah menjangkau berbagai kota besar di Indonesia.

Tetanus, Difteri dan Pertussis

Tetanus, Difteri dan pertusis merupakan penyakit infeksi berat dan mematikan oleh sebab itu dibutuhkan vaksin yang bisa mencegah penyakit ini menyerang. Vaksin ini merupakan vaksin wajib yang diberikan pada anak.

Saat dewasa sebaiknya vaksinasi ini diulang  kembali. Waktu pengulangan kurang lebih sepuluh tahun sejak pemberian vaksin terakhir. Ini akan meningkatkan jumlah sel imun dalam tubuh sehingga mampu melawan bibit penyakit yang masuk.

Baca Juga:  5 Makanan yang Bisa Cegah Dehidrasi di Bulan Puasa

Vaksin Cacar

Bagi yang belum pernah terserang cacar sebaiknya melakukan vaksinasi ini sebagai tindakan pencegahan. Virus cacar bisa dibilang sangat mudah menyebar melalui kontak dengan penderita cacar, atau bisa dibilang sebagai salah satu penyakit menular.

Tidak hanya dengan orang lain, bahayanya penyakit cacar juga akan dengan cepat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Oleh sebab itu lakukanlah vaksinasi sebelum mengalami infeksi.

Vaksin HPV

Ini juga salah satu vaksinasi yang sebaiknya dilakukan oleh wanita. Proses vaksinasinya bisa dilakukan oleh anak perempuan usia dua belas tahun. Lakukan pada wanita yang belum melakukan aktivitas seksual.

Foto: Novanthealth.org

Ini akan mencegah terjadinya kanker serviks yang tingkat kematiannya tinggi. Penyebab kanker karena terinfeksi Human Papilloma Virus,  yang ditularkan oleh orang yang mengandung virus tersebut melalui hubungan seksual.

Vaksin Yellow fever

Penyakit demam kuning ini ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti  yang mengandung  Flavivirus. Jika terinfeksi, maka pasien dengan cepat akan mengalami koma, dan juga tidak menutup kemungkinan dapat mengancam jiwa.

Memberikan vaksin ini biasanya diharuskan untuk mereka yang sering bepergian ke daerah endemis seperti Afrika, Amerika tengah, Amerika Selatan serta Kepulauan Karibia. Lakukanlah vaksinasi ini jika hendak bepergian.

Vaksin Pneumococcus

Risiko infeksi paru ini meningkat bagi mereka yang berusia 60 tahun ke atas dan cenderung menjadi berat. Terutama bagi mereka yang memiliki kebiasaan merokok dan kurang beristirahat. Sehingga memperburuk kesehatan.

Foto: Medbriefnamibia.com

Pemberian vaksin ini menjadi hal yang dianjurkan, sebagai upaya pencegahan. Pemberian vaksin dilakukan dalam dua kali penyuntikan. Hal ini dapat mencegah radang paru dan risiko penyebaran infeksi yang mungkin terjadi.

Ternyata vaksin tidak hanya dibutuhkan oleh anak tetapi juga orang dewasa, agar bisa melakukan banyak hal. Biaya yang dikeluarkan tidaklah seberapa jika dibandingkan dengan kesehatan yang didapatkan.

Baca Juga:  Merawat 5 Kebiasaan di Masa New Normal

Itulah  jenis vaksin yang dibutuhkan orang dewasa untuk mencegah penyakit yang mungkin terjadi. Jadi, meskipun sudah diimunisasi dan diberikan vaksinasi saat masih kanak-kanak, tetaplah peduli terhadap kesehatan diri sendiri dengan melakukan vaksinasi. (*)

Advertisement
Advertisement

Terkini

Pendidikan1 jam ago

TPQLB Susun Modul Pembelajaran untuk Difabel

SERIKATNEWS.COM – Taman Pendidikan Quran Luar Biasa (TPQLB) Yayasan Spirit Dakwah Indonesia cabang Yogyakarta gelar rapat penyusunan modul pembelajaran, pada...

Sosial4 jam ago

Sempat Diguyur Hujan, NUsantara Bersholawat Tetap Berlangsung Ramai

SERIKATNEWS.COM – Setelah berhasil mengadakan seminar nasional, Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) selanjutnya mengadakan NUsantara Bersholawat. Kedua acara ini merupakan...

Ekonomi5 jam ago

Meski Angka Penjualan Turun Selama Covid-19, Bisnis Properti Tetap Menarik untuk Investasi

SERIKATNEWS.COM – Selama Pandemi Covid-19, bidang property terpukul sangat dalam dan diperkirakan masih akan berlanjut hingga tahun depan. Meski begitu,...

Budaya19 jam ago

PKN 2020: Perhelatan Kebudayaan Ramah Semesta Kebanggaan Indonesia

SERIKATNEWS.COM – Setelah dibuka pada 31 Oktober 2020 lalu oleh Presiden Joko Widodo secara daring, Pekan Kebudayaan Nasional 2020 yang...

Hukum20 jam ago

Wali Kota Cimahi dan Komisaris RSU Kasih Bunda Diduga Terlibat Kasus Suap

SERIKATNEWS.COM – Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna (AJM) beserta Komisaris RSU Kasih Bunda Hutama Yonathan (HY) diduga terlibat dalam...

Pariwisata2 hari ago

Jadi Tuan Rumah Global Tourism Forum 2021, Peluang Indonesia Bangkitkan Pariwisata dan Investasi

SERIKATNEWS.COM – Indonesia telah dipilih sebagai tuan rumah untuk Annual Meeting Indonesia Global Tourism Forum 2021. Dipilihnya Indonesia karena merupakan...

Hukum2 hari ago

Edhy Prabowo Kirim Surat Pengunduran Diri kepada Presiden

SERIKATNEWS.COM – Presiden Joko Widodo telah menerima surat pengunduran diri dari jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia Edhy...

Populer

%d blogger menyukai ini: