Connect with us

Olahraga

Indonesia Raih Gelar Juara Piala Thomas Ke-14, Akhiri Penantian 19 Tahun

Published

on

Foto: (Badminton Photo)

SERIKATNEWS.COM- Saat Piala Thomas dihelat tiga tahun sekali, Tim Merah Putih berhasil menyabet gelar juara pada 1961, 1964, 1970, 1973, 1976, dan 1979. Akan tetapi, performa mereka sempat menurun pada periode 1980-an karena hanya mendapatkan satu gelar pada 1984.

Menginjak awal 1990-an, Indonesia kembali merajai Piala Thomas. Mereka menjadi yang terbaik dengan raihan lima gelar berturut-turut pada 1994, 1996, 1998, 2000, dan 2002.

Namun, sebelum itu, Indonesia sangat mendominasi Piala Thomas. Mereka sering menjadi juara sejak pertama kali meraihnya pada 1958.

Tim Garuda turun dari takhta tertinggi dan hanya bisa masuk final sebanyak dua kali, yakni pada 2010 dan 2016. Upaya mereka untuk kembali membawa pulang trofi tersebut ke Tanah Air digagalkan oleh China dan Denmark.

Akan tetapi, kini sang kapten, Hendra Setiawan, sukses memimpin pasukan muda Tim Garuda. Mereka membuka puasa gelar yang telah berlangsung selama 19 tahun lamanya usai membantai China di final Piala Thomas 2020.

Tim bulu tangkis Indonesia sukses menjuarai Piala Thomas 2020. Kesuksesan ini membuat Indonesia memastikan diri mengakhiri puasa gelar juara di pentas Piala Thomas yang sudah berlangsung selama 19 tahun lamanya!

Ya, Indonesia sukses merebut gelar juara Piala Thomas 2020 usai membantai China 3-0 dalam partai final. Laga itu digelar di Ceres Arena, Aarush, Denmark, Minggu (17/8/2021) malam WIB.

Tim Merah Putih kini menambah koleksi gelar juara di turnamen beregu putra bergengsi tersebut. Total, sudah ada 14 trofi yang diraih Indonesia.

Terakhir, Tim Garuda menjuarai Piala Thomas pada 2002. Saat itu, mereka mengalahkan sang musuh bebuyutan, Malaysia, di Guangzhou, China.

Di piala Thomas tahun 2020 Indonesia langsung tancap gas dengan meraih dua kemenangan dari sektor tunggal putra dan ganda putra. Anthony Ginting membungkam Li Guang Zhou dengan skor 18-21, 21-14, dan 21-16. Lalu, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menumbangkan He Ji Ting/Zhou Hao Dong dengan skor 21-12 dan 21-19.

Baca Juga:  Leicester Bantai Southampton, Vardy Top Skor Sementara Liga Inggris

Kemenangan Indonesia dipastikan pada partai ketiga yang memainkan tunggal putra kedua. Jonatan Christie menyudahi perlawanan sengit Li Shi Feng dalam laga yang berlangsung tiga game dengan skor 21-14, 18-21 dan 21-14.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Literasi42 menit ago

Metode Praktik dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di TK Dharma Wanita Moyoketen

GURU adalah sosok yang berjasa. Jika ada yang memposisikan guru sebagai seseorang yang pekerjaannya sebagai pengajar tentu tidak salah, tetapi...

Sosial-Budaya2 jam ago

Siswa Harus Cinta Tanah Air dan Kuasai Iptek

SERIKATNEWS.COM – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof Yudian Wahyudi menyebut kekhasan lokasi geografis menjadikan Indonesia negara subur dengan...

News2 jam ago

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Pon di Kabupaten Trenggalek

SERIKATNEWS.COM – Dalam perjalanan menuju Helipad Menak Sopal, Kabupaten Trenggalek, Presiden Joko Widodo menyempatkan untuk singgah di Pasar Pon, Selasa,...

Politik2 jam ago

Fahri Hamzah: Pemerintah Buka Dong Peluang Bagi Daerah Ajukan Calon Presiden

SERIKATNEWS.COM – Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah meminta pemerintah membuka peluang kepada daerah untuk mengajukan...

News2 jam ago

Lebih Hemat dan Aman, Ini Sederet Keunggulan Kompor Induksi

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) terus mendorong electrifying lifestyle atau gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik yang bebas...

Opini2 jam ago

Nasib Dosen Tetap Non PNS, Pemerintah Bisa Apa?

Oleh: Adil Rahmat Kurnia (Ketua Bidang Perguruan Tinggi PB PMII) BERBICARA tenaga pendidik di lingkungan perguruan tinggi maka akan mengenal...

Ekonomi7 jam ago

Kemendag Dirikan Pusat Promosi Ekspor di Entikong

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendirikan pusat promosi ekspor di kawasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Ditandai dengan penandatanganan nota...

Populer

%d blogger menyukai ini: