Connect with us

Politik

Jelita, Jurus Baru Azizah Atasi Sampah Kota Tangsel

Published

on

www.sitinurazizah.com

SERIKATNEWS.COM – Persoalan sampah di kota Tangsel belum juga teratasi. Meski sejumlah program sudah dijalankan dari bank sampah hingga rumah minim sampah. Sayang, program tersebut belum terlihat hasilnya.

Bahkan, masalah sampah menjadi sorotan setelah sheet pile Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang rontok. Ratusan ton sampah tumpah memenuhi bibir sungai Cisadane. Sejumlah aktivis lingkungan ramai-ramai mengkritik penanganan sampah yang dikerjakan kurang serius oleh Pemkot Tangsel.

Menanggapi persoalan tersebut, bakal calon walikota Tangsel Siti Nur Azizah mengaku sudah lama berdiskusi dengan aktivis lingkungan. Salah satunya membahas masalah sampah dan masa depan TPA Cipeucang.

Hasil dari diskusi tersebut, Azizah berpandangan perlu ada gerakan gotong royong untuk mengatasi persoalan sampah. Menurutnya, tidak bisa dikerjakan oleh pemerintah saja, tapi masyarakat pun harus terlibat.

“Tinggal bagaimana mengkomunikasikan ke masyarakat dalam gerakan sampah ini. Kalau ada kemauan serius dari pemerintah saya yakin bisa,” katanya saat ditemui di acara diskusi bersama aktivis lingkungan di kawasan Bintaro, Pondok Aren, Minggu (21/6/2020).

Azizah pun memamerkan program penanganan sampah. Namanya jelita atau jemput limbah rumah tangga. Ini mengelola sampah organik menjadi pupuk cair. Dirinya yakin jelita ini, sesuai namanya akan digemari masyarakat. Selain mudah dikerjakan juga hasilnya bisa mengurangi tumpukan sampah yang kian menggunung di TPA Cipeucang.

“Kalau jadi gerakan masyarakat Tangsel dalam waktu tidak lama masalah sampah bisa teratasi. Terpenting pemerintah bisa massif mengerakan program ini. Warga pun mendukung,” ungkapnya.

Kata dia, program jelita menjadi gerakan kota yang kemudian menggerakkan partisipasi masyarakat. Sebagai motor penggerak RT dan RW lokal di rumah tangga. Hal tersebut tentunya menjadi gerakan masyarakat kota Tangsel. Ini menjadi solusi sistematis, terukur, partisipasi masyarakat.

“Tak hanya menggaungkan Tangsel sebagai smart city tapi juga smart society,” ujarnya.

Sementara itu, koordinator Sekber Jeletreng, Aquary Sandi mengkritik pola pikir pemerintah dalam melihat isu lingkungan, yakni hanya melihat satu aspek saja, tetapi mengabaikan aspek lainnya.

Misal arah pembangunan tak hanya dilihat dari infrastruktur saja, tetapi juga pelestarian lingkungan. Nah, ini yang harus dilihat. Selama ini ukuran keberhasilan kota dipandang dari bagusnya jalan, banyaknya gedung bertingkat, dan sebagainya.

Tapi abai terhadap pelestarian lingkungan, menjaga lingkungan, ataupun mengkampanyekan gerakan lingkungan.

“Kalaupun ada masalah lingkungan yang dibahas hanya seremonial saja tanpa aksi nyata. Ini yang harus diubah,” katanya.

“Tanpa adanya gerakan konkret pemerintah ditambah kesadaran masyarakat, jangan harap persoalan sampah bisa selesai. Yang ada, bencana di TPA Cipeucang bisa terulang lagi,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Internasional8 jam ago

Indonesia-Rusia Tingkatkan Kemitraan Hadapi Tantangan Ketidakpastian Global

SERIKATNEWS.COM – Dunia saat ini tengah menghadapi ketidakpastian dan mengalami perubahan lingkungan strategis. Dalam hal ini, Indonesia dan Rusia yang...

Lifestyle11 jam ago

Akibat Covid-19 Mantan Suami Nita Thalia Meninggal, Ini Kronologinya

SERIKATNEWS. COM –Mantan suami pedangdut Nita Thalia, Nurdin Rudythia meninggal dunia lantaran terkena virus corona. Hal itu di kabarkan pada...

Ekonomi11 jam ago

OJK Menobatkan Jawa Tengah Sebagai Provinsi Terbaik Penggerak Keuangan Inklusif

SERIKATNEWS.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menobatkan Provinsi Jawa Tengah sebagai provinsi terbaik penggerak keuangan inklusif nasional. Penghargaan tersebut diumumkan...

Lifestyle13 jam ago

Athalla Naufal Baper dengan Anselma Putri, Ini Hubungan Selanjutnya yang Terjadi

SERIKATNEWS.COM – Salah satu putra Vena Melinda, Athalla Naufal, dikabarkan tengah menjalin kedekatan dengan artis muda Anselma Putri. Pengakuan Athalla...

News16 jam ago

SMSI Sumbang Jalan dan Sarana Sanitasi

SERIKATNEWS.COM – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) menyelenggarakan Webinar dengan tema “Pemulihan Ekonomi Nasional dan Kebangkitan Ekonomi Kreatif”. Selain itu, SMSI...

News16 jam ago

Fapet UGM dan BNI Serahkan Dana Prawiramas kepada Mahasiswa

SERIKATNEWS.COM – Fakultas Peternakan (Fapet) UGM dan Bank BNI bekerja sama dalam kegiatan kewirausahaan. Kerja sama ini berjudul Program Akademik...

Olahraga1 hari ago

Wayne Rooney Resmi Gantung Sepatu

SERIKATNEWS.COM – Wayne Rooney resmi gantung sepatu. Pensiuannya Legenda Manchester United ini diumumkan setelah menerima tawaran melatih waktu penuh di...

Populer

%d blogger menyukai ini: