Connect with us

Ekonomi-Politik

Kemenhub Kembali Kirim Kapal Patroli ke Natuna

Published

on

Foto: Antara

SERIKATNEWS.COM – Penjagaan di perairan Natuna semakin diperkuat. Pada Jumat (10/1/2020), Kementerian Perhubungan kembali mengirim kapal patroli ke Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Kapal patroli yang dikirim Kemenhub yakni KN. Kalimasada-P.115 milik Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut. Sebelumnya Kemenhub juga telah mengirimkan KN. Sarotama-P.112.

Kapal patroli tersebut diberangkatkan dari Dermaga Pangkalan PLP Tanjung Uban dengan tujuan Selat Lampa Natuna.

Dalam keterangan persnya, Sabtu (11/1/2020), Ahmad selaku direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) mengatakan, kalau pihaknya ditingkat pusat tetap bersinergi dengan stakeholder lain dalam menjaga kedaulatan RI di perairan Natuna.

“Seperti kemarin di Natuna kami diundang oleh TNI Angkatan Laut mengadakan rapat koordinasi bersama, pada kesempatan lain kami juga melakukan patroli dan rapat bersama,” ungkapnya.

Ahmad juga mengungkapkan bahwa KPLP memiliki 5 (lima) Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) di Tanjung Uban, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Bitung, Tual Ambon.

Selain itu, pihaknya juga banyak melakukan hubungan kerja sama dengan Sea and Coast Guard berbagai Negara seperti UK Coast Guard dan US Coast Guard.

“Australia juga demikian, kami mengadakan pelatihan operasi bersama, penanggulangan musibah dan pencemaran lingkungan, seperti terakhir di Davao Filipina yang dihadiri juga oleh Jepang dan 11 negara pemantau,” tegas Ahmad.

Menurut Ahmad, saat ini KPLP memiliki 9.000 personil di seluruh Indonesia yang dilatih khusus.

“Kami sering mengadakan pelatihan untuk personil KPLP, baik di Jakarta, di daerah masing-masing, maupun kita kirim ke luar negeri kerja sama dengan berbagai negara mengadakan suatu pelatihan-pelatihan bersama,” pungkasnya.

Advertisement

Popular