Connect with us

Politik

KPU Sajikan Skema Satu TPS untuk 500 Pemilih di Pilkada 2020

Published

on

Ilustrasi TPS © Net

SERIKATNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rapat kerja Komisi II DPR RI bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, KPU, Bawaslu, dan DKPP, telah membahas skema satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk 500 pemilih dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Skema itu disiapkan guna mencegah penularan virus korona.

Kemendagri juga sudah menyerahkan data penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), untuk Pilkada serentak 2020. Adapun Komisioner KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan bahwa pihaknya sudah mengirimkan surat kepada KPUD di provinsi maupun kabupaten/kota untuk menyiapkan skema satu TPS untuk 500 pemilih.

“KPU sudah menyiapkan surat ke KPU Prov dan Kabupaten/Kota untuk desain rancangan TPS sebagaimana yang disepakati maksimal 500. Hasil konsep segera dilaporkan ke KPU RI,” kata Wiarsa dalam telekonferensi pada Jumat (5/6/2020) kemarin.

Dia mengatakan bahwa jumlah pemilih akan disesuaikan dengan TPS di setiap daerah yang menggelar Pilkada serentak 2020. Menurutnya, KPU juga menawarkan dua opsi, yaitu satu TPS untuk 800 daftar pemilih tetap (DPT) atau 500 DPT.

“Kesimpulan disepakat 500 (pemilih) per TPS. Dengan bagaimana pengelolaan yang baik dimaknai memperhatikan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Wiarsa menjelaskan, KPU akan menggandeng Kemenkes dan BNPB dalam menerapkan protokol kesehatan saat pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

“Dalam rangka mengadopsi protokol kesehatan, kami rapat dengan Kementerian Kesehatan. Untuk berkoordinasi dan dapat masukan bagaimana standar kesehatan dituangkan dalam tata kelola pelaksanaan Pilkada,” tutupnya.

Baca Juga:  Heboh Pohon Plastik, PEMDA DKI Mendapat Respon Negatif Netizen
Advertisement

Popular