Connect with us

Sosial-Budaya

Mendes Gaungkan Belanja Batik Secara Online

Published

on

Gus Menteri © Humas Kemendes PDTT

SERIKATNEWS.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Abdul Halim Iskandar meresmikan Grand Launching Gerakan Belanja Batik Secara Online, sebagai upaya untuk menyukseskan gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Acara Grand Launching Gerakan Belanja Batik Secara Online digelar di gedung Makarti, Kemendes PDTT, Jumat (2/10/2020), yang bertepatan dengan Hari Batik Nasional dengan mengusung tema Yang Terbaik Yang Terbatik.

Grand Launching Gerakan belanja batik online ini diikuti oleh seluruh pendamping desa dan relawan Desa baik yang hadir secara langsung maupun virtual, diperkirakan 20.000 orang mengikuti Grand Launching ini, termasuk para pengrajin batik di daerah-daerah.

Abdul Halim Iskandar yang karib disapa Gus Menteri ini pada kesempatan ini mengatakan, Bangga Buatan Indonesia merupakan kegiatan untuk meningkatkan produktivitas dalam negeri. Selain itu, Bangga Buatan Indonesia juga upaya untuk meningkatkan rasa kepemilikan terhadap produk-produk Indonesia.

“Tentu kita sangat bersyukur, pada sore hari ini, bertepatan dengan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2020, kita menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang sudah lama digulirkan oleh pemerintah, yaitu Bangga Buatan Indonesia,” ujar Gus Menteri.

Menurutnya, dengan adanya gerakan belanja batik secara online, diharapkan mampu meningkatkan daya beli batik yang beberapa waktu sempat mengalami penurunan akibat Pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan dengan adanya gerakan ini, tingkat pembelian terhadap produksi batik di seluruh Indonesia bisa mengalami peningkatan. Karena kita peduli dan kita beli untuk batik, kita dorong dan kita borong,” ungkapnya.

“Yang terpenting adalah sebuah kesadaran dalam jiwa kita, bahwa ini bukan sekadar selembar kain, ini bukan hanya sesuatu yang bisa menutup badan kita, tetapi ada sebuah nilai yang tak terhingga yang merupakan warisan leluhur kita,” imbuh Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

Baca Juga:  Indonesia Luncurkan Indeks Pembangunan Kebudayaan

Untuk memaksimalkan Gerakan Belanja Batik Secara Online, Kemendes PDTT menggandeng sejumlah e-commerce ternama di Indonesia seperti Bukalapak, Blibli, Tokopedia, Shopee dan Lazada.

Selain itu, Kemendes PDTT juga menandatangani Memory of Understanding atau Nota Kesepahaman dengan Menteri BUMN, Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan Yayasan Batik Indonesia. MoU dengan BSN berkaitan Pengembangan dan Penerapan Standar Penilaian Kesesuaian di bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Pada hari ini juga, Kemendes PDTT mengenalkan Gerakan Viralkan Batik dan NgeTwit Bareng dengan tagar #YangTerbaikYangTerbatik, #kitacintakitabeli, #kitadorongkitaborong” dan #BanggaBuatanIndonesia.

Selain itu, tagar yang digaungkan adalah #TerbaikTerbatikKemendesaPDTT dan #AyoBeliBatik.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Hukum7 jam ago

Mengaku Fotografer, Predator Seks Anak di Bawah Umur Berhasil ditangkap

SERIKATNEWS.COM – Direktur Ditreskrimum Polda Kepulauan Riau Kombes Arie Dharmanto mengatakan, pihaknya telah menangkap seorang predator seks anak di bawah...

Ekonomi8 jam ago

Kemenparekraf dan Kemendes PDTT Sinergi Wujudkan Desa Wisata

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan memperkuat kolaborasi dengan bersinergi program bersama Kementerian Desa,...

Hukum12 jam ago

Komisi III DPR Resmi Menyetujui Pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo

SERIKATNEWS.COM – Secara mufakat pimpinan dan angota Komisi III DPR resmi menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, sebagai...

News15 jam ago

Pandemi Akibatkan Jumlah Penumpang KRL Anjlok 70 Persen

SERIKATNEWS.COM – Pandemi Covid-19 berdampak signifikan terhadap volume penumpang KRL Jabodetabek. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat sepanjang tahun lalu...

Ekonomi20 jam ago

Industri Makanan Perlu Berinovasi di Masa Transisi Pasca Pandemi

SERIKATNEWS.COM – Industri makanan perlu berinovasi menghadapi masa transisi pasca pandemi Covid-19. Industri makanan dan minuman perlu menyiapkan diri untuk...

News20 jam ago

Nurani Astra Bantu Korban Bencana Gempa Sulawesi Barat

SERIKATNEWS.COM – Astra dan perusahaan-perusahaan Grup Astra melalui program Nurani Astra menyalurkan berbagai bantuan tahap awal untuk masyarakat yang terdampak...

Hukum1 hari ago

Kejaksaan Agung Melakukan Penggeledahan di Kantor Pusat BPJS

SERIKATNEWS.COM – Pusat PT Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan digeledah oleh Kejaksaan Agung, pada Senin (18/1/2021). Penggeledahan tersebut merupakan...

Populer

%d blogger menyukai ini: