Connect with us

Budaya

Mendes Gaungkan Belanja Batik Secara Online

Published

on

Gus Menteri © Humas Kemendes PDTT

SERIKATNEWS.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Abdul Halim Iskandar meresmikan Grand Launching Gerakan Belanja Batik Secara Online, sebagai upaya untuk menyukseskan gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Acara Grand Launching Gerakan Belanja Batik Secara Online digelar di gedung Makarti, Kemendes PDTT, Jumat (2/10/2020), yang bertepatan dengan Hari Batik Nasional dengan mengusung tema Yang Terbaik Yang Terbatik.

Grand Launching Gerakan belanja batik online ini diikuti oleh seluruh pendamping desa dan relawan Desa baik yang hadir secara langsung maupun virtual, diperkirakan 20.000 orang mengikuti Grand Launching ini, termasuk para pengrajin batik di daerah-daerah.

Abdul Halim Iskandar yang karib disapa Gus Menteri ini pada kesempatan ini mengatakan, Bangga Buatan Indonesia merupakan kegiatan untuk meningkatkan produktivitas dalam negeri. Selain itu, Bangga Buatan Indonesia juga upaya untuk meningkatkan rasa kepemilikan terhadap produk-produk Indonesia.

“Tentu kita sangat bersyukur, pada sore hari ini, bertepatan dengan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2020, kita menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang sudah lama digulirkan oleh pemerintah, yaitu Bangga Buatan Indonesia,” ujar Gus Menteri.

Menurutnya, dengan adanya gerakan belanja batik secara online, diharapkan mampu meningkatkan daya beli batik yang beberapa waktu sempat mengalami penurunan akibat Pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan dengan adanya gerakan ini, tingkat pembelian terhadap produksi batik di seluruh Indonesia bisa mengalami peningkatan. Karena kita peduli dan kita beli untuk batik, kita dorong dan kita borong,” ungkapnya.

“Yang terpenting adalah sebuah kesadaran dalam jiwa kita, bahwa ini bukan sekadar selembar kain, ini bukan hanya sesuatu yang bisa menutup badan kita, tetapi ada sebuah nilai yang tak terhingga yang merupakan warisan leluhur kita,” imbuh Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

Baca Juga:  Hari Batik Nasional, Simbol Budaya yang Harus Tetap Dijaga

Untuk memaksimalkan Gerakan Belanja Batik Secara Online, Kemendes PDTT menggandeng sejumlah e-commerce ternama di Indonesia seperti Bukalapak, Blibli, Tokopedia, Shopee dan Lazada.

Selain itu, Kemendes PDTT juga menandatangani Memory of Understanding atau Nota Kesepahaman dengan Menteri BUMN, Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan Yayasan Batik Indonesia. MoU dengan BSN berkaitan Pengembangan dan Penerapan Standar Penilaian Kesesuaian di bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Pada hari ini juga, Kemendes PDTT mengenalkan Gerakan Viralkan Batik dan NgeTwit Bareng dengan tagar #YangTerbaikYangTerbatik, #kitacintakitabeli, #kitadorongkitaborong” dan #BanggaBuatanIndonesia.

Selain itu, tagar yang digaungkan adalah #TerbaikTerbatikKemendesaPDTT dan #AyoBeliBatik.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Peristiwa45 menit ago

Insiden 2 Pohon Tumbang Akibat Hujan dan Angin Kencang di Depok

SERIKATNEWS.COM – Masyarakat harus waspada dengan cuaca ekstrem di musim hujan. Hujan disertai angin kencang yang melanda Depok, mengakibatkan insiden...

Sosial59 menit ago

Jateng Siapkan Tim Pengamanan untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik

SERIKATNEWS.COM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memang tidak melarang warga untuk mudik pada saat libur panjang akhir pekan 28...

Hukum1 jam ago

Dirlantas Polda Metro Jaya: Lima Pelanggaran Jadi Sasaran Utama, Tapi Petugas Utamakan Edukasi

SERIKATNEWS.COM – Ada lima hal yang perlu diperhatikan oleh para pengendara agar tidak ditilang dalam pelaksanaan Operasi Zebra yang dilakukan...

Budaya9 jam ago

Merawat Hubungan Bilateral melalui Gamelan Karawitan

SERIKATNEWS.COM – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan bahwa salah satu cara untuk merawat hubungan bilateral...

Sosial13 jam ago

Sekretaris SMSI Provinsi Riau Wafat, Seluruh Warga SMSI Duka Mendalam

SERIKATNEWS.COM – Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi menyampaikan duka mendalam atas wafatnya Mohammad Moralis, Sekretaris Serikat Media Siber...

Info Kesehatan21 jam ago

Enam Jenis Vaksin yang Dibutuhkan Orang Dewasa

SERIKATNEWS.COM – Vaksinasi menjadi hal yang penting, karena vaksin sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia, sehingga tubuh mampu...

Ekonomi21 jam ago

Desa Wisata yang Dikelola BUMDes akan Dongkrak Ekonomi Desa

SERIKATNEWS.COM – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mulai Sabtu (24/10/2020) menyambangi sejumlah destinasi desa...

Populer