Menhub: Pemprov DKI Harus Batasi Area Operasi Skuter Listrik

6
Skuter
Ilustrasi: CNN Indonesia

SERIKATNEWS.COM – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi area operasi skuter listrik GrabWheels. Dengan penggunaan GrabWheels, kata Budi, nantinya bisa saja hanya di sekitar tempat wisata.

“Kami akan diskusikan dulu dengan (Pemprov) DKI, terbatas saja di tempat hiburan atau di mana gitu,” kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Budi juga meminta Pemprov DKI segera membuat aturan yang menjadi payung hukum soal pengoperasian GrabWheels. Menurutnya, aturan perlu dibuat untuk menghindari korban jiwa akibat kecelakaan seperti terjadi beberapa hari lalu.

“Untuk menghindari kecelakaan nanti biar DKI yang membuat peraturannya,” ujarnya.

Budi mengatakan kemungkinan pemerintah daerah lain juga akan diminta untuk membuat aturan pengoperasian GrabWheels. Namun, kata Budi, saat ini pihaknya menunggu terlebih dahulu dari Pemprov DKI.

“Kita petakan dulu, tapi sebelum itu terstruktur DKI membuat aturan. Kita meminta DKI yang membuat aturan,” tuturnya.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta belakangan melakukan komunikasi dengan perusahaan penyedia jasa skuter dan sedang menggodok regulasi terkait. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan skuter hanya boleh dipergunakan di jalur sepeda, bukan di jalan raya.

“Tidak boleh digunakan di jalan raya, tidak boleh di trotoar dan tidak boleh di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB),” ujarnya.

Baca Juga:  Relawan MAPPAN Gelar Pengajian Mendoakan Jokowi-Ma`ruf Amin