Connect with us

News

PB PMII Gelar Lounching Gerakan ‘Goceng Untuk Kongres’

Published

on

Foto: SerikatNews

SERIKATNEWS.COM – Pengurus Besar Pegerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) menggelar lounching gerakan PMII Mandiri yang bertajuk “Goceng untuk Kongres” menjelang Kongres XX yang akan dilaksanakan di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 16-21 April 2020.

Ketua Umum PB PMII, Agus Mulyono Herlambang mengatakan gerakan kemandirian ekonomi untuk Kongres XX merupakan sebuah upaya menggalang partisipasi kader dan seluruh alumni untuk ikut terlibat dalam mensukseskan kongres.

“Panitia Kongres XX PMII memiliki inisiatif mengkampanyekan Kongres XX PMII kepada seluruh kader dan alumni agar dapat turut serta menyukseskan acara tersebut melalui gerakan ini,” ungkap Agus, Jumat (10/1/2019).

“Selain itu juga mendorong spirit baru untuk bergotong royong sesuai falsafah kebudayaan Indonesia, agar PMII bisa mandiri dan keluarga besar PMII semakin loyal untuk organisasi,” imbuhnya.

Agus menjelaskan bahwa latar belakang pemberian istilah Gerakan Goceng untuk Kongres. Menurutnya, istilah itu terinspirasi dari sosok pahlawan nasional yang tertera di balik lembar uang goceng.

“Terus mengapa goceng? Sebab di lembar uang goceng atau Rp5.000 terdapat gambar sosok pahlawan nasional yang merupakan tokoh besar NU yaitu adalah KH. Idham Chalid, yang pernah menjadi Ketua Umum PBNU pada tahu 1956-1984. Beliau juga pernah menjadi Ketua MPR RI, Ketua DPR RI, beberapa kali Wakil Perdana Menteri di Era Presiden Soekarno dan beberapa kali Menteri di Era Presiden Soeharto,” paparnya.

Agus meminta kepada seluruh kader dan alumni PMII se-Indonesia agar ikut berpartisipasi dalam menyukseskan Kongres XX melalui gerakan Goceng untuk Kongres.

“Mari kita bergotong-royong menyukseskan gerakan “Goceng untuk Kongres”. Mari bersama-sama untuk berpartisipasi, berkontribusi dalam membangun kemandirian PMII,” pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator nasional Gerakan Goceng untuk Kongres, M Chabib Alwi mengaku gerakan ini merupakan terobosan baru dalam mewujudkan kemandirian ekonomi PB PMII.

Baca Juga:  Komunitas Hijab Jogja Jagokan Cak Imin Cawapres 2019

“Kita ingin mengoptimalkan partisipasi kader PMII di seluruh Indonesia, dan tidak ingin menggantungkan pada bantuan orang lain. Akan tetapi kalo ada donatur yang ingin menyumbang, akan kita terima,” katanya.

Sebagai informasi, PB PMII dari tingkat pusat hingga di tingkatan rayon yang memiliki 25 Pengurus Koordinator Cabang di tingkat Provinsi, 252 Cabang di tingkatan Kabupaten dan Kota, 634 Komisariat di tingkatan kampus dan 1.313 tayon di tingkatan fakultas Perguruan Tinggi serta jutaan kader dan alumni yang tersebar di seluruh pelosok tanah air.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular