Connect with us

Politik

Pemerintah Serang Optimalkan Peran Perempuan untuk Mewujudkan Kemajuan Desa

Published

on

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Serang Rudy Suhartanto di Kajian Madani Serang Berkemajuan (KAMISAN), Rabu (24/11). (Foto: Ist/Serikat News)

SERIKATNEWS.COM – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Serang Rudy Suhartanto optimis bahwa perempuan dapat berperan aktif dan memberikan contoh yang baik untuk mewujudkan kemajuan desa.

Hal ini disampaikan Rudy pada Kajian Madani Serang Berkemajuan (KAMISAN) yang merupakan Program USAID MADANI yang telah dilaksanakan di 32 Kabupaten/Kota pada 6 Provinsi dalam rangka mendukung penguatan kapasitas organisasi masyarakat sipil (OMS) pada Rabu, 24 November 2021.

“Saya optimis terhadap program yang mengedepankan gender dan pelibatan perempuan. Karena mereka memberikan contoh yang baik,” tutur Rudi.

Rudi menceritakan, pada tahun 2015 desa di Kabupaten Serang masih jauh dari kemajuan, hal itu dapat dilihat dari hasil pendataan IDM yang menunjukkan sebanyak 164 desa di Kabupaten Serah berstatus sangat tertinggal dan tertinggal, atau 50 persen dari jumlah desa di Kabupaten Serang.

“Kami mencoba mulai bangkit, kami sadar bahwa infrastruktur bukan satu-satunya yang dapat memicu kesejahteraan. Tapi dengan infrastruktur yang baik akan memberikan kemudahan akses. Maka sejak tahun 2015 kita dorong bersamaan RPJMD yang menekankan kepada indeks pembangunan manusia,” jelasnya.

“Dan sekarang sudah di atas 80 persen jumlah infrastruktur di desa. Pendataan tahun 2021 menyisakan 19 desa yang tertinggal. Sekarang sudah mempunyai desa maju dan mandiri yang berjumlah 53 desa,” imbuh Rudi.

Rudi menegaskan, pemerintah kabupaten harus terjun langsung ke desa untuk memberikan pelatihan kepada pemerintah dan perangkat-perangkat di desa.

“Dengan membangun kolaborasi antara pemerintah, perangkat desa, dan masyarakat desa ini akan memunculkan demokratisasi yang sangat berdampak bagi kemajuan desa itu sendiri,” katanya.

Untuk mengentaskan desa tertinggal di Kabupaten Serang, Rudi mengatakan pemerintah kabupaten mempunyai program Lomba Kampung Bersih dan Aman yang telah terlaksana sejak 2019.

Baca Juga:  Akibat Krisis Ekonomi, Menkeu Argentina Mengundurkan Diri

“Dan hasilnya luar biasa, sekarang sudah ada perpustakaan di tingkat RT. Dan itu berangkat dari kemauan mereka. Mereka juga membuat taman bermain swadaya,” tuturnya.

Menurut Rudi, lomba tersebut juga mendorong masyarakat berswadaya dalam hal apa pun untuk menunjukkan kreativitas dan inovasinya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. (*)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terkini

News4 menit ago

Dikukuhkan, PB PMII Tuntut PMII Probolinggo Miliki Multi Skill

PROBOLINGGO,- Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Probolinggo Raya dilantik, Jum’at (3/12/2021) siang. Prosesi pelantikan digelar di...

News7 menit ago

Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal 2021 dan Tahun Baru 2022  

JAKARTA – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan memastikan ketersediaan kedelai untuk bahan baku tempe dan tahu dalam negeri...

Hari Disabilitas Internasional Hari Disabilitas Internasional
Sosial-Budaya3 jam ago

UIN SUKA Jogja Jadi Tuan Rumah Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional

SERIKATNEWS.COM – Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta jadi tuan rumah acara puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional, dengan...

News4 jam ago

Sejumlah Wilayah di Jrengik Sampang Terendam Banjir

SERIKATNEWS.COM – Banjir menggenangi sejumlah wilayah di Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Jumat, 03 Desember 2021. Banjir terjadi...

Sosial-Budaya5 jam ago

Kemendikbudristek Komitmen Sukseskan Program Digitalisasi Pendidikan

SERIKATNEWS.COM – Kemendikbudristek menyampaikan komitmen untuk selalu menyukseskan program digitalisasi sekolah. Cakupannya tidak hanya memperluas akses terhadap teknologi, tetapi juga...

Ekonomi5 jam ago

Raup Untung dari Limbah Patin

SERIKATNEWS.COM – Industri pengolahan perikanan menyisakan limbah berupa tulang, kulit, sirip, kepala, sisik, jeroan, maupun cairan. Limbah tersebut diperkirakan memiliki...

Olahraga20 jam ago

Live Streaming MU Vs Arsenal

SERIKATNEWS.COM – Manchester United (MU) vs Arsenal tersaji dalam lanjutan Liga Inggris. Laga ini berlangsung di Old Trafford, Jumat (3/12/2021),...

Populer

%d blogger menyukai ini: