Connect with us

News

Penelitian Kanker Prostat Hantarkan Mahasiswa UII Raih Juara Scripta Research Festival

Published

on

Foto: UII

SERIKATNEWS.COM – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) meraih Juara II pada ajang Scripta Research Festival (SRF). Acara ini diselenggarakan Universitas Sumatera Utara (USU) pada 11 Oktober 2020 sampai 31 Januari 2021.

Delegasi UII dalam lomba tersebut berasal dari angkatan 2019, Fathiyatul Mudzkiroh, Zavia Putri Salsabila, dan Violetta Meitrie Sugianto. Mereka berjuang keras hingga dapat mengalahkan finalis lainnya yang berasal dari UI, UNDIP, UNS, UNPAD, USU, dan UNHAS.

Bidang literatur review memiliki tema mengenai sistem urogenital. Mereka menulis paper berjudul “Karakterisasi MicroRNA-203 Terenkapsulasi Liposom dengan Konjugasi Single Stranded Oligonukleotida (A9g Aptamer) sebagai Novel Terapi Sel Kanker Prostat Tertarget”.

Fathiyatul Mudzkiroh menyampaikan, penelitiannya didasarkan atas tingginya kasus kanker prostat di Asia. Sebanyak 7 dari 100.000 orang terkena kanker prostat. Di Indonesia jumlahnya mencapai 10,3 per 100.000 populasi yang diprediksi akan terus meningkat.

“Belum ada pengobatan atau terapi yang efektif untuk menangani penyakit kanker prostat tersebut. Ini mendorong kami membuat penelitian yang dapat digunakan sebagai inspirasi untuk mengembangkan obat anti kanker prostat,” kata Fathiyatul Mudzkiroh seperti dikutip dari laman resmi UII, Senin (22/2/2021).

Fathiyatul Mudzkiroh mengatakan, kanker prostat menyerang kelenjar prostat. Kanker ini menempati posisi tertinggi kedua di dunia pada laki-laki setelah kanker paru-paru.

Menurutnya, angka kematian akibat kanker ini cukup tinggi terutama terjadi pada pasien KP metastatik. Perkiraannya dapat bertahan selama sekitar 19 bulan.

“Jumlah kasus KP terbanyak di dunia adalah Amerika dan Eropa, dengan tingkat kematian tertinggi di Asia. Hal ini disebabkan oleh proses screening KP yang hanya bisa dilakukan dengan prostate specific antigen test sedangkan teknologi ini masih belum banyak di Asia,” imbuhnya.

Baca Juga:  Tidak Menerapkan Protokol, Rafi Ahmad Kena Teguran Pihak Kepresidenan

Sementara itu, Violetta Meitrie Sugianto menyebut KP diperkirakan berhubungan dengan banyak faktor risiko. Faktor risiko itu antara lain adalah usia yang lebih dari 50 tahun dan gen yang berhubungan dengan gen HPC. Selain itu, kelainan metabolik seperti diet tinggi lemak jenuh, obesitas, dan diabetes melitus juga dapat menjadi faktor risiko dari KP.

Dia mengataka hasil penelitian tersebut menunjukkan miR-203 dapat secara efektif menjadi agen terapi kanker prostat. Namun, untuk meningkatkan bioavailabilitasnya, miR-203 dapat enkapsulasi oleh liposom. Penargetan spesifik dapat dilakukan dengan modifikasi liposom oleh aptamer A9g yang menargetkan PSMA pada kanker prostat yang sekaligus menghambat metastasis sel kanker prostat.

Dari hasil tinjauan ini, miR-203 terenkapsulasi liposom termodifikasi aptamer A9g disimpulkan dapat menjadi desain pengobatan baru yang menjanjikan pada pasien kanker prostat. Kemungkinan perlu dilakukan penelitian lanjutan mengenai efektivitas, spesifisitas, serta efek sampingnya sebagai agen kuratif mutakhir yang efektif terhadap kanker prostat. (*)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terkini

Opini43 menit ago

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Ditangkap KPK, Bukti Celah Korupsi Masih Terbuka Lebar

KORUPSI memang harus diberantas. Karena dampaknya luar biasa. Perbuatan korupsi telah menggerogoti uang negara. KORUPSI dapat menghambat laju pembangunan. Karenanya,...

News5 jam ago

Upaya Mitigasi Bencana, Banjarnegara Tingkatkan Kesiapsiagaan Antisipasi Cuaca Ekstrem

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terus meningkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi potensi cuaca ekstrem. Kesiapsiagaan ini sebagai salah satu...

News12 jam ago

Tituk Bangga, Didampingi Wali Kota Yogyakarta dalam Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

SERIKATNEWS.COM – Mengaku sempat tegang dalam pencanangan Vaksinasi COVID-19 di RS Pratama Yogyakarta. Seorang lansia asal Kecamatan Mantrijeron, Tituk Herminingtyas...

News22 jam ago

PKC PMII DKI Jakarta Masa Khidmat 2020-2022 Resmi Dilantik

SERIKATNEWS.COM – Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII), Agus M Herlambang resmi melantik Pengurus Koordinator Cabang...

Olahraga1 hari ago

Menteri Muhadjir Effendy Berharap Vaksinasi Covid-19 untuk Atlet Aktifkan Kegiatan Olahraga

SERIKATNEWS.COM – Sejak pandemi Covid-19 muncul, seluruh kegiatan olahraga di Indonesia dihentikan. Diharapkan dengan adanya vaksinasi Covid-19 terhadap para atlet...

Olahraga1 hari ago

Atlet Termasuk Prioritas Vaksinasi Covid-19

SERIKATNEWS.COM – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau vaksinasi perdana untuk atlet, pelatih dan tenaga pendukung di Istora Senayan Jakarta, Jumat...

News1 hari ago

Peneliti UGM Terus Kembangkan Kecerdasan Buatan GeNose C19

SERIKATNEWS.COM – Peneliti UGM terus mengembangkan kecerdasan alat deteksi Covid-19 melalui embusan napas, GeNose C19 agar semakin akurat. “Indonesia mengenalkan...

Populer

%d blogger menyukai ini: