Connect with us

News

Perserikatan Mahasiswa PGSD STKIP PGRI Sumenep Tawarkan Terobosan Baru bagi Mahasiswa

Published

on

Mahasiswa STKIP PGRI Sumenep, Prodi PGSD (Foto: SerikatNews.com).

SERIKATNEWS.COM – Di era industrialisasi dan teknologi 4.0 yang perkembangannya semakin pesat dalam pelbagai sektor, tentu menjadi tuntutan tersendiri bagi mahasiswa untuk mengoptimalisasikan kemampuan yang terklasifikasikan dalam aspek soft skil dan hard skill.

Sehingga hal tersebut menjadi orientasi esensial dengan ekspektasi sebagai instrumen penunjang di masa yang akan datang.

Dari sisi yang lain, soft skill dan hard skill juga memiliki fungsionalitas sebagai bekal kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan perguruan tinggi.

Kemampuan tersebut dapat berupa etika berkomunikasi yang baik, kolaborasi, hubungan emosional, pola pikir yang rasional, kemampuan mencari solusi, dll.

Menurut Khairil Anwar, mahasiswa STKIP PGRI Sumenep, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) bahwa dirinya memiliki inisiatif brilian sebagai bentuk adaptasi terhadap perkembangan zaman dengan membuat sebuah wadah, yang di dalamnya berisikan kegiatan diskusi serta dikemas dalam bentuk forum sharing.

Wadah diskusi bersama tersebut bernama Perserikatan Mahasiswa Prodi PGSD, yang memiliki orientasi pada pengembangan skill mahasiswa yang dikhususkan kepada mahasiswa PGSD guna membentuk ekuilibrium mahasiswa dalam mencetak lulusan PGSD STKIP yang memiliki kualifikasi kompetensi superior.

“Hal ini guna mengimplementasikan kemampuan mahasiswa di bidang akademik, serta untuk membangun kemampuan komonikasi atau public speaking secara efektif dan terstruktur,” tuturnya.

Khairil Anwar juga menyampaikan bahwa wadah tersebut bukanlah organisasi mahasiswa, melainkan hanya sebatas wadah perhimpunan dan perserikatan mahasiswa PGSD dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan mahasiswa saja.

“Dalam forum perhimpunan ini, sama sekali tidak ada paksaan pada setiap mahasiswa untuk bergabung maupun keluar dari perserikatan tersebut,” ujarnya.

Supriyadi selaku mahasiswa yang mengikuti serangkaian acara Perserikatan Mahasiswa PGSD itu menyampaikan, bahwa ini merupakan terobosan yang inovatif sebagai bentuk implementasi dan follow up dari pembelajaran di dalam kelas yang disampaikan oleh dosen.

Baca Juga:  Viral Kasatpol PP Ancam dan Berkata Kasar ke Bawahannya, MPR Angkat Bicara

“Belajar itu memerlukan suasana baru dan memerlukan kreatifitas. Dan agenda ini adalah agenda untuk mengimplementasikan dan mem-follow up pembelajaran di dalam kelas,” tuturnya saat diwawancara.

Advertisement
Advertisement

Terkini

News3 jam ago

Dikukuhkan, PB PMII Tuntut PMII Probolinggo Miliki Multi Skill

PROBOLINGGO,- Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Probolinggo Raya dilantik, Jum’at (3/12/2021) siang. Prosesi pelantikan digelar di...

News3 jam ago

Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal 2021 dan Tahun Baru 2022  

JAKARTA – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan memastikan ketersediaan kedelai untuk bahan baku tempe dan tahu dalam negeri...

Hari Disabilitas Internasional Hari Disabilitas Internasional
Sosial-Budaya7 jam ago

UIN SUKA Jogja Jadi Tuan Rumah Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional

SERIKATNEWS.COM – Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta jadi tuan rumah acara puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional, dengan...

News8 jam ago

Sejumlah Wilayah di Jrengik Sampang Terendam Banjir

SERIKATNEWS.COM – Banjir menggenangi sejumlah wilayah di Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Jumat, 03 Desember 2021. Banjir terjadi...

Sosial-Budaya8 jam ago

Kemendikbudristek Komitmen Sukseskan Program Digitalisasi Pendidikan

SERIKATNEWS.COM – Kemendikbudristek menyampaikan komitmen untuk selalu menyukseskan program digitalisasi sekolah. Cakupannya tidak hanya memperluas akses terhadap teknologi, tetapi juga...

Ekonomi9 jam ago

Raup Untung dari Limbah Patin

SERIKATNEWS.COM – Industri pengolahan perikanan menyisakan limbah berupa tulang, kulit, sirip, kepala, sisik, jeroan, maupun cairan. Limbah tersebut diperkirakan memiliki...

Olahraga23 jam ago

Live Streaming MU Vs Arsenal

SERIKATNEWS.COM – Manchester United (MU) vs Arsenal tersaji dalam lanjutan Liga Inggris. Laga ini berlangsung di Old Trafford, Jumat (3/12/2021),...

Populer

%d blogger menyukai ini: