Connect with us

News

PGK Gelar Bedah Buku Kepulauan Nusantara

Published

on

SERIKATNEWS.COM – Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) menyelenggarakan Diskusi dan Bedah Buku “Kepulauan Nusantara” karya Alfred Russel Wallace, pada Selasa (3/12/2019) di Hotel Grand Melia, Cikini No 46. Jakarta.

Buku Kepulauan Nusantara (2009) merupakan cetak ulang penerbit Komunitas Bambu, menerjemahkan buku The Malay Archipelago (1869) karya Alfred Russel Wallace, seorang penjelajah asal Inggris kelahiran 8 Januari 1823.

A. R Wallace putus sekolah di usia 14 tahun ini berasal bukan dari keluarga kaya di Britania raya, penulis buku ini seorang pustakawan sudah membaca buku-buku penting dunia seperti Robeth Owen pemikir sosialisme utopis dan lewat bukunya yang setebal 520 lembar memberi masukan penting atas terciptanya teori Evolusi Darwin, lewat syarat-suratnya dari Ternate penulis memberikan masukan tentang teori asal-usul manusia.

Buku yang sudah berusia 150 tahun sejak cetakan pertamanya, tahun 1869 di Inggris, dan baru tahun 2009 diterjemahkan oleh penerbit Komunitas Bambu Depok.

Ketua Umum PGK mengatakan bahwa penting diskusi untuk memperkaya wacana, kedalaman pengetahuan tentang nusantara khususnya flora dan fauna, mudah-mudahan kegiatan menjadi penghargaan kita kepada ilmu pengetahuan.

Narasumber yang hadir membedah buku adalah Yudi Latif Ph. D. Prof. Dr. Sangkot Marzuki., Msc., Ph.D., D.Sc. Prof Jatna Supriyatna. M.Sc.,Ph.D. JJ Rizal.

Acara diakhiri pemberian pelakat kepada narasumber dan memberikan buku sebanyak lima puluh buah kepada peserta yang memenuhi Aula Grand Melia Cikini.

Baca Juga:  Komisi Nasional Disabilitas Perlu Dibentuk
Advertisement

Popular