Connect with us

Sejarah

Sejarah dan Dibangunnya Kembali Pasar Johar Semarang

Published

on

Presiden Jokowi Mengunjungi Pasar Johar Semarang, Ini Sejarahnya

SERIKATNEWS.COM – Pasar Johar Semarang merupakan pasar terbesar se-Asia Tenggara. Tak hanya itu, pasar itu juga merupakan pasar yang berguna bagi pasar-pasar kecil yang ada di sekitar pasar Johar.

Pasar Johar sudah rampung diperbaiki pasca kebakaran besar tahun 2015 lalu dan dikunjungi Presiden Joko Widodo hari ini, Senin (30/12/2019). Pasalnya, pasar itu merupakan pasar yang bersejarah sehingga orang nomor satu di negeri ini berkuncung ke sana.

Sebelumnya, pasar itu berawal dari pedagang di bawah pohon, pasar itu konon pernah jadi yang terbesar di Asia Tenggara. Dan dibangun oleh arsitek ahli bernama Ir Thomas Karsten. Bangunan tersebut dibangun untuk menampung para pedagang yang berjualan di bawah Pohon Djohar yang ada di sekitar alun-alun sejak 1865.

Dalam buku karya Sejarawan Kota Semarang, Jongkie Tio berjudul Kota Semarang Dalam Kenangan disebutkan tahun 1920 Pemerintah Belanda membangun los pedagang di sana dan kemudian dibangun Pasar Johar bertingkat dua oleh Karsten dan diresmikan 9 Juni 1939.

“Pasar (los) itu diperluas lagi dengan bangunan permanen bertingkat dua yang dikerjakan Ir. Thomas Karsten, selesai tahun 1939,” tulis Jongkie Tio dalam bukunya.

Pasar Johar menjadi pendukung pasar kecil di sekitarnya yaitu Pasar Pedamaran yang menjual bahan membatik. Namun pasar itu makin lama makin padat dengan berbagai jenis dagangan hingga merembet hingga alun-alun diputuskan dibangun Pasar Johar.

Arsitek dan tim ahli cagar budaya, Widya Wijayanti pasca kebakaran Pasar Johar tahun 2015 lalu menyebut bangunan itu merupakan masterpiece Karsten karena didesain dan dibangun dengan teliti. Karsten bahkan menyematkan desain khas bernama Cendawan, yaitu pilar yang menopang atap Pasar Johar berbentuk jamur atau payung.

Baca Juga:  Dari Penjara ke Penjara Ahmad Subardjo Djoyoadisuryo

“Jadi Karsten itu mendesain tidak asal desain, mikir dia. Dia studi binatang sehingga tidak ada burung yang bersarang, sehingga dibuat atapnya halus dan rata,” kata Widya saat itu.

Struktur cendawan dan peninggian atap di Pasar Johar tidak hanya didesain Karsten untuk mempercantik tampilan pasar. Pilar yang menjulang tinggi hingga atap dimaksudkan untuk memberi ruang sirkulasi udara yang luas, bahkan lantai dua pasar sengaja berada di bagian pinggir saja.

Sedangkan peninggian atap, dimaksudkan sebagai masuknya cahaya matahari dari sela-sela atap. Selain itu, pemilihan kualitas beton juga dipertimbangkan Karsten untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Dari penelitian yang dilakukan tim dari Unika tahun 2006, mutu beton adalah K400 atau berkekuatan tekan 400kg/m2, sedangkan bangunan-bangunan baru sekarang tidak ada yang menggunakan beton sekuat itu.

“Memang itu untuk antisipasi kebakaran. Beton melindungi pemuaian besi saat terbakar. Sebenarnya Johar ideal sekali, karena interiornya terbuka, ada jalan untuk keluar api, hanya saja pemanfaatannya kurang baik,” terang mantan dosen Arsitek Undip itu.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Peristiwa2 jam ago

KH Abdullah Syukri Zarkasyi Pengasuh Pondok Gontor Wafat, Berikut Rekam Jejak tokoh pendidikan Islam modern Itu

SERIKATNEWS.COM – Pimpinan sekaligus pengasuh Pondok Modern Darrussalam Gontor, Ponorgo, Jawa Timur telah wafat pada hari Rabu sekitar pukul 15.50...

Olahraga5 jam ago

Live Streaming Liga Champions: Bayern Munchen vs Atletico Madrid

SERIKATNEWS.COM – Bayern Munchen akan menjamu Atletico Madrid untuk menjalani babak penyisihan Grup A Liga Champions 2020/2021. Laga ini berlangsung...

Olahraga5 jam ago

Live Streaming Liga Champions: Ajax vs Liverpool

SERIKATNEWS.COM – Ajax akan menjamu Liverpool untuk menjalani babak penyisihan Grup D Liga Champions 2020/2021. Laga ini berlangsung di Johan...

Hukum15 jam ago

Mogok Nasional, Ini Alasan Aliansi Akademisi

SERIKATNEWS.COM – Aksi demonstrasi menolak Undang-Undang atau UU Cipta Kerja yang dilakukan oleh mahasiswa dan akademisi mendapat dukungan dari Aliansi...

Olahraga1 hari ago

Live Streaming Liga Champions: PSG vs Manchester United

SERIKATNEWS.COM – Paris Saint-Germain (PSG) berhadapan dengan Manchester United (MU) pada laga perdana Grup H Liga Champions 2020/2021. Pertandingan ini...

Olahraga1 hari ago

Live Streaming Liga Champions: Barcelona vs Ferencvaros

SERIKATNEWS.COM – Pertandingan Grup G Liga Champions antara Barcelona vs Ferencvaros digelar pada Rabu (21/10/2020) pukul 02.00 WIB. Bermain di...

Pendidikan1 hari ago

Polda DIY Gandeng KPI UIN Sunan Kalijaga untuk Kehumasan dan Sosialisasi di Masyarakat

SERIKATNEWS.COM – Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Kalijaga pada hari Selasa (20/10/2020) melakukan koordinasi dengan Humas Polda Daerah...

Populer