Connect with us

Politik

Ridwan Kamil Berharap PMII ke Depan Terlibat dalam Pemerintahan

Published

on

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Ist/Serikat News)

SERIKATNEWS.COM – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyampaikan bahwa dakwah terbesar dapat dilakukan melalui pemerintahan. Karenanya, dia berharap Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ke depan dapat terlibat dalam pemerintahan.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi narasumber dalam Webinar Series Chapter II rangkain peringatan HUT RI yang digelar PB PMII dengan tema “Outlook Indonesia Masa Depan”.

“Jika orang baik merebut kekuasaan (pemerintahan, red) maka akan menjadi baik. Namun jika direbut orang buruk juga akan menjadi buruk,” terangnya.

Kang Emil, akrab penggagas “Jabar Juara Lahir Batin” ini berharap, PMII terus menjadi organisasi yang menyejukkan, konstruktif, dan melihat bahwa perbedaan adalah rahmat. Sebab, lanjutnya, di Indonesia masih ada kelompok yang melihat perbedaan adalah sebuah kebencian.

Kelompok yang melihat perbedaan adalah kebencian merupakan sebuah bencana. Bisa-bisa negara akan bubar di tengah jalan. Karena terjadi provokasi dan hasutan.

Kang Emil juga menyinggung tentang demokrasi di Indonesia. Menurutnya, demokrasi itu tidak boleh bawa perasaan (baper). Melainkan harus dewasa.

“Saya titip pesan, PMII jangan bertengkar urusan Pilkada, Pilgub, Pilpres. Saya titip demokrasi yang damai dan kondusif. Itu harus jadi PR dan narasi PMII,” pesannya.

Dia juga menyampaikan bahwa negara dikatakan maju jika pertumbuhan ekonominya konsisten di atas 5%. Untuk dapat konsisten di atas 5%, maka warga negara harus bisa berinovasi, produktif, serta menguasai digital.

Dia mencontohkan apa yang tengah dilakukannya di Jabar. Yakni ada program desa digital. Hal itu merupakan sebuah inovasi.

“Jangan kaget, di Jawa Barat kasi makan ikan lele saja pakai Hp, karena sudah tersensor,” tambahnya.

Kang Emil mengingatkan bahwa PMII adalah generasi emas di tahun 2045. Karena itu, saat ini dia mengajak PMII bersama-sama untuk menjemput masa emas tersebut.

Baca Juga:  Kemendes Prioritaskan Digitalisasi Desa

“Anda adalah generasi emas itu. Kalau saya nanti sudah lansia. Sekarang kita jemput masa emas 2045 itu,” ajaknya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PB PMII, Muhammad Rafsanjani, melalui sambutannya dalam webinar tersebut menyampaikan beberapa hal. Diantaranya, sebagai generasi muda PMII ingin mendorong lahirnya pemimpin yang bergaya milenial. Memiliki kapasitas yang kompleks dalam memahami problem yang dihadapi Indonesia saat ini.

Rafsan menegaskan bahwa PMII akan komitmen mendukung pemimpin yang memiliki gagasan besar untuk bangsa Indonesia. Bentuk dukungan tersebut bisa saja melalui ide dan gagasan PMII, krtikan yang konstruktif dan lain-lain.

“Tentunya kami akan menyerap semua ide dan gagasan dari narasumber. Kemudian akan kami buat sebagai kajian,” tambahnya. (JS)

Advertisement
Advertisement

Terkini

Lifestyle35 menit ago

Tips Program Hamil Berkualitas

SERIKATNEWS.COM – Setiap pasangan suami-istri menginginkan untuk memiliki keturunan. Namun, sebagian yang baru menikah ada yang menunda. Ada pula yang...

Sosial-Budaya56 menit ago

Said Abdullah Resmikan Masjid Abdullah Syechan Baghraf Legung Timur

SERIKATNEWS.COM – Warga Desa Legung Timur, Batang-Batang, Sumenep tampak antusias dan bahagia menghadiri peresmian Masjid Abdullah Syechan Baghraf. Acara sakral...

Ekonomi7 jam ago

Gus Halim: Santri Berperan Gerakkan Ekonomi Desa

SERIKATNEWS.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyatakan, santri berperan besar dalam menggerakkan ekonomi desa....

Sosial-Budaya9 jam ago

Ketum PBNU Ajak Para Santri Refleksikan Kembali Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

SERIKATNEWS.COM – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj mengingatkan bahwa Islam di Indonesia pada dasarnya...

News9 jam ago

Kejutan Hari Santri, Kemnaker Luncurkan Seribu Beasiswa Talenta Santri

SERIKATNEWS.COM – Pada gelaran Malam Puncak Amanat Hari Santri 2021, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memberikan kejutan kepada para santri...

Sosial-Budaya9 jam ago

Peringatan HSN 2021 Banyak Diwarnai Kegiatan Akademik

SERIKATNEWS.COM – Sejak adanya keputusan Presiden nomor 22 Tahun 2015, Rabithah Ma’ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU) selalu...

Sosial-Budaya9 jam ago

RMI PBNU Targetkan Pemetaan SDM NU yang Lebih Konkret

SERIKATNEWS.COM – Rabithah Ma’ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU) menargetkan adanya pemetaan Sumber Daya Manusia (SDM) NU yang...

Populer

%d blogger menyukai ini: