Connect with us

Info Kesehatan

RSUD Banten Diubah Jadi RS Khusus Pasien Corona

Published

on

RSUD BANTEN
Foto: RMOL Banten

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan mengubah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten menjadi rumah sakit (RS) khusus buat pasien virus corona (Covid-19). Seluruh ruang perawatan yang berada di RSUD Banten akan dikhususkan untuk menangani pasien Covid-19.

“Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pasien Covid-19 di Banten,” jelas Ati Pramudji Hastuti selaku Kepala Dinas Kesehatan yang saat ini bertugas sebagai Juru Bicara (jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Banten.

“Mulai Rabu (25/3/2020) RSUD Banten sudah operasional seluruhnya untuk pasien Covid-19. Selama wabah corona berlangsung, RSUD Banten tidak lagi menerima pasien umum. Seluruh kamar dengan jumlah tempat tidur (bed) 250 buah akan digunakan untuk pasien Covid-19). Ini berlaku untuk tiga bulan ke depan,” ujar Ati.

Ati mengatakan, kalau ada pasien Covid-19 yang kesulitan dapat RS rujukan, bisa langsung ditampung di RSUD Banten. “Untuk saat ini baru ada lima RS rujukan yaitu RSUD Tangerang, RS Siloam, RS Drajat Prawiranegara (RSDP) Kabupaten Serang, RSUD Banten dan RSUD Cilegon,” katanya.

Sementara untuk pasien yang saat ini sedang menjalani perawatan di RSUD Banten akan dipindahkan ke sejumlah RS terdekat. “Saat ini RSUD Banten tengah melakukan perjanjian dengan RS baik milik pemerintah maupun swasta. Nanti pasien dipindahkan, misalkan ke RSUD Kota Serang dan rumah sakit lainnya. Sekarang kami sedang melakukan perjanjian kerja terkait peralihan pasien. Dan alhamdulillah seluruh rumah sakit juga mendukung,” ujarnya.

Baca Juga:  Teknologi Baru Lawan Covid-19
Advertisement

Popular