Connect with us

Sosial-Budaya

Sarjana Teknik Pertambangan Lebih Memilih Bertani

Published

on

Duta Petani Milenial dari Kabupaten Sarmi, Onesia Filep Tiris saat menjadi pemateri pemateri Podcast Milenial Talk Seri 2: Optimalisasi Peran Petani Milenial, Festival Petani Milenial, Selasa (26/10). (Foto: Istimewa)

SERIKATNEWS.COM – Onesia Filep Tiris, Duta Petani Milenial dari Kabupaten Sarmi mengatakan bahwa dirinya melalui tujuh proses tahapan seleksi yang cukup ketat, salah satunya ada bentuk usaha yang dikembangkan.

“Memang kami harus buktikan dengan hasil kerja kami di lapangan. Usaha apa yang saya kembangkan dan geluti bergerak di dua sektor pertama pertanian, saya kembangkan cabe rawit. Kemudian peternakan, saya melihat dunia peternakan cukup menjanjikan,” kata Onesia Filep Tiris.

Hal ini disampaikan One pada Festival Petani Milenial dengan tajuk “Optimalisasi Peran Petani Milenial”, dalam Seri #2 Podcast Milenial Talk yang diselenggarakan oleh The Asia Foundation (TAF) dan Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK) pada Selasa (26/10).

Sebagai lulusan pertambangan yang beralih fokus mengelola pertanian, bagi One bukanlah sesuatu yang susah. Ia mengaku setelah menyelesaikan studi dan pulang ke kampung, dirinya melihat banyak ladang yang tidak dimanfaatkan.

Hal itu yang memotivasi dirinya untuk mencoba menekuni pertanian. “Saya punya lahan, kalau tidak diolah tinggal-tinggal saja, tidak ada sesuatu. Kemudian saya kelola tanah itu. Yang kedua, tidak perlu saya cari kerja, cukup saya kerja di pertanian saya fokus untuk bekerja untuk diri saya sendiri,” terangnya.

Dengan terus fokus dan memanfaatkan perkembangan teknologi dirinya terus belajar sehingga mampu mengelola pertanian dengan baik. “Mulai dari pembibitan, panen, hingga pasca panen. Sekarang sudah canggih untuk belajar,” tutur One.

One juga mengungkap, dengan menekuni beberapa pertanian dan peternakan tersebut dirinya berharap dapat memutus tengkulak yang harganya tidak memihak kepada warga Papua, khususnya Kabupaten Sarmi.

Setelah dinobatkan menjadi duta petani, One tidak sebatas sebagai pelaku, namun dirinya juga bergerak memberikan motivasi kepada generasi milenial untuk menekuni dan mengambil peluang di dunia pertanian yang cukup menjanjikan untuk ekonomi dan kehidupan.

Baca Juga:  Kemenag Dorong Kegiatan Hari Santri Diselenggarakan Secara Virtual

“Saya sering menggunakan Facebook saya menyampaikan kepada teman-teman jangan pernah gengsi, jika lahan di sekitar rumah kita ada dan luas apa salahnya bertani. Percuma kalau kita melihat lahan luas, tapi kalau tidak diolah, sayang, siapa nanti yang akan olah,” ujarnya.

Lebih lanjut, One berharap dengan adanya duta petani milenial di daerah-daerah, Pemprov dan Pemda serta dina-dinas terkait membuka diri membangun kolaborasi untuk meningkatkan program-program pertanian.

“Untuk memotivasi anak-anak muda buat apa susah-susah cari pekerjaan, yang pekerjaan sebenarnya ada di  depan mata. Seperti bertani, berkebun dan beternak,” tukasnya. (*)

Advertisement

Terkini

Olahraga3 jam ago

PSG Siap Naikkan Gaji Kylian Mbappe

SERIKATNEWS.COM – PSG terus berupaya meyakinkan Kylian Mbappe agar tidak pindah klub. Agar sang pemain bertahan, klub Ligue 1 siap memberikan...

News4 jam ago

Makin Mudah dan Cepat, Pengaduan Layanan Kelistrikan Lewat PLN Mobile

SERIKATNEWS.COM- PT PLN (Persero) memberikan kemudahan akses bagi pelanggan untuk menyampaikan pengaduan layanan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact...

Olahraga4 jam ago

Penyebab Jadon Sancho Kurang Gacor di MU Menurut Ralf Rangnick

SERIKATNEWS.COM – Manchester United melakukan sebuah transfer besar musim panas kemarin. Klub yang bermarkas di Old Trafford itu membayar sekitar...

News4 jam ago

Operasikan SPKLU Kedua di Palembang, PLN Dukung Pemprov Sumsel Wujudkan Program KBLBB

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) menambah satu unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) Demang Lebar Daun di Palembang. Ini merupakan...

News4 jam ago

Kader Gerindra Lombok Utara Tersangka Korupsi, PP Lokra Tagih Komitmen Prabowo Berantas Korupsi

SERIKATNEWS.COM – Koordinator Nasional Persatuan Pemuda Lombok-Jakarta (Koornas PP Lokra) tagih komitmen Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo...

News6 jam ago

Komitmen Pemerintah Tingkatkan Kesetaraan Gender di Dunia Kerja

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah kembali memastikan bahwa ke depan akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di dunia...

News9 jam ago

Lukisan NFT Karya Ridwan Kamil Laku Rp45,5 Juta

SERIKATNEWS.COM – Lukisan NFT (Non-Fungible Token) karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil laku Rp45,5 juta dalam marketplace NFT, Open Sea....

Populer

%d blogger menyukai ini: