Connect with us

News

Terminal Baru Bandara Minangkabau Dioperasikan Awal 2020

Published

on

SERIKATNEWS.COM – Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan terminal baru di Bandara Internasional Minangkabau akan beroperasi pada awal tahun 2020, tepatnya bulan Februari mendatang.

“Untuk soft openingnya pada Februari 2020, saat ini proses pekerjaan sudah mencapai sekitar 60 persen,” kata Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di Padang Pariaman, Sabtu (30/11/2019).

Menurut Awaluddin, terminal baru dan terminal lama akan terhubung sehingga juga dilakukan desain ulang tata letak gedung terminal guna menjamin kelancaran alur keberangkatan dan kedatangan penumpang di rute domestik mau pun internasional.

Setelah terminal baru dan terminal lama terhubung, kata Awaluddin, maka Bandara Internasional Minangkabau memiliki kapasitas 5,7 juta penumpang pesawat setiap tahun, atau meningkat signifikan dibandingkan dengan saat ini hanya 2,2 juta penumpang per tahun.

Ia menyampaikan bahwa pada bulan September 2020 akan siap beroperasi penuh dan juga dilakukan revitalisasi terhadap terminal lama.

Awaluddin menyebutkan jumlah penumpang pesawat udara pada 2018 sudah mencapai sekitar 4,2 juta orang, sementara daya tampung hanya sekitar 2,2 juta orang per tahun.

Pihaknya berharap dengan adanya terminal baru yang membuat kapasitas menjadi 5,7 juta orang per tahun maka standar pelayanan dan kenyamanan penerbangan kepada penumpang bisa meningkat, kata dia.

Selain membangun terminal baru, PT Angkasa Pura II juga telah menyelesaikan 100 persen pengembangan apron. Apron diperluas menjadi 92.250 meter persegi sehingga memiliki 15 area parkir pesawat, dibandingkan sebelumnya hanya 8 area parkir.

“Parkir pesawat saat ini dapat mengakomodasi pesawat berbadan sedang seperti Boeing 737 dan Airbus 320, hingga pesawat berbadan lebar (wide body) seperti Boeing 747, Boeing 777, serta Airbus A330,” katanya.

Baca Juga:  Pengurus PKS Ditangkap Polda Kalteng

Ia menambahkan melalui pembangunan terminal baru dan perluasan apron, Bandara Internasional Minangkabau akan semakin optimal dalam mendukung Padang, dan Sumatera Barat, sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia.

“Penerbangan internasional dari dan ke Padang setiap tahunnya terus meningkat, termasuk pada tahun ini. Kami berupaya agar pada tahun depan konektivitas rute internasional semakin meningkat selain rute domestik,” ujarnya.

Pada semester I 2019 tercatat jumlah penumpang di rute internasional tercatat mencapai 166.209 orang atau meningkat 24,26 persen dibandingkan dengan Semester II 2018. Penerbangan internasional haji dan umrah juga meningkat sejalan dengan penggunaan pesawat berbadan lebar oleh maskapai.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Hukum3 jam ago

Pemerintah Kecam Pembentukan Pemerintah Sementara Republik Papua Barat

SERIKATNEWS.COM – Tepat pada 1 Desember Organisasi Papua Merdeka (OPM) merayakan hari Ulang Tahunnya.Bersamaan dengan hal itu United Liberation Movement...

Ekonomi3 jam ago

Bertolak ke Papua Barat, Wamendes Ajak Masyarakat Desa Bangkit Bersama

SERIKATNEWS.COM – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Budi Arie Setiadi melanjutkan kunjungan kerja keliling Nusantara. Wamendes...

Olahraga12 jam ago

Link Live Streaming Manchester United Vs PSG

SERIKATNEWS.COM – Liga Champions kali ini menyajikan laga antara Manchester United dan Paris Saint-Germain ( PSG). Duel kedua klub digelar...

News16 jam ago

BNPB Gunung Semeru Siapkan Tempat Pengungsian Warga

SERIKATNEWS.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengimbau kepada warga yang pemukimannya tidak jauh dari Gunung Semeru untuk tidak melakukan aktivitas...

News16 jam ago

Deformasi Gunung Merapi Ada 6 Periode

SERIKATNEWS.COM – Sumber tekanan magma di Gunung Merapi Yogyakarta, saat ini berada pada kedalaman 1,3 kilometer di bawah puncak. Hal itu...

Pendidikan17 jam ago

Butuh Protokol Tambahan untuk Sekolah Tatap Muka

SERIKATNEWS.COM – Epidemiolog UGM Bayu Satria Wiratama mengatakan bahwa keputusan untuk memulai pembelajaran tatap muka di sekolah perlu melibatkan sejumlah...

News21 jam ago

Tak Hadir Saat Dipanggil Penyidik, HRS Muncul di Reuni 212 dan Minta Maaf

SERIKATNEWS.COM – Reuni 212 digelar secara virtual dengan dihadiri oleh puluhan tokoh, baik dari tokoh agama, nasional dan aktivis, Rabu...

Populer

%d blogger menyukai ini: