Connect with us

News

Tim Medis Screening WNI dari Wuhan

Published

on

Pemerintah telah membawa pulang Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan. Saat ini, pesawat yang membawa sebanyak 243 WNI telah lepas landas
Foto: KBRI Beijing

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah telah membawa pulang Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan. Saat ini, pesawat yang membawa sebanyak 243 WNI telah lepas landas menggunakan pesawat TNI AU dari Bandara Hang Nadim, Kepulauan Batam.

Tiba di Natuna, Kepulauan Riau, mereka langsung mendapatkan tindakan pengecekan (screening) dari tim medis. Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto mengatakan bahwa proses screening tersebut meliputi suhu tubuh, dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

“Yang dicek pertama keluhan panas, tidak enak badan, tidak ada yang bermasalah. Lalu, akan kembali ditanyakan ada yang sakit tidak,” kata Achmad Yurianto, dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (2/2/2020).

Achmad mengatakan, sebanyak 243 WNI yang datang terdiri dari 240 orang dewasa dan tiga lainnya adalah anak-anak. Dia juga menjelaskan bahwa 12 tim medis memantau perjalanan WNI tersebut dari Wuhan hingga ke Batam untuk memastikan selama perjalanan para WNI dalam kondisi sehat.

Nantinya, WNI yang pulang dari Wuhan itu akan menjalani proses observasi di Natuna selama kurang lebih 14 hari. Selama proses observasi, komukasi hanya bisa dilakukan via telepon. Dalam artian, akses kontak fisik WNI masih dibatasi.

“Tapi kami memberikan akses komunikasi sebebas-bebasnya, komunikasi dilakukan via telepon tidak ada kontak fisik,” katanya.

Baca Juga:  PROJO Arab Saudi Dukung Jokowi 2 Periode
Advertisement

Popular