Connect with us

Sosial

Wamendes Bersyukur Desa Berhasil Memutus Penyebaran Covid-19

Published

on

© Serikat News

SERIKATNEWS.COM – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi sangat bersyukur dan berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang mengurungkan niatnya untuk mudik, guna mendukung pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Karena dengan mengurangi arus mudik di tahun ini, puji syukur desa terlindungi dari pandemi Covid-19,” ujar Budi Arie dalam webinar yang diadakan oleh Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI), dengan tajuk Strategi dan Tantangan Penerapan New Normal di Daerah, Jumat (5/6/2020).

Budi Arie menuturkan, dari data sekitar 27 ribu kasus di Indonesia saat ini, pedesaan terkonfirmasi sekitar 600-700 kasus positif Covid-19, selebihnya ada di kota. Data tersebut menunjukkan keberhasilan gotong-royong masyarakat Indonesia dalam memutus penyebaran Covid-19 ke desa-desa.

“Sekitar 2-3 persen, karena itu saya sangat berterima kasih, desa terlindungi dari wabah ini. Semua karena kesadaran warga desa dan masyarakat desa mau bergotong royong serta memiliki kesadaran disiplin tinggi untuk melindungi desanya dari Covid-19. Salah satunya dengan menunda pulang ke kampung halamannya, sehingga arus mudik turun signifikan,” jelasnya.

Menurutnya, pandemi Covid-19 memiliki konsekuensi perubahan atas kehidupan ekonomi politik dan sosial budaya kita, yang disebut New Normal. Normal baru tersebut memiliki tujuan supaya kehidupan kita lebih produktif dan disiplin dalam menjaga kesehatan serta lebih memberikan nilai tambah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Walaupun hingga saat ini kata-kata itu (new normal), terus terang, masih belum tersosialisasi secara baik dan belum dimengerti secara utuh oleh masyarakat, khususnya masyarakat desa. Maka kita memikirkan bagaimana cara paling mudah untuk mensosialisasikan sehingga masyarakat desa bisa mengerti mengenai new normal,” ungkap Budi.

Advertisement

Popular