Connect with us

News

3.730 Lansia Aceh Telah Terima Vaksinasi Covid-19

Published

on

Kementerian Kesehatan tetap melangsungkan vaksinasi COVID-19 untuk tahap pertama dan kedua pada bulan Ramadhan (Foto: Antara)

SERIKATNEWS.COM – Sebanyak 3.730 orang lanjut usia (lansia) di Aceh telah menjalani vaksinasi Covid-19. Hal ini dilakukan dalam upaya mendapatkan kekebalan kelompok dari serangan virus corona baru.

“Lansia Aceh yang telah divaksin dosis pertama sebanyak 3.730 orang atau 0,9 persen dari total target yang mencapai 435.651 orang,” kata Juru Bicara Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, seperti dikutip dari Antara, Minggu 09 Mei 2021.

Sementara lansia yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua, baru sekitar 2.363 orang. Realisasi vaksinasi kelompok ini masih sangat jauh dari target sehingga lansia daerah Tanah Rencong itu diminta tidak takut vaksinasi guna membentuk kekebalan tubuh.

Saifullah meminta setiap warga untuk mendorong anggota keluarganya melakukan vaksinasi Covid-19 di pusat-pusat pelayanan kesehatan terdekat, seperti Puskesmas dan Puskesmas Pembantu yang menyelenggarakan vaksinasi Covid-19.

“Lansia yang kesulitan mengakses tempat-tempat pelayanan vaksinasi Covid hendaknya dibantu dan dimudahkan agar tidak ada lansia yang hanya mendapatkan suntikan dosis pertama, tapi gagal mendapat dosis kedua,” imbuhnya.

Kemudian, dikatakan juga bahwa masyarakat Aceh tidak perlu khawatir menyangkut keamanan, khasiat dan kehalalan vaksin. Sebab telah dijamin halal oleh Majelsi Ulama Indonesia (MUI) sekaligus diperkuat dengan taushiyah Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh.

“Yang perlu dikhawatirkan justru jika ada anggota keluarganya yang dianjurkan vaksinasi COVID-19 tapi menghindar, sebab sikap mangkir vaksinasi itu menghambat terbentuknya imunitas kelompok di Aceh,” imbuhnya lagi.

Selain vaksinasi terhadap lansia, Pemerintah Aceh juga terus melakukan penyuntikan vaksin bagi tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik dan calon jamaah haji (CJH) Embarkasi Aceh.

Tenaga kesehatan yang telah menjalani vaksinasi dosis pertama sebanyak 55.020 orang atau 97,4 persen dari target 56.470 orang. Sedangkan tenaga kesehatan yang telah vaksinasi dosis kedua mencapai 52.382 orang.

Baca Juga:  Tahun 2019 Tanah Di Bali Sudah Sepenuhnya Bersertifikat

Sementara petugas pelayanan publik yang telah vaksinasi dosis pertama sebanyak 58.788 orang atau sekitar 12,3 persen dari sasaran pemerintah yang mencapai 478.489 orang. Dari jumlah itu, petugas publik yang sudah divaksin dosis kedua sebanyak 43.799 orang.

Selanjutnya, vaksinasi untuk kelompok berisiko lainnya yakni CJH Aceh tahun 2021 telah mencapai 3.800 orang yang menerima suntikan vaksin dosis pertama. Sedangkan yang telah disuntik dosis kedua sebanyak 2.697 orang. Untuk kuota haji Aceh pada tahun ini sebanyak 4.187 orang.

“Vaksinasi Covid-19 di Aceh harus didorong oleh semua pihak agar proses terbentuknya kekebalan kelompok cepat tercapai, dan penyebaran virus corona dapat dikendalikan,” tukasnya. (*)

Advertisement

Terkini

Sosial-Budaya19 hours ago

Polri Bekerja Sama Paguyuban Trevista Ciputat Berikan Vaksin dan Baksos

SERIKATNEWS.COM – Ratusan warga Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat Tangerang Selatan mendapatkan vaksin gratis, yang diselenggarakan Akmil 91 Polri bekerja sama...

News19 hours ago

Tak Hanya Pelayanan Kelistrikan, PLN Turut Kembangkan Pertanian

SERIKATNEWS.COM – PLN Unit Induk Daerah (UID) Lampung melalui PLN Peduli turut mengembangkan pertanian di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Jatiagung,...

News19 hours ago

Luncurkan e-Procurement Academy, PLN Pimpin Transformasi Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan BUMN

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) secara konsisten melanjutkan transformasi sejak gagasan ini dirilis pada April 2020 tahun lalu. Salah satu...

News21 hours ago

PLN Operasikan Tol Listrik Flores Rp1,1 Triliun, Sambungkan Labuan Bajo hingga Maumere

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) mempertegas komitmennya untuk memperkuat keandalan listrik dan meningkatkan rasio elektrifikasi di wilayah Indonesia Timur. Kali...

Sosial-Budaya23 hours ago

Pelaku Usaha Salurkan 25 Ribu Paket Sembako untuk Warga Terdampak COVID-19

SERIKATNEWS.COM – Pelaku usaha toko ritel modern menyalurkan bantuan bagi warga Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang terdampak pandemi COVID-19. Wakil...

Politik1 day ago

Arah Baru Pembangunan Desa: Terwujudnya Desa Peduli Anak

SERIKATNEWS.COM – Perkembangan anak merupakan ukuran kemajuan sebuah masyarakat yang paling presisi. Hal tersebut disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

Olahraga2 days ago

Honda Persiapkan Diri Jadi yang Terbaik di F1 Grand Prix Hungaria

SERIKATNEWS.COM – Tim balap Honda kembali bersiap diri untuk melakukan balapan F1 Grand Prix Hungaria. Ajang ini akan diselenggarakan di...

Populer

%d bloggers like this: