Connect with us

Potret

Basiri Hasilkan Omset Belasan Juta per Bulan dari Budidaya Lele dan Padi Hidroganik

Published

on

Basiri saat menunjukkan budidaya magot yang digunakan untuk makan lele. (Foto: Imron/Serikat News).

SERIKATNEWS.COM – Pandemi Covid-19 mengakibatkan ekonomi masyarakat banyak yang lesu. Namun, tidak bagi Basiri. Warga Desa Kanigoro, Pagelaran, Malang, itu punya inovasi kreatif untuk bertahan di tengah pandemi, yakni dengan budidaya tanaman padi hidroganik.

Padi hidroganik yang dibudidayakan oleh Basiri ini sama dengan padi pada umumnya. Yang membedakan hanya terletak pada konsep pengembangannya. Basiri tidak menggunakan pupuk kimia dalam menanam padinya itu, tetapi menggunakan pupuk organik.

Bahkan, di bawah tanamannya ia juga membudidayakan lele. Padi yang ditanam Basiri mayoritas bukan di lahan tanah. Dia menanam padi di pot dengan botol plastik lalu diletakkan di atas instalasi paralon.

“Airnya kita alirkan melalui paralon yang dipompa dari kolam lele, sehingga satu kolam juga bisa menghidupi padi sekaligus lele,” ujar Basiri.

Padi yang ditanam di pot dengan botol plastik lalu diletakkan di atas instalasi paralon. (Foto: Imron/Serikat News)

Ada 15 unit instalasi paralon sekaligus kolam lele yang dimiliki bapak dari 3 anak itu. Sedangkan jumlah lele yang berada di masing-masing kolam tersebut mencapai kurang lebih 20 ribu ekor.

“Kalau padi ini panennya 3-4 bulan. Kalau lelenya sekitar 2 minggu sekali sudah panen,” tuturnya. Dalam setiap panen padi, Basiri bisa mendapat 400 kilogram beras.

“Harganya per kilogram rata-rata saya jual mencapai Rp 20ribu. Jadi kalau 400 kilogram, rata-rata omset yang kami dapatkan mencapai Rp8 juta,” ujarnya.

Sedangkan lelenya dalam sekali panen, Basiri mampu menjual sebanyak 1 ton per bulan. “Kalau ditotal dengan harga lele sekarang senilai Rp16 ribu, berarti omset yang didapatkan senilai Rp16 juta per bulan,” tuturnya.

Sementara itu, risiko yang kemungkinan terjadi dalam dua unit budidaya itu cukup minim. Sebab, untuk risiko tanaman padi yang dikhawatirkan hanya gagal panen akibat cuaca. Sedangkan untuk lele risikonya hanya ada di penyakit.

Baca Juga:  Sekretaris SMSI Provinsi Riau Wafat, Seluruh Warga SMSI Duka Mendalam

“Kalau risiko padi kami tidak bisa mengelak karena tergantung cuaca. Tapi itu jarang. Kalau lele bisa diatasi asal kita rajin memperhatikan ikan lele kita jika mengalami sakit. Maka segera diobati,” ujarnya.

Cara pengobatannya pun, menurut pria dari 6 saudara itu cukup mudah, yakni tinggal memberi obat antibiotik selama 2 hari. “Biasanya sudah sembuh,” singkatnya.

Berdasarkan pengalaman budidaya yang dilakukan itu, Basiri membagikan tips untuk masyarakat yang juga ingin mengembangkan. “Tinggal kemauan. Siapkan instalasi paralon untuk tempat padi, lalu di aliri air dari kolam lele menggunakan pompa aquarium. Kolamnya pun tidak perlu mengganti air setiap hari. Sebab kotoran yang ada di air akan hilang dan tersaring dengan sendirinya ketika dialirkan ke padi,” tukas Basiri. (Imron)

Advertisement
Advertisement

Terkini

News41 menit ago

Moeldoko Lantik DPP HKTI 2020-2025, Tegaskan 4 Hal Peran HKTI

SERIKATNEWS.COM – Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal (Purn) Dr Moeldoko melantik kepengurusan Dewan...

Hukum2 jam ago

Setelah Menjalani Pemeriksaan, Ambroncius Nababan Ditahan

SERIKATNEWS.COM – Ambroncius Nababan resmi ditahan setelah dilakukan pemerikasaan di Bareskrim Polri. Penahanan tersebut atas dugaan ujaran rasisme atau SARA...

Hukum22 jam ago

Penyidik Bareskrim Polri Menjemput Ambroncius Nababan Terkait Tindakan Rasial

SERIKATNEWS.COM – Ditetapkan menjadi tersangka atas tindakan rasial kepada Natalius Pigai, Ketua Umum Relawan Pro Jokowi-Amin (Projamin) Ambroncius Nababan dijemput...

Lifestyle1 hari ago

Fakta Unik 4 Pemeran Utama Drama Korea “True Beauty”

SERIKATNEWS.COM – Saat ini Korea Selatan sedang mencuri perhatian publik dengan adanya series televisi “True Beauty” yang dibintangi oleh Moon...

Lifestyle2 hari ago

Empat Drama yang Pernah Dibintangi Song Yoo Jung

SERIKATNEWS.COM – Aktris Song Yoo Jung meninggal dunia, Senin (25/1/2021). Dia dikabarkan meninggal karena bunuh diri. Song Yoo Jung di...

Ekonomi2 hari ago

Brand Ekonomi Syariah, Upaya Peningkatan Literasi Ekonomi Syariah bagi Masyarakat

SERIKATNEWS.COM- Potensi pengembangan ekonomi syariah di Indonesia sangatlah besar. Masih banyak ruang di sektor tersebut yang dapat terus dioptimalkan. Namun,...

News2 hari ago

Luhut Binsar Panjaitan Terpilih Sebagai PB PASI periode 2021-2025

SERIKATNEWS.COM – Sempat menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, kini Luhut Binsar Pandjaitan terpilih sebagai ketua Pengurus Besar...

Populer

%d blogger menyukai ini: