Connect with us

Ekonomi-Politik

BI Klaim Rupiah Mulai Bergerak Stabil

Published

on

Ilustrasi: Net

SERIKATNEWS.COM – Pergerakan mata uang rupiah terhadap dolar AS kembali stabil setelah sebelumnya bergerak melemah dalam dua minggu terakhir.

“Perkembangan pada hari ini cukup stabil, kami juga melihat permintaan dan penawaran berjalan baik,” demikian Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan dalam jumpa pers melalui layanan streaming di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Perry menjelaskan bahwa salah satu pemicu stabilisasi rupiah pada Selasa (24/3/2020), karena adanya eksportir beramai-ramai yang menukarkan dolar AS di pasar valas.

“Terima kasih kepada eksportir yang sudah memasok dolar ke pasar valas sehingga hari ini nilai tukar bergerak stabil di pasar valas,” ucap Perry.

Selain itu, pihaknya memastikan otoritas moneter akan terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai dengan fundamental dan bekerja sesuai mekanisme pasar.

Menurutnya, Bank Indonesia juga terus meningkatkan intensitas stabilisasi di pasar Domestic Non-Delivery Forward (DNDF), pasar spot, dan pembelian Surat Berharga Negara (SBN) dari pasar sekunder.

“Jumlah cadangan devisa lebih dari cukup untuk stabilisasi nilai tukar rupiah dan kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintah dan OJK,” ujarnya.

“Bank sentral akan terus memantau penanganan Covid-19 di berbagai negara maju maupun berkembang dan dampaknya kepada pergerakan ekonomi global,” tambahnya lagi.

Sebagai tambahan informasi, sebelumnya Bank Indonesia sudah menginjeksi sebanyak Rp300 triliun untuk menjaga pergerakan rupiah terhadap dolar AS sejak awal tahun 2020 ini.

Baca Juga:  Budi Arie Setiadi Nilai Pidato Jokowi di Konvensi Rakyat Sarat Semangat Baru
Advertisement

Popular