Connect with us

News

Eceng Gondok Diubah Jadi Tisu, Siswi SMA Athirah Ikuti Kejuaraan Sains di Korsel

Published

on

Foto: Bisnis.com

SERIKATNEWS.COM – Tiga pelajar SMA Islam Athirah Makassar akan mewakili Sulsel pada ajang International Sains Innovation Expo (ISIE) di Korea Selatan. Mereka sebelumnya berhasil mengubah eceng gondok menjadi tisu.

Eceng gondok sering dianggap sebagai gulma yang dapat merusak ekosistem perairan, namun Sitti Rahma Rahim, Nurnabilla Syfadewi Attaya, dan Nawwarah Liyana Zafira Aminanti berhasil membuktikan bahwa tumbuhan air tersebut bisa diolah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

“Sebagai tumbuhan air eceng gondok tidak banyak dimanfaatkan masyarakat. Bahkan biasanya dianggap menganggu ketika tumbuh di danau atau kolam. Sering menyumbat aliran air,” kata Rahmah, Minggu (16/2/2020) kemarin.

Melihat hal itu, ide untuk membuat tisu dari eceng gondok kemudian lahir. Harapannya, jika penemuan itu berhasil maka penebangan pohon yang notabene merupakan bahan dasar pembuatan tisu bisa berkurang.

Rahma dan kedua temannya berbekal referensi di internet. Mereka mulai merumuskan langkah-langkah yang dilakukan untuk memproduksi tisu dari eceng gondok. Menurut pemaparan Rahma, butuh waktu selama tiga pekan dalam proses pembuatannya.

“Kami bekerja selama tiga minggu, mulai dari pengambilan eceng gondok di danau. Lalu masa pengeringan yang dimulai sejak pagi, pembersihan, hingga proses kimia menuju pembuatan tisu,” tutur Rahmah.

Menurutnya, untuk menghasilkan 15 lembar tisu dibutuhkan 20 gram eceng gondok. Jumlah tersebut setara dengan 8 batang eceng gondok pertumbuhannya mampu mengganggu bahkan mengurangi jumlah oksigen dalam air.

Sebelumnya, penemuan eceng gondok menjadi tisu juga telah membawa Rahmah bersama rekannya menjadi juara dua pada lomba Karya Ilmiah Hayati di Bandung beberapa waktu lalu. Mereka berharap kemenangan itu kembali menghampiri pada ajang ISIE di Korsel.

“Kami berharap terus mendapar dukungan, termasuk dari pemerintah. Agar kami mampu memperbaiki kualitas lembar demi lembar tisu yang akan diikutkan lomba di Korea Selatan nanti,” harapnya.

Advertisement

Popular