Ekspedisi Kapsul Waktu ‘Cikal Bakal’ Relawan Teman Jokowi

91

SERIKATNEWS.COM– Presiden Jokowi meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke yang sekarang juga sering disebut Monumen Avenger karena bentuknya mirip logo persatuan para Superhero itu jika dilihat dari atas. Monumen Kapsul Waktu rancangan arsitek Yori Antar yang diresmikan Presiden itu adalah bagian akhir dari sebuah kegiatan bertajuk Ekspedisi Kapsul Waktu, Gerakan Ayo Kerja 2015. Hari ini (Jumat, 16/11/18

Pada awal tahun 2015, Presiden Jokowi meluncurkan Gerakan Nasional Ayo Kerja dari titik paling barat Indonesia di Kilometer Nol, Kota Sabang, Aceh, untuk menekankan pentingnya kerja keras secara total sebagai optimalisasi potensi bangsa.

Anak muda kreatif Indonesia sebagai bagian dari social society menyambut gerakan ini dengan menyelenggarakan Ekspedisi Kapsul Waktu, yang merupakan gagasan unik pertama sepanjang sejarah Indonesia untuk mengumpulkan impian masyarakat dari setiap propinsi di Indonesia. Impian tersebut merupakan langkah awal sebagai motivasi untuk bekerja.

Menurut penggagas Ekspedisi Kapsul Waktu, Abdee Negara, impian adalah elemen penting dalam kehidupan kita.

“Agar bisa bekerja dengan semangat tinggi, kita harus memiliki impian yang dikejar. Ekspedisi ini memiliki misi mengumpulkan dan merajut impian seluruh bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan menyatukannya sehingga kita memiliki impian bersama yang menjadi penyemangat generasi muda Indonesia untuk bekerja berjuang mengejar impiannya yaitu Impian Indonesia,” kata Abdee Negara saat peluncuran kegiatan ini di tahun 2015.

Setelah menempuh 24.089 km melewati 34 propinsi dari Aceh hingga Papua, tim ekspedisi telah menerima 238 butir impian anak-anak Indonesia dari seluruh Indonesia yang kemudian dirangkum dalam 7 impian besar bangsa Indonesia yang ditulis tangan oleh Presiden. Impian dari Presiden ini bersama-sama impian anak Indonesia dari 34 propinsi disimpan dalam monumen Kapsul Waktu Impian Indonesia 2015-2085.

Baca Juga:  Peserta Kongres PMII Keluhkan Fasilitas Toilet

Kapsul Waktu Impian Indonesia ini diharapkan juga menginsiprasi setiap individu dan keluarga Indonesia untuk menggantungkan cita-citanya setinggi langit demi kesejahteraan rakyat dan kejayaan bangsa.

Lantas apa hubungannya dengan Relawan Teman Jokowi? Anggota tim Ekspedisi Kapsul Waktu 2015 baik dari Panitia Nasional (Panas) maupun Panitia Daerah (Panda) punya keterikatan satu sama lain walaupun kegiatan Gerakan Ayo Kerja sudah berakhir sehingga mereka masih sering berkumpul dan berkomunikasi.

Walaupun bukan secara resmi sebagai transformasi dari anggota Ekspedisi Kapsul Waktu namun Relawan Teman Jokowi menjadi organisasi tempat berekspresi beberapa mantan anggota ekspedisi dalam mendukung Jokowi.

Nama-nama anggota Gerakan Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka disingkat G70 yang tergabung dalam Relawan Teman Jokowi adalah
Ulin Yusron, Premita Fifi, Jerry Justianto (penasehat TJ, Panitia Nasional G70), Andre Opa Sumual (Ketua Umum TJ, Panitia Nasional G70), Viddy Supit (Wasekjen TJ, Panitia Nasional G70), Samsul B Ibrahim (Waketum TJ, Ketua G70 Aceh), Setiabudi ‘Buddy Ace’ (Sekjen TJ, Ketua G70 Sulteng), Gus Imron (Dewan Pakar TJ, Ketua G70 Banten), Datuk Hendri (Ketua TJ Sumbar, Ketua G70 Sumbar), Darwis Nasution (Korwil Barat TJ, Ketua G70 Sumut), Allan Berty Lumempouw (Korwil Timur TJ, anggota G70 Sulut), Toni Dima (Ketua TJ NTT, anggota G70 NTT), Robby (Ketua TJ Kaltim, Ketua G70 Kaltim), Meyvi Lumangkun (anggota G70 Sulut), Niegy Moniaga (anggota G70 Pusat)

“Ekspedisi Kapsul Waktu adalah momentum dimana sebagian dari kami bertemu, bekerja bersama, berteman, bahkan menjadi saudara. Kami melebur diri dalam satu komunitas. Rasa persaudaraan ini mengantar kami mendirikan Relawan Teman Jokowi,” kata Andre Opa Sumual, Ketua Umum Relawan Teman Jokowi.

Selamat atas diresmikannya Monumen Kapsul Waktu di Merauke oleh Presiden Jokowi. Kami semua yang terlibat dalam Ekspedisi Kapsul Waktu 2015… bangga!!!