Connect with us

Politik

Gus Menteri Resmikan Wahana Wisata D’LAS

Published

on

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar yang akrab disapa Gus Menteri secara langsung meresmikan Desa Wisata Lembah Asri Serang (D’LAS), Selasa (10/3/2020). (Foto: Matin/Kemendes PDTT)

SERIKATNEWS.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar didampingi Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Taufik Madjid dan Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Samsul Widodo meresmikan Lomba BUMDes se-Indonesia.

Lomba ini diresmikan Gus Menteri, sapaan akrabnya, saat kunjungan kerjanya ke Desa Wisata Lembah Asri Serang (D’LAS) di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah pada Selasa (10/3/2020).

Gus Menteri mengatakan Lomba BUMDes se-Indonesia bertujuan untuk meningkatkan semangat, kreativitas juga untuk mengapresiasi BUMDes-BUMDes di seluruh Indonesia.

“Dengan adanya lomba BUMDes ini, harapannya para BUMDes-BUMDes bisa lebih semangat dan bisa lebih meningkatkan kreativitas. Akan ada hadiah total Rp4 Miliar untuk diperebutkan BUMDes-BUMDes se-Indonesia,” ujar Gus Menteri.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Gus Menteri juga meresmikan wahana-wahana baru di kompleks wisata D’LAS. Wahana baru yang diresmikan adalah Kolam Renang D’LAS dan Green House Stroberi D’LAS.

Selain meresmikan dua wahana tersebut, Gus Menteri juga meresmikan Cottage D’LAS, Meeting Room D’LAS dan Cottage D’LAS. Tak lupa, Gus Menteri mengapresiasi wisata yang dikelola oleh badan usaha milik desa (BUMDes).

Menurut Gus Menteri, adanya desa wisata akan mendongkrak pendapatan dari sektor badan usaha milik desa (BUMDes). Ia kemudian mengatakan, agar wisata bisa bersaing dan berkembang pengelolaannya harus melihat potensi desa.

“Wisata merupakan aset desa. Jika wisata dikelola dengan memanfaatkan potensi desa, maka wisata itu akan bisa bersaing dan berkembang,” katanya.

Selain dihadiri Gus Menteri, acara launching lomba BUMDes dan peresmian tersebut juga dihadiri oleh Bupati Purbalingga Dyah H. Pratiwi, Forkopimda, seluruh kepala desa dan pendamping desa se-kabupaten Purbalingga serta masyarakat desa Serang.

Baca Juga:  Ketua OJK: Indonesia Jadi Negara Percontohan Perkembangan Fintech

Di hadapan bupati, kepala desa, pendamping desa dan masyarakat yang hadir, Gus Menteri mengatakan bahwa Purbalingga merupakan satu-satunya daerah di Jawa Tengah yang dinominasikan untuk dikunjungi Presiden Joko Widodo.

“Setelah saya kunjungan langsung ke Purbalingga saya akan menominasikan Purbalingga menjadi satu-satunya daerah di Jawa Tengah yang akan dikunjungi Presiden. Mudah-mudahan disetujui,” pungkas Gus Menteri.

Sebagai tambahan informasi, launching dan peresmian wahana ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Mendes PDTT. Setelah dari desa wisata D’LAS, Gus Menteri akan menuju ke Desa Digital yang bertempat di Desa-desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar.

Gus Menteri juga dijadwalkan mengunjungi kampung Marketer di Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Jawa Tengah.

Advertisement

Terkini

News9 jam ago

99 Pegawai Pinjol Ilegal Diamankan Polda Metro Jaya

SERIKATNEWS.COM – Polda Metro Jaya mengamankan 99 pegawai pinjaman online. Mereka diamankan setelah Polda Metro Jaya menggerebek kantor Pinjol ilegal...

News9 jam ago

Dukung Energi Hijau, PLN Siap Serap Listrik dari PLTSa Terbesar di Jawa Tengah

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Surakarta...

News9 jam ago

Cara Mudah Reaktivasi Nomor Telkomsel Prabayar yang Sudah Hangus

SERIKATNEWS.COM – Kini layanan reaktivasi (mengaktifkan kembali) nomor Telkomsel Prabayar yang telah hangus dapat dilakukan pelanggan dari mana saja dan...

News15 jam ago

PBHI Sumut Kecam Kerangkeng di Kediaman Bupati Langkat

SERIKATNEWS.COM – Adanya temuan dugaan perbudakan modern berupa kerangkeng atau penjara manusia di kediaman Bupati Langkat non aktif Terbit Rencana...

News18 jam ago

Kepala BPIP Populerkan Salam Pancasila Ke TNI AD Papua Barat

SERIKATNEWS.COM – Untuk menguatkan semangat kebangsaan, Salam Pancasila perlu dibudayakan kembali di kalangan masyarakat Indonesia. Salam Pancasila diperkenalkan oleh Presiden...

Olahraga22 jam ago

Anthony Martial Gabung Sevilla Hingga Akhir Musim

SERIKATNEWS.COM – Manchester United meminjamkan Anthony Martial klub Spanyol, Sevilla. Anthony Martial gabung Sevilla dengan status pinjaman di sisa musim...

News24 jam ago

PB PMII Soroti Pembangunan Power Plant PLTPB 2 di Gunung Dieng

SERIKATNEWS.COM – Pembangunan PLTPB 2 di Gunung Dieng dinilai tidak sesuai dengan UU nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan...

Populer

%d blogger menyukai ini: