Connect with us

Internasional

Indonesia akan Terima 600 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca dari Inggris

Published

on

Vaksin AstraZeneca (Foto: ABC Australia)

SERIKATNEWS.COM – Indonesia akan menerima 600.000 dosis vaksin AstraZeneca dari Inggris. Pemerintah Inggris akan memberikan bantuan tersebut melalui skema COVAX, sebagai bagian dari penyaluran surplus 9 juta dosis vaksin COVID-19 ke berbagai negara di seluruh dunia.

“Kami berdiri bersama Indonesia di masa sulit ini. Inggris juga mengalami gelombang infeksi. Kami ingin melakukan apa yang kami bisa untuk membantu Indonesia sebagai sahabat dan mitra kami,” kata Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Rob Fenn, dalam pernyataan yang diunggah di akun Instagram Kedutaan Besar Inggris Jakarta, seperti dilansir Antara, Jumat 30 Juli 2021.

Wadubes Fenn berharap agar vaksin tersebut dapat diberikan kepada mereka yang berada di garis depan untuk menyelamatkan jiwa dan perekonomian. Pihaknya juga mengatakan donasi tersebut merupakan kelanjutan dari kerja sama kesehatan yang lebih luas antara Inggris dan Indonesia.

“Kami tengah meningkatkan kerja sama di sektor kesehatan dengan Indonesia untuk jangka menengah dan jangka panjang – terutama pada sektor-sektor penting seperti pengembangan vaksin dan pengurutan genom,” imbuhnya.

Selain untuk Indonesia, kata Fenn, Inggris juga memberikan donasi vaksin kepada negara-negara anggota ASEAN dengan jumlah total sedikitnya tiga setengah juta dosis. Hal ini sebagai cerminan kemitraan strategis yang erat dan terus berkembang dengan negara-negara anggota.

“Kita berjuang bersama dalam melawan COVID-19. Kita dapat mengalahkan virus ini dan membangun masa depan yang lebih sehat untuk semua rakyat Indonesia, Inggris dan dunia,” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Inggris akan mengirimkan 9 juta dosis vaksin COVID-19 Oxford-AstraZeneca mulai pekan ini ke sejumlah negara, termasuk Indonesia, Jamaika, dan Kenya, untuk membantu penanganan pandemi.

Sekitar 5 juta dosis ditawarkan kepada COVAX, skema untuk memastikan akses global yang adil ke vaksin COVID-19. Sementara 4 juta dosis lainnya akan dibagikan langsung ke negara-negara yang membutuhkan.

Baca Juga:  AS Masukkan Lima Perusahaan China sebagai Ancaman Keamanan Nasional

“Kiriman pertama sebanyak 9 juta dosis akan berangkat pada Jumat,” ujar Menteri Luar Negeri Dominic Raab pada Rabu (28/7) seperti dikutip dari Reuters.

Menurutnya, vaksin tersebut akan dikirim ke negara-negara seperti Laos, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Kenya, dan Jamaika.

“Kami tidak hanya melakukannya untuk kepentingan kami sendiri, ini menunjukkan Inggris secara global sebagai kekuatan penyelamat hidup untuk kebaikan di dunia,” ujar Raab. (*)

Advertisement
Advertisement

Terkini

News29 menit ago

Kemenperin Terima 150 Unit Konsentrator Oksigen dari Asosiasi Gula

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Perindustrian bersama pelaku dan asosiasi industri bertekad untuk terus melakukan upaya percepatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di...

News46 menit ago

EFT Gelar Lomba Menulis Artikel, Hadiah Utama Rp7.500.000

SERIKATNEWS.COM – Selama ini pembangunan ekonomi dinilai hanya mengejar pertumbuhan dan sering kali merugian lingkungan. Karena itu, diperlukan inovasi kebijakan...

News9 jam ago

Yuk Merapat, PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendaraan...

News10 jam ago

Sediakan Listrik untuk Kapal Sandar, PLN Dukung Pengembangan Pelabuhan Ramah Lingkungan

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) terus berinovasi dan menghadirkan layanan kelistrikan di sektor kelautan dan perikanan. Terbaru, Unit Pelaksana Pelayanan...

News10 jam ago

Generator Milik Kantor Pemkab Sampang Hangus Terbakar

SERIKATNEWS.COM – Lingkungan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang Madura Jawa Timur dikagetkan dengan adanya asap hitam yang mengepul ke udara....

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.! Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!
Lifestyle13 jam ago

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!

SERIKATNEWS.COM – JAKARTA- Media sosial belum lama ini di gemparkan  dengan sosok remaja yang mempunyai fisik mirip dengan grup lawak...

News15 jam ago

Muncul Klaster Pendidikan, Zen ADV: Jangan Hentikan PTM, Kasihan Pendidikan Anak-anak

SERIKATNEWS.COM – Munculnya klaster pendidikan di beberapa daerah di Jateng setelah berlangsung pembelajaran tatap muka (PTM) beberapa minggu ini, hendaknya...

Populer

%d blogger menyukai ini: