Connect with us

Gaya Hidup

Menikmati Pasar Majapahit di Yogyakarta

Published

on

Pasar desain Majapahit di Yogyakarta. ( Foto: Instragam)

SERIKATNEWS.COM – Destinasi wisata baru hadir di lereng Merapi, tepatnya di Padukuhan Karanggeneng, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Pasar itu sangat pas untuk disinggahi, sebab desain pasar itu seperti konsep pasar tradisional Majapahit.

Adapun pasar tradisional itu meliputi, wisatawan disuguhi aneka palawija, makanan rebus, jamu, wedang rempah, kopi, pecel, jadah tempe, dan berbagai cinderamata. Setiap Sabtu dan Minggu pasar dibuka mulai pukul 07.00 hingga 14.00 WIB.

Konseptor Pasar Tradisi Majapahit, Naryono, mengatakan dibukanya wisata di desa tersebut untuk mengurangi kecemasan berlebihan warga akan situasi Merapi. Selain itu, untuk membangkitkan wisata yang kini tengah melesu akibat pandemi Covid-19.

“Banyak masyarakat nganggur, karena wisata sepi. Banyak pedagang, pemilik jip yang pendapatannya berkurang drastis,” kata Naryono kepada wartawan, Rabu (30/12/2020).

Ia menjelaskan, di pasar Tradisi Majapahit ini, akan ada sensasi berbelanja berbeda jika dibandingkan dengan pasar pada umumnya. Sebab, pengunjung akan merasakan nuansa seolah-olah berbelanja di pasar zaman dahulu.

Hal itu, karena para pengunjung dan pedagang dilarang menggunakan uang rupiah ketika bertransaksi. Sebab, yang berlaku di pasar ini adalah uang dhono, yaitu sebuah mata uang berupa keping bulat dari kayu yang dihargai senilai Rp2 ribu untuk satu keping.

“Pengunjung yang mau berbelanja di Pasar Majapahit, mereka terlebih dahulu harus menukarkan uang rupiahnya dengan uang dhono. Baru setelah itu pengunjung dapat belanja di pasar yang menjual beragam makanan dan produk olahan warga,” dia menjelaskan.

Ia juga menjelaskan para pedagang dilarang menggunakan plastik untuk membungkus barang dagangan yang dibeli oleh pengunjung. Termasuk, pengunjung dilarang membawa plastik ketika bertransaksi di area pasar tersebut.

Ia bilang lokasi Pasar Tradisi Majapahit aman dari dampak aktivitas Merapi. Sebab, jarak dari puncak Merapi sejauh 11 Kilometer. Bahkan, saat Merapi erupsi tahun 2010 pun kawasan tersebut tidak terdampak signifikan.

Baca Juga:  Empat Drama yang Pernah Dibintangi Song Yoo Jung

“Jaraknya 11 km dari puncak Merapi, saat 2010 hanya terkena hujan abu vulkanik. Area wisata Pasar Tradisi Majapahit juga jauh dari aliran Sungai Gendol, Opak, dan Kali Kuning. Insyallah aman,” dia menegaskan.

Dia berharap dibukanya Pasar Majapahit bisa menjadi nafas baru bagi warga setempat dalam pemulihan ekonomi, baik akibat pandemi maupun dampak Merapi.

Pasar Tradisi Majapahit ini menempati lahan sekitar 2.000 meter per segi. Para penjual saat ini dibatasi warga RT 02 Karanggeneng. Total ada 45 KK yang berpartisipasi dan berjualan di sana.

Advertisement

Terkini

Olahraga3 jam ago

PSG Siap Naikkan Gaji Kylian Mbappe

SERIKATNEWS.COM – PSG terus berupaya meyakinkan Kylian Mbappe agar tidak pindah klub. Agar sang pemain bertahan, klub Ligue 1 siap memberikan...

News4 jam ago

Makin Mudah dan Cepat, Pengaduan Layanan Kelistrikan Lewat PLN Mobile

SERIKATNEWS.COM- PT PLN (Persero) memberikan kemudahan akses bagi pelanggan untuk menyampaikan pengaduan layanan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact...

Olahraga4 jam ago

Penyebab Jadon Sancho Kurang Gacor di MU Menurut Ralf Rangnick

SERIKATNEWS.COM – Manchester United melakukan sebuah transfer besar musim panas kemarin. Klub yang bermarkas di Old Trafford itu membayar sekitar...

News4 jam ago

Operasikan SPKLU Kedua di Palembang, PLN Dukung Pemprov Sumsel Wujudkan Program KBLBB

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) menambah satu unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) Demang Lebar Daun di Palembang. Ini merupakan...

News5 jam ago

Kader Gerindra Lombok Utara Tersangka Korupsi, PP Lokra Tagih Komitmen Prabowo Berantas Korupsi

SERIKATNEWS.COM – Koordinator Nasional Persatuan Pemuda Lombok-Jakarta (Koornas PP Lokra) tagih komitmen Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo...

News6 jam ago

Komitmen Pemerintah Tingkatkan Kesetaraan Gender di Dunia Kerja

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah kembali memastikan bahwa ke depan akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di dunia...

News9 jam ago

Lukisan NFT Karya Ridwan Kamil Laku Rp45,5 Juta

SERIKATNEWS.COM – Lukisan NFT (Non-Fungible Token) karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil laku Rp45,5 juta dalam marketplace NFT, Open Sea....

Populer

%d blogger menyukai ini: