Connect with us

Ekonomi-Politik

Kasus PT Asuransi Jiwasraya, SBY; Pemerintah Sekarang Harus Bertanggung Jawab

Published

on

Kasus PT Asuransi Jiwasraya, SBY; Pemerintah Sekarang Harus Bertanggung Jawab

Dalam kasus PT Asuransi Jiwasraya, Presiden ke-6 ahirnya angkat bicara. Pasalnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan bahwa pemerintah sekarang tidak boleh menyalahkan pemerintah masa lalu. Kalau ingin menciptakan perubahan Indonesia maju Ayo kelolah bersama-sama.

Padahal, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah merespons kasus PT Asuransi Jiwasraya dengan menyatakan tak masalah pejabat saat ini menyalahkan masa lalu andai enggan bertanggung jawab. Hal ini diungkapkan SBY saat menerima tamu yang menyinggung kasus PT Asuransi Jiwasraya, Kamis (26/12/2019).

Sebelumnya, Respons yang dilakukan oleh SBY soal kasus Jiwasraya ini diungkapkan oleh staf pribadinya, Ossy Dermawan lewat cuitan yang dibagikan kepada sejumlah wartawan. Itu yang menyebabkan semua kalangan tahu dengan peryataan SBY.

“Yang rakyat ketahui, krisis besar Jiwasraya terjadi 2 tahun terakhir, 2018-2019. Jika ini pun tak ada yang bertanggung jawab, ya sudah, salahkan saja tahun 2006. Para pejabat tahun 2006 juga masih ada, mulai dari saya, Wapres JK, Menkeu SMI, Menteri BUMN dan lain-lain. Tapi, tak perlu mereka harus disalahkan,” cuit Ossy, Jumat (27/12/2019).

SBY juga mengaku mendapat informasi soal beberapa BUMN yang bermasalah. Menurut SBY, ada indikasi dia bakal disalahkan lagi terkait masalah ini.
“Saya juga dapat informasi; katanya sekarang banyak BUMN (termasuk sejumlah bank) yang bermasalah. Mulai dari keuangan yang tak sehat, utang yang sangat besar sampai dengan dugaan penyimpangan (melanggar aturan). Kalau begini, jangan-jangan saya lagi yang disalahkan. Begitu respons SBY,” tulis Ossy.
Sebelumnya diberitakan, Jokowi mengaku sudah punya gambaran solusi untuk masalah Jiwasraya ini. Jokowi sudah berkoordinasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menurut Jokowi, masalah Jiwasraya sudah ada sejak 10 tahun yang lalu.

Baca Juga:  PDIP Berhasil Merahkan Sleman

“Ini persoalan yang sudah lama sekali, 10 tahun yang lalu. Problem ini yang dalam 3 tahun ini kita sudah tahu dan ingin menyelesaikan masalah ini,” kata Jokowi di Novotel Balik papan, Kaltim, Rabu (18/12).
Istana menegaskan Jokowi tak pernah menyalahkan siapapun terkait kasus Jiwasraya. Istana menegaskan Jokowi hanya berbicara fakta.

“Presiden Jokowi tidak menyalahkan siapa-siapa. Beliau hanya menyampaikan fakta bahwa masalah Jiwasraya sudah terjadi sejak lama,” kata Stafsus Presiden Dini Shanti Purwono lewat pesan singkat, Senin (23/12).

Advertisement

Popular