Connect with us

Internasional

Kenalkan Budaya Indonesia di Buenos Aires

Published

on

Duta Besar Indonesia untuk Argentina Niniek Kun Naryatie berpose bersama para penari saat pertunjukan Malam Budaya dalam resepsi diplomatik di Teatro del Globo, Buenos Aires, Kamis (18/11/2021). (Foto: KBRI Buenos Aires)

SERIKATNEWS.COM – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Buenos Aires menggelar Malam Budaya. Dimaksudkan agar warga Argentina dapat mengenal lebih dekat budaya Indonesia.

“Malam Budaya diadakan agar masyarakat internasional, melalui perwakilan diplomatiknya masing-masing, dan warga Argentina, dapat mengenal lebih dekat budaya Indonesia. Apalagi, Indonesia adalah negara yang memiliki beragam budaya yang unik, indah dan kaya,” kata Duta Besar RI Niniek Kun Naryatie dalam keterangan tertulis, Sabtu, 20 November 2021.

Acara itu memeriahkan resepsi diplomatik pertama yang diselenggarakan KBRI Buenos Aires selama pandemi dan digelar untuk merayakan 65 tahun hubungan diplomatik RI-Argentina dan HUT Kemerdekaan ke-76 RI.

Malam Budaya yang digelar di Teatro del Globo itu memukau sekitar 200 korps diplomatik dan warga Argentina dari berbagai latar belakang.

Menurut keterangan KBRI, aturan pemerintah setempat yang mengizinkan kegiatan teater berlangsung dengan kapasitas 100 persen, membuat acara itu dapat digelar secara meriah.

Sejumlah pertunjukan budaya Indonesia ditampilkan dalam acara itu. Di antaranya tari Leak dari Bali, tari Padangulan dari Banyuwangi, dan tari Lenggang Nyai dari Jakarta.

Pembawa tari-tarian adalah para staf KBRI dan keluarganya, serta warga setempat yang dilatih khusus oleh pelatih tari Alexander Riyanto.

Acara itu juga dimeriahkan oleh penampilan kelompok musik gamelan Sang Bagaskara, suguhan utama di Malam Budaya, yang memainkan sejumlah lagu tradisional Indonesia.

Natalia Ramirez Franco malam itu menjadi sinden. Natalia adalah gadis Argentina yang belajar sinden secara intensif selama dua tahun terakhir.

Untuk mengenalkan keragaman budaya Indonesia, KBRI juga mengajak diaspora dan sahabat Indonesia untuk mengenakan pakaian adat Indonesia dan menjadi Barisan Nusantara.

Mereka bertugas menyambut tamu dan mengenalkan busana yang mereka pakai kepada tamu undangan.

Baca Juga:  AS Masukkan Lima Perusahaan China sebagai Ancaman Keamanan Nasional

“Saya terkesima dengan keragaman budaya Indonesia yang ternyata masih sangat sedikit saya ketahui,” kata María Luz Ibarra yang mengenakan baju adat Minang.

“Hal yang paling saya suka adalah kostumnya, sangat rumit dan unik,” kata ​​​​​​Fernando Nieto.

Resepsi diplomatik itu juga dimeriahkan dengan pameran foto 65 tahun hubungan diplomatik RI-Argentina. Salah satu foto menampilkan Presiden Soekarno saat berkunjung ke Argentina pada 1959.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terkini

Literasi1 jam ago

Metode Praktik dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di TK Dharma Wanita Moyoketen

GURU adalah sosok yang berjasa. Jika ada yang memposisikan guru sebagai seseorang yang pekerjaannya sebagai pengajar tentu tidak salah, tetapi...

Sosial-Budaya2 jam ago

Siswa Harus Cinta Tanah Air dan Kuasai Iptek

SERIKATNEWS.COM – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof Yudian Wahyudi menyebut kekhasan lokasi geografis menjadikan Indonesia negara subur dengan...

News2 jam ago

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Pon di Kabupaten Trenggalek

SERIKATNEWS.COM – Dalam perjalanan menuju Helipad Menak Sopal, Kabupaten Trenggalek, Presiden Joko Widodo menyempatkan untuk singgah di Pasar Pon, Selasa,...

Politik2 jam ago

Fahri Hamzah: Pemerintah Buka Dong Peluang Bagi Daerah Ajukan Calon Presiden

SERIKATNEWS.COM – Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah meminta pemerintah membuka peluang kepada daerah untuk mengajukan...

News2 jam ago

Lebih Hemat dan Aman, Ini Sederet Keunggulan Kompor Induksi

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) terus mendorong electrifying lifestyle atau gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik yang bebas...

Opini3 jam ago

Nasib Dosen Tetap Non PNS, Pemerintah Bisa Apa?

Oleh: Adil Rahmat Kurnia (Ketua Bidang Perguruan Tinggi PB PMII) BERBICARA tenaga pendidik di lingkungan perguruan tinggi maka akan mengenal...

Ekonomi8 jam ago

Kemendag Dirikan Pusat Promosi Ekspor di Entikong

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendirikan pusat promosi ekspor di kawasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Ditandai dengan penandatanganan nota...

Populer

%d blogger menyukai ini: