Connect with us

News

Kerja Nyata Cegah Corona, KPN Bagikan Hand Sanitizer Gratis ke Masyarakat

Published

on

Corona
Dok. Serikat News

SERIKATNEWS.COM – Komite Penggerak Nawacita (KPN) dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona melaksanakan kerja nyata dengan membagikan hand sanitizer secara gratis kepada masyarakat. Langkah ini dilakukan karena semakin langkanya hand sanitizer atau harganya yang melonjak di pasaran.

Ada pun pembagian hand sanitizer ini diberikan kepada masyarakat di wilayah Kampung Guji Baru, Kel Duri Kepa, Kec Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan Jalan Tanah Pasir, Kel Penjaringan, Kec Penjaringan, Jakarta Utara.

Salah satu pengurus KPN Robi Maulana mengatakan sebagai organ relawan pendukung Jokowi, KPN tak bisa berdiam diri untuk turut berperan membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona. Selain pembagian hand sanitizer, KPN juga akan membagikan masker dan cairan disinfektan serta sosialisasi pentingnya hidup bersih dan sehat di sejumlah titik untuk mencegah penyebaran pandemi Corona.

“Kami dari KPN bergerak bersama masyarakat untuk bahu membahu membantu pemerintah mengatasi pencegahan penyebaran virus Corona, salah satunya adalah pembagian hand sanitizer gratis kepada masyarakat terutama lapisan bawah. Harus dipahami bahwa saat ini sangat sulit untuk mendapatkan masker, hand sanitizer hingga disinfektan yang harganya terjangkau untuk dibagikan kepada masyarakat,” ujar Robi, Rabu (25/3/2020).

Menurut Robi, KPN sebagai civil society harus berperan dan hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan sosialisasi sekaligus mengajak masyarakat agar tidak panik dan terus meningkatkan pola hidup sehat dan bersih sebagai salah satu cara untuk menangkal serangan virus Corona.

“Saat ini yang menjadi fokus kami adalah bagaimana melibatkan masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus Corona. Kami pahami mungkin sebagian masyarakat sedang panik, tapi kami ajak mereka untuk bergerak bersama memerangi Covid-19, yaitu dengan ikut menjaga pola hidup sehat dan bersih di tengah-tengah pandemi Corona ini,” imbuh Robi.

Baca Juga:  Radikalisme Menguat, Reformasi Perlindungan Perempuan Terancam

Selain itu, KPN juga mengajak masyarakat untuk mematuhi imbauan pemerintah dengan melakukan pembatasan sosial atau social distancing. Jika imbauan social distancing tidak dipatuhi, akan semakin banyak warga yang terjangkit virus Corona.

“Kami berharap kita semua untuk disiplin dalam menjaga jarak aman. Yang kita butuhkan sekarang adalah kedisiplinan tentang bagaimana kita bisa menerapkan social distancing, jaga jarak, jangan berdekatan, dilarang berkumpul. Imbauan pemerintah ini tolong dipatuhi,” tandas Robi.

Senada dengan itu, pengurus KPN lainnya Wignyo Prasetyo menjelaskan bahwa pembagian hand sanitizer ini merupakan inisiatif dari KPN dengan membuat dan mendistribusikan swadaya. Menurutnya, hand sanitizer tersebut dibagikan untuk masyarakat yang memang membutuhkan dan berinteraksi langsung karena aktivitasnya melayani warga.

“Ini memang inisiatif relawan, karena berbagai kebutuhan kesehatan langka di lapangan. Hand sanitiser susah dicari, kalaupun ada tapi sedikit dan mahal. Maka kita dari KPN membuat sendiri swadaya, dan kita distribusikan buat mereka yang terpaksa harus keluar rumah. Seperti ketua RT, karyawan retail atau warung kelontong,” ungkap Wignyo.

“Buat para karyawan toko retail atau warung-warung kita letakkan saja di meja kasir mereka. Mereka tiap hari melayani orang, rentan penularan. Juga buat ketua RT yang tiap hari keluar rumah mengurus warga,” imbuhnya.

Tak hanya itu, lanjut Wignyo, KPN saat ini juga sedang buat wastafel untuk ditempatkan di beberapa tempat terbuka. “Mungkin juga nanti penyemprotan disinfektan di sarana-sarana publik,” pungkas Wignyo.

Advertisement

Popular