Connect with us

Sosial-Budaya

Kunjungi Lampung, Ketum PB PMII Disambut Prosesi Adat Angkon Muakhi

Published

on

Foto: Muhammad Abdullah Syukri (Ketua Umum PB PMII) dan Pangeran Cahya Marga (Sai Batin Marga Ratu Keratuan Menangsi), dan beberapa pengurus PMII Lampung (Dok, SerikatNews)

SERIKATNEWS.COM- Dalam rangkaian lawatannya ke Lampung, Ketua Umum PB PMII, Muhammad Abdullah Syukri tidak hanya bersilaturahmi dengan Kader-kader PMII.

Namun ia juga menyempatkan berkunjung ke di Lamban Khanggal (Rumah Adat) Marga Ratu Keratuan Menangsi, Desa Taman Baru Kecamatan Penengahan, Kab. Lampung Selatan, Minggu (10/10).

Dalam prosesi Adat Angkon Muakhi tersebut Ketua Umum PB PMII, Muhammad Abdullah Syukri diangkat sebagai keluarga atau saudara dengan menyematkan Kikat Hanuang Bani. Penyematan itu dilakukan secara langsung oleh Pangeran Cahya Marga Sai Batin Marga Ratu Keratuan Menangsi.

Dalam kegiatan Proses Adat Angkon Muakhi tersebut turut hadir beberapa sosok penting. Diantaranya yaitu panglima Alip Jaya, perwakilan Paksi Segekhi Suku, Kepala Desa Taman Baru, Karang Taruna Desa Taman Baru, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat Desa Taman Baru, dan jajaran PMII.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar elemen masyarakat dalam membangun kesejahteraan masyarakat yang lebih baik di masa mendatang.

Juru bicara Lamban Khanggal Marga Ratu Keratuan Menangsi, Muhrizal Efendy Gelar Minak Khusia mengucapkan selamat datang kepada Abdullah Syukri di Wilayah Masyarakat Adat Sai Batin.

“Kami atas nama kelurga besar Masyarakat Adat Marga Ratu Keratuan Menangsi mengucapkan selamat datang di Wilayah Masyarakat Adat Sai Batin, salah satu marga dari lima marga way handak yang ada di kabupaten Lampung Selatan,” ujarnya.

Selain itu, Sai Batin Marga Ratu Keratuan Menangsi, Pangeran Cahya Marga menyampaikan bahwa ini sebuah kebanggan bagi kami dan organisasi PMII dapat ziarah di Makam Ratu Menangsi.

“Kami ucapkan selamat datang di Marga Ratu Keratuan Menangsi, suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kami sahabat-sahabat dari Organisasi PMII bisa sampai bersilaturahmi dan ziarah di makam ratu menangsi keturunan kami, seperti inilah keadaan di Marga Ratu Keratuan Menangsi.” papar Pangeran Cahya Marga.

Baca Juga:  Delapan Petugas Paskibraka Tahun 2020 Terima Beasiswa dari Bupati Sleman

Ia juga menambahkan bahwa adanya prosesi Angkon Muakhi ini menandakan bahwa PMII telah menjadi bagian dari keluarga masyarakat adat Marga Ratu Keratuan Menangsi.

“Dengan adanya acara Angkon Muakhi atau pengangkatan saudara malam ini, saudara saudara dari PMII ini sudah menjadi bagian dari masyarakat adat Marga Ratu Keratuan Menangsi, kami berharap saudara saudara dapat menjadi calon calon pemimpin yang jujur, amanah, dan menjadi manfaat untuk seluruh makhluk”, imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Abdullah Syukri mengucapkan terima kasih kepada Masyarakat Adat Marga Ratu Keratuan Menangsi dan berharap hubungan baik ini dapat selalu terjaga.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya atas Angkon Muakhi ini, semoga ikatan kekeluargaan masyarakat adat Marga Ratu Keratuan Menangsi dengan PMII terus terjaga. Saya juga sangat bangga dengan masyarakat Lampung yang selalu menjaga dan melestarikan warisan tradisi leluhur,” Tutur pria yang akrab disapa Gus Abe tersebut.

Ia juga menambahkan bahwa pemuda harus tetap selalu ingat darimana ia lahir. Bahkan pemuda wajib sadar pentingnya menjaga nilai dan melestarikan kultur yang telah diwariskan oleh leluhurnya.

“Pemuda harus sadar betapa pentingnya menjaga nilai-nilai yang telah diwariskan oleh pendahulu kita. Jangan pernah malu atau lupa kita pemuda berasal darimana. Indonesia menjadi negara hebat karena memiliki banyak sekali nilai dari leluhur dan kita berhasil menjaganya,” sambung Gus Abe.

Pria kelahiran Cirebon itu juga merasa terhormat dengan sambutan yang sangat luar biasa diberikan kepadanya.

“Saya merasa terhormat, bisa hadir disini. Selain, mendapatkan sambutan yang luar biasa, saya juga diberikan kepercayaan sebagai saudara untuk menjadi salah satu bagian keluarga dari masyarakat adat Marga Ratu Keratuan Menangsi,“ imbuh Abe.

“Ini adalah suatu bentuk penghormatan yang luar biasa kepada saya bisa di terima disini, saya berharap semoga hubungan dan komunikasi ke depan semakin bisa kita perkuat. Ini adalah sebuah awal untuk hubungan yang lebih kuat dan sinergi kedepannya,” tutup Abe.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Internasional21 menit ago

DBS Menjadi Bank Pertama di Asia Tenggara yang Bergabung dengan Hedera Governing Council

SERIKATNEWS.COM – DBS Bank telah bergabung dengan Hedera Governing Council, sebuah kelompok yang mencakup beragam organisasi dan bertugas mengembangkan jaringan...

Lifestyle42 menit ago

Keunggulan Produk HAVAL JOLION Diakui Pengguna Global

SERIKATNEWS.COM – Penjualan HAVAL JOLION buatan GWM meningkat pesat di beragam pasar luar negeri. penjualan meningkat sejak Januari 2021. HAVAL...

Opini3 jam ago

Kebebasan Bukan untuk Penghinaan

TAK ada angin, tak ada hujan, seorang Faizal Assegaf bicara tentang NU, juga Hadlratus-Syaikh KH Hasyim Asy’ari dan KH Abdurrahman...

News4 jam ago

Fokus Kembangkan Sumber Daya, UPH Jalin Kerja Sama dengan Pemerintah Kota Bitung

SERIKATNEWS.COM – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pelita Harapan (UPH) telah resmi bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung,...

News17 jam ago

Vaksinasi, Kiai Dalil: Vaksin Aman Dan Halal

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Pordapor terus menggalakkan vaksinasi kepada seluruh warganya. Di samping melakukan vaksinasi, juga terus melakukan sosialisasi...

Opini18 jam ago

Kader Nasdem Diminta untuk Meminta Maaf kepada Aktivis IAIN Palopo

SERIKATNEWS.COM – Kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan di IAIN Kota Palopo menjadi sorotan beberapa pihak. Pasalnya, atribut salah satu Parpol...

News18 jam ago

Dorong Efisiensi, Menteri BUMN Dukung Program Electrifying Agriculture PLN

SERIKATNEWS.COM – Kontribusi PT PLN (Persero) dalam menghadirkan Creating Shared Value atau nilai dan manfaat bersama terwujud dalam program Tanggung...

Populer

%d blogger menyukai ini: