Connect with us

News

Masyarakat Jateng Antusias dan Berebut Vaksin

Published

on

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Humas Pemprov Jateng)

SERIKATNEWS.COM – Masyarakat Jawa Tengah (Jateng) memiliki antusias untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Antusias yang tinggi ini sebagai salah satu upaya mengatasi pandemi Covid-19.

Hal itu dikatakan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat mengikuti pengarahan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, kepada Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Tengah melalui konferensi video pada Jumat.

“Saya laporkan Pak Wapres, masyarakat di Jawa Tengah berebut untuk divaksin. Kawan-kawan bupati dan wali kota itu semua rindu vaksin,” kata Ganjar dalam keterangan yang diterima Sabtu, 24 Juli 2021.

Jawa Tengah merupakan salah satu dari tiga besar provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia. Juga, menjadi salah satu yang jumlah kasus Covid-19 paling banyak pun jumlah kematian warga berlatar virus Korona.

Gubernur Jateng mengatakan, cakupan vaksin di Provinsi Jawa Tengah masih rendah. Sebab, jumlah alokasi dosis vaksin terbatas untuk masyarakat daerah tersebut.

“Cakupan vaksin untuk dosis pertama di Jawa Tengah baru 16,16 persen. Sedangkan cakupan dosis kedua masih di angka 8,28 persen,” katanya.

Terkait jumlah juru vaksin di Jawa Tengah, mantan anggota DPR itu menyatakan, mereka memiliki jumlah SDM yang sangat mencukupi. “Dari kami tenaga kesehatan cukup, mahasiswa ada, anggota TNI dan Polri juga ada. Jadi juru vaksinnya siap semua,” katanya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan, Budi Sadikin, akan menambah jumlah dosis vaksin Covid-19 untuk Provinsi Jawa Tengah pada akhir Juli. Ia mengatakan jumlah dosis vaksin secara nasional akan kembali tercukupi pada Agustus, setelah mengalami keterbatasan pada Juli.

“Tanggal 19 Juli dikirim 570.000 dosis vaksin Sinovac, 22 Juli vaksin AstraZeneca sebanyak 30.000 dosis; kemudian 26 Juli kita akan kirim lagi 275.000 dosis vaksin AstraZeneca. Akhir pekan depan nanti mungkin akan ada 500.000-an dosis lagi yang bisa dikirim,” kata Sadikin.

Baca Juga:  Tujuh Staf Khusus Baru Jokowi dari Kalangan Milenial

Sementara Wapres Ma’ruf Amin mengimbau Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memperkuat kapasitas hulu dalam penanganan Covid-19. Ia meminta Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Tengah memberi perhatian lebih bagi kondisi padat penduduk seperti pesantren dan sekolah berasrama.

“Saya juga mohon perhatian untuk pemukiman yang padat seperti sekolah, pesantren, atau sekolah yang berasrama agar diberikan perhatian khusus terkait protokol kesehatan, 3T dan juga vaksinasi,” ujarnya. (*)

Advertisement
Advertisement

Terkini

News4 jam ago

Kemenperin Terima 150 Unit Konsentrator Oksigen dari Asosiasi Gula

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Perindustrian bersama pelaku dan asosiasi industri bertekad untuk terus melakukan upaya percepatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di...

News4 jam ago

EFT Gelar Lomba Menulis Artikel, Hadiah Utama Rp7.500.000

SERIKATNEWS.COM – Selama ini pembangunan ekonomi dinilai hanya mengejar pertumbuhan dan sering kali merugian lingkungan. Karena itu, diperlukan inovasi kebijakan...

News13 jam ago

Yuk Merapat, PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendaraan...

News13 jam ago

Sediakan Listrik untuk Kapal Sandar, PLN Dukung Pengembangan Pelabuhan Ramah Lingkungan

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) terus berinovasi dan menghadirkan layanan kelistrikan di sektor kelautan dan perikanan. Terbaru, Unit Pelaksana Pelayanan...

News14 jam ago

Generator Milik Kantor Pemkab Sampang Hangus Terbakar

SERIKATNEWS.COM – Lingkungan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang Madura Jawa Timur dikagetkan dengan adanya asap hitam yang mengepul ke udara....

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.! Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!
Lifestyle16 jam ago

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!

SERIKATNEWS.COM – JAKARTA- Media sosial belum lama ini di gemparkan  dengan sosok remaja yang mempunyai fisik mirip dengan grup lawak...

News19 jam ago

Muncul Klaster Pendidikan, Zen ADV: Jangan Hentikan PTM, Kasihan Pendidikan Anak-anak

SERIKATNEWS.COM – Munculnya klaster pendidikan di beberapa daerah di Jateng setelah berlangsung pembelajaran tatap muka (PTM) beberapa minggu ini, hendaknya...

Populer

%d blogger menyukai ini: