Connect with us

Politik

Menkeu Komitmen Jaga Kredibel APBN 2019

Published

on

SERIKATNEWS.COM – Sri Mulyani Indrawati, selaku Menteri Keuangan tetap berkomitmen untuk menjaga pelaksanaan APBN di 2019 dengan baik dan kredibel supaya tidak rentan dari ketidakpastian global yang masih melanda.

“Tantangannya berbeda, tapi kita tetap jaga APBN dengan baik dan kredibel, melalui prinsip kehati-hatian dan waspada,” ujar Sri Mulyani dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Ia menjelaskan pengelolaan APBN pada 2018 terbantu oleh membaiknya harga komoditas dunia seperti minyak bumi dan batu bara yang mengalami kenaikan.

Kondisi ini menyebabkan harga minyak mentah Indonesia rata-rata per tahun mencapai 67,5 dolar AS per barel atau lebih tinggi dari asumsi makro dalam APBN sebesar 48 dolar AS per barel.

Namun, pergerakan ekonomi global di 2019 sudah diantisipasi dalam APBN termasuk dengan penetapan asumsi makro untuk harga minyak mentah Indonesia sebesar 70 dolar AS per barel.

“Semangat berbeda terlihat dengan penetapan nilai tukar di APBN Rp15.000 dan harga ICP 70 dolar AS. Ini berarti seluruh kemungkinan ‘windfall’ telah terefleksikan di target 2019,” kata Sri Mulyani.

Untuk itu, pemerintah akan terus menjaga momentum ekonomi agar iklim investasi tidak terganggu dan penerimaan pajak tidak mengalami tekanan berlebihan.

Upaya yang dapat dilakukan adalah menjaga tata kelola penerimaan pajak melalui penyediaan basis data yang baik dan akurat serta memberikan insentif fiskal kepada pengusaha agar investasi tetap terjaga.

“Kita menyampaikan ke dunia usaha melalui pemberian insentif hingga Rp150 triliun, agar ada ruang untuk pengembangan usaha, meski kepatuhan perpajakan tetap kita arahkan,” ujarnya.

Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan menambahkan potensi penerimaan di 2019 dari program pertukaran data informasi perpajakan secara otomatis (AEOI) akan diupayakan oleh otoritas pajak.

Baca Juga:  AS Masukkan Puluhan Perusahaan China ke Daftar Hitam

Ia mengatakan sistem tersebut telah berjalan secara otomatis karena sudah banyak data wajib pajak di luar negeri yang mulai masuk dan bisa ditelusuri pegawai pajak.

Oleh sebab itu, pegawai pajak bisa mulai memeriksa kepastian data yang diterima terutama apabila terdapat harta yang belum dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan (SPT).

“Ini masih tahap awal, jadi di 2019 sudah lebih otomatis kerjanya. Seharusnya ini membuat kepatuhan meningkat, karena tidak ada harta yang tidak dilaporkan. Kami bisa langsung minta klarifikasi,” ujar Robert.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Pendidikan30 menit ago

Forum Mahasiswa Ushuluddin se-Indonesia Gelar Konsolnas di Jogja

SERIKATNEWS.COM – Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (DEMA-FUPI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi tuan rumah dalam rangkaian...

Hukum41 menit ago

Kabid Humas Polda Metro Jaya Berharap HRS Taat Hukum

SERIKATNEWS.COM – Kepolisian tengah mengagendakan kembali pemeriksaan terhadap Habib Rizieq Shihab, karena beberapa waktu lalu HRS tidak memenuhi panggilan penyidik....

Olahraga5 jam ago

Markas Napoli Resmi Bernama Stadion Diego Armando Maradona

SERIKATNEWS.COM – Napoli resmi mengganti nama markasnya menjadi Stadion Diego Armando Maradona. Perubahan nama stadion ini telah disetujui oleh pemerintah...

Peristiwa5 jam ago

Gempa M 4,3 Guncang Seluma

SERIKATNEWS.COM – Terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,3 di Seluma, Bengkulu. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Akun...

Pariwisata6 jam ago

Diving di Laut Raja Ampat, Wamendes PDTT: Potensi Alam Raja Ampat Sangat Luar Biasa

SERIKATNEWS.COM – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi melakukan kunjungan kerja ke kampung...

Hukum15 jam ago

Ubah Lafadz Adzan jadi Seruan Jihad, Pria di Cibadak Diamankan Polisi

SERIKATNEWS.COM – Seorang pria berinisial SY (22) ditangkap oleh pihak kepolisian karena mengubah lafadz azan. SY (22) diamankan di Jalan...

Hukum17 jam ago

Iyut Bing Slamet Positif Sabu

SERIKATNEWS.COM – Iyut Bing Slamet harus kembali berurusan dengan polisi. Dia ditangkap Satuan Resersse Narkoba Polres Jakarta Selatan, Kamis (3/12/2020)...

Populer

%d blogger menyukai ini: