Connect with us

News

PB PMII Sayangkan Sikap Unmuh Babel Soal Intimidasi ke Mahasiswa

Published

on

Foto: Serikat News

SERIKATNEWS.COM – Ketua PB PMII Bidang Advokasi dan Kebijakan Publik, Ahmad Latif menyayangkan sikap pihak kampus Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung (Babel) yang mengancam akan mengeluarkan 8 (delapan) mahasiswa karena aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

“Sebagai lembaga pendidikan harusnya pihak Kampus tidak melakukan intimidasi demikian. Ini begitu sangat memperlihatkan sikap kampus yang tidak menginginkan mahasiswa menjadi lebih berkualitas,” kata Latif Hal dalam keterangan persnya, Rabu 22 September 2021.

Latif mendesak agar pihak kampus segera melakukan klarifikasi mengenai pernyataan tertulis atau surat pelanggaran mahasiswa untuk berekspresi. Menurutnya, langkah yang dilakukan Unmuh Babel seakan-akan memposisikan PMII sebagai organisasi terlarang.

“Mewakili PB PMII, kami meminta agar dosen ataupun petinggi kampus yang terlibat dalam membuat kegaduhan tersebut untuk segera melakukan klarifikasi terkait permasalahan ini. Permohonan maaf juga mesti diikutsertakan, itupun harus bentuk video,” tegas dia.

Lebih lanjut, Latif mengatakan bila permohonan itu tak segera diindahkan, pihaknya akan menyurati Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah terkait penyelesaian permasalahan itu.

“Ini serius dan mohon diperhatikan. Jika permohonan tersebut tidak diindahkan, kami segera bikin surat audiensi dengan PP Muhamadiyah,” bebernya.

Dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristek) tentang pembinaan ideologi Pancasila dalam kegiatan kemahasiswaan di Perguruan Tinggi, kata dia, dalam keputusan yang tercantum dalam pasal 3 menyatakan bahwa organisasi kemahasiswaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dalam kegiatan kemahasiswaan dapat melibatkan dan/atau bekerja sama dengan organisasi kemahasiswaan ekstra perguruan tinggi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Seperti diketahui, dalam pasal 1 menegaskan bahwa perguruan tinggi bertanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan ideologi Pancasila bagi mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan di perguruan tinggi.

“Ini sangat mengherankan, sebab PMII merupakan organisasi yang menjunjung tinggi ideologi Pancasila, tidak seharusnya kampus Unmuh Babel melakukan intimidasi seperti itu,” tutur dia.

Baca Juga:  Saat Presiden Ajak Cucu Ngabuburit ke Dufan

Bahkan kata dia, dalam peraturan menteri (Permenristekdikti) Nomor 55 Tahun 2018 tentang Pembinaan Ideologi Bangsa. Selain itu menetapkan bahwa Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) atau organ ekstra mahasiswa antara lain Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), hingga Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) diperbolehkan masuk kampus.

“Dalam Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2018, pasal 1 berbunyi, perguruan tinggi bertanggungjawab melakukan pembinaan ideologi bangsa, NKRI, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kurikuler, intrakurikuler, dan ekstrakurikuler,” terangnya. (Abdul Aziz Tumada)

Advertisement
Advertisement

Terkini

Sosial-Budaya17 menit ago

Said Abdullah Resmikan Masjid Abdullah Syechan Baghraf Legung Timur

SERIKATNEWS.COM – Warga Desa Legung Timur, Batang-Batang, Sumenep tampak antusias dan bahagia menghadiri peresmian Masjid Abdullah Syechan Baghraf. Acara sakral...

Ekonomi6 jam ago

Gus Halim: Santri Berperan Gerakkan Ekonomi Desa

SERIKATNEWS.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyatakan, santri berperan besar dalam menggerakkan ekonomi desa....

Sosial-Budaya8 jam ago

Ketum PBNU Ajak Para Santri Refleksikan Kembali Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

SERIKATNEWS.COM – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj mengingatkan bahwa Islam di Indonesia pada dasarnya...

News8 jam ago

Kejutan Hari Santri, Kemnaker Luncurkan Seribu Beasiswa Talenta Santri

SERIKATNEWS.COM – Pada gelaran Malam Puncak Amanat Hari Santri 2021, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memberikan kejutan kepada para santri...

Sosial-Budaya8 jam ago

Peringatan HSN 2021 Banyak Diwarnai Kegiatan Akademik

SERIKATNEWS.COM – Sejak adanya keputusan Presiden nomor 22 Tahun 2015, Rabithah Ma’ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU) selalu...

Sosial-Budaya8 jam ago

RMI PBNU Targetkan Pemetaan SDM NU yang Lebih Konkret

SERIKATNEWS.COM – Rabithah Ma’ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU) menargetkan adanya pemetaan Sumber Daya Manusia (SDM) NU yang...

News9 jam ago

MURI: NU Pecahkan Rekor Dunia

SERIKATNEWS.COM – Upaya tanpa lelah yang dilakukan Rabithah Ma’had Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI-PBNU) dalam memperingati Hari Santri Nasional...

Populer

%d blogger menyukai ini: