Pelabuhan Patimban Kemungkinan Molor Beroperasi

8
budi karya
Foto: iNews

SERIKATNEWS.COM – Pelabuhan Patimban diprediksi baru bisa beroperasi pada September 2020 mendatang. Waktu operasional tersebut molor tiga bulan dari rencana awal sebelumnya yang ditargetkan beroperasi pada Juni 2020.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut bahwa pemerintah Indonesia sebelumnya meminta agar Jepang bisa menyelesaikan Pelabuhan Patimban tahap pertama pada pertengahan 2020.

“Tapi Jepang minta lebih konservatif. Kalau pun mundur paling tiga bulan,” kata Menhub Budi Karya di Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Kemungkinan tersebut muncul usai Menhub menghadiri rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menteri Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan. Rapat tersebut juga dihadiri oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dan perwakilan Japan Bank for Internasional Cooperation (JBIC).

Menurut Budi, molornya target tersebut terjadi karena Jepang sangat berhati-hati soal kesiapan operasional pelabuhan, termasuk soal fasilitas dan infrastruktur pendukung. Meski begitu, kata Budi, pemerintah akan tetap mengupayakan agar pelabuhan yang berlokasi di Subang, Jawa Barat itu bisa rampung sesuai target Presiden Jokowi yakni Juni 2020.

Mantan direktur utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) itu mengatakan bahwa pemerintah mengevaluasi kembali proyek tersebut pada Januari 2020. Evaluasi itu untuk memastikan perlu tidaknya perpanjangan waktu penyelesaian proyek.

“Pada dasarnya ada kesepakatan untuk memperhatikan itu akan diteruskan apa tidak. Jadi nanti kita evaluasi, Januari akan rapat lagi, kita evaluasi,” katanya.

Baca Juga:  Jokowi dan Cak Imin bersama Peresmian Kereta Api, adalah sesuatu yang positif