Connect with us

News

Pemerintah Jateng Berupaya Penuhi Kebutuhan Rumah Layak Huni

Published

on

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) terus berupaya memenuhi kebutuhan rumah layak huni bagi masyarakat yang tergolong berpenghasilan rendah dan tidak mampu membeli rumah bersubsidi.

“Masyarakat berpenghasilan rendah masih sekitar 4,5 juta jiwa dan membutuhkan bantuan pemerintah untuk bisa mempunyai hunian yang layak,” kata Suprapta, Kepala Seksi Perumahan Umum Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah, Semarang, Jumat (30/11/2018).

Ia menjelaskan masyarakat berpenghasilan rendah sulit memenuhi persyaratan untuk mendapatkan rumah bersubsidi, padahal memperoleh tempat tinggal yang layak merupakan hak tiap orang sehingga Pemerintah Provinsi Jateng berupaya membantu.

“Berbicara masalah rumah adalah hak semua orang, kalau kredit lewat bank pastinya tidak bisa diakomodasi, mereka juga tidak punya seperti NPWP kemudian penghasilannya yang masih masih di bawah sekali,” ujarnya.

Terkait dengan keterbatasan lahan untuk membangun rumah layak, Pemerintah Provinsi Jateng berencana menyediakan lahan dan membangun rumah susun bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Pemprov Jateng, akan membangun rusun yang nanti bisa disewa sehingga dapat meringankan beban masyarakat, khususnya yang berpenghasilan rendah.

“Satu `twin blok` rusun bisa dihuni sekitar 72 kepala keluarga, kalau kita bangun 10 rusun, maka bisa membantu 700 kepala keluarga berpenghasilan rendah, nanti kita akan bangun satu rusun dulu,” katanya.

Menurutnya, hal tersebut sebagai komitmen Pemprov Jateng dalam membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki tempat tinggal yang layak.

Baca Juga:  Wapres Hormati Keputusan Arab Saudi Soal Penangguhan Umrah
Advertisement

Popular