PMII Rayon Civil Comunity Baiat 78 Kader Baru

181
PMII

SERIKATNEWS.COM – PMII Rayon Civil Community, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar Pelatihan Kader Dasar (PKD) pada tanggal 27-30 September 2019 di Srumbung, Magelang.

Acara itu diikuti oleh 78 peserta dan satu di antaranya dari non-muslim, Ambrosia Maria Magga. Mahasiswi Ilmu Perpustakaan yang berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur ini sangat tertarik untuk belajar tentang Islam yang mengedepankan nilai toleran.

Maria mengaku sangat kagum karena bisa diterima oleh lingkungan yang mayoritas Islam, seperti di UIN Sunan Kalijaga. Dia ingin ikut mempelajari bagaimana pola dan pemikiran mahasiswa Islam yang berlandaskan ahlus sunnah wal jama’ah.

Maria yang juga seorang suster ingin membuktikan bahwa Islam tidak mengajarkan permusuhan untuk agama lain, karena itu ia memilih PMII yang notabene sebagai organisasi mahasiswa Islam yang memegang teguh prinsip hablum minannas yang bertolak pada harakah hurriyah, harakah ijtimaiyah dan harakah sya’biyyah.

Untuk diketahui, dalam pelatihan tersebut, kader PMII mendapat beberapa materi ideologis, dan materi penunjang, di antaranya Aswaja, NDP, ke-PMII-an, Analisis Sosial, Gender, dan Kebudayaan. Materi yang diberikan merupakan materi tindak lanjut yang sebelumnya sudah ada di Mapaba.

PKD tersebut ditutup dengan pembaiatan yang dilaksanakan pada hari Senin (30/9/2019) dini hari, dipimpin langsung oleh M. Beni Alfayyed selaku ketua rayon periode 2019-2020.

Baca Juga:  Wapres JK Minta Perguruan Tinggi Tidak Seperti Museum