Connect with us

Sosial-Budaya

Rayakan HUT ke-64, Astra Berhasil Kurangi 420 Ton Sampah Plastik

Published

on

Kotak Semangat Astra disediakan di Grup Astra (ACC) guna memudahkan para karyawan dalam memilah jenis sampah plastik yang dibuang. (Foto: Astra)

SERIKATNEWS.COM – Seiring dengan hari ulang tahun (HUT) ke-64 pada bulan ini, Astra mengajak masyarakat dan insan Astra menggaungkan “Semangat Melaju Bersama”. Harapannya agar dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat luas dan berkontribusi bagi bangsa.

Salah satu wujud inspirasi dari Grup Astra yang melibatkan masyarakat luas adalah gerakan Semangat Kurangi Plastik. Yakni, sebuah gerakan yang berangkat dari keprihatinan seluruh karyawan Grup Astra terhadap masalah yang ditimbulkan oleh sampah plastik.

“Tema HUT ke-64 Astra menggambarkan ajakan kepada seluruh masyarakat dan insan Astra untuk tetap bertahan serta mulai melaju bersama-sama dalam menggapai cita-cita. Harapan dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat luas dan berkontribusi bagi bangsa,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah, di Jakarta, Rabu (24/2/2021).

Gerakan Semangat Kurangi Plastik tersebut dilakukan melalui pengurangan penggunaan plastik sekali pakai, meningkatkan kesadaran akan bahaya pencemaran sampah plastik. Selain itu, meningkatkan kepedulian dan memberikan edukasi tentang cara pengolahan sampah plastik secara efektif.

Sejak gerakan ini diluncurkan pada Februari 2020, Grup Astra berhasil mengurangi 420 ton sampah plastik hingga Februari 2021. Angka tersebut berasal dari 60 ton sampah plastik dari Grup Astra dan selebihnya yaitu 360 ton yang dikelola dari 86 bank sampah binaan Grup Astra di seluruh Indonesia.

Pengolahan sampah plastik dilakukan melalui program 6R, yakni refine, reduce, reuse, recycle, recovery, retrieve to energy tidak hanya menghasilkan produk kerajinan tangan, tetapi juga bahan bakar. Hingga saat ini, gerakan Semangat Kurangi Plastik diikuti oleh perusahaan-perusahaan Grup Astra dan yayasan di bawah naungan Astra dengan melibatkan masyarakat luas untuk ikut serta mengurangi pencemaran lingkungan dari limbah tersebut.

Inovasi Dari KBA Pekayon

Baca Juga:  AMSI Minta Polisi Cepat Usut Doxing Atas Jurnalis Liputan6.com

Inspirasi kepada masyarakat luas juga ditunjukkan oleh Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon, Bekasi Selatan, yang bersama-sama mengajak masyarakat selalu sadar pentingnya mengurangi penggunaan sampah sekali pakai. Tujuannya untuk melestarikan lingkungan sekitarnya.

“Tentu menjadi tantangan dalam mengajak 754 penduduk KBA untuk mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai. Butuh proses panjang untuk mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru,” ujar Lala Ratna Gozali, tokoh penggerak KBA Pekayon.

KBA Proklim, Sunter Jaya, merupakan satu dari 86 Bank Sampah yang menerapkan gerakan Semangat Kurangi Plastik bersama dengan Bank Sampah di KBA Pekayon, Bekasi Selatan. (Foto: Astra)

Berbagai aksi dilakukan untuk menekan pengurangan sampah plastik sekali pakai di wilayah KBA Pekayon. Salah satunya dengan program Gerakan Mengurangi Plastik Pasar (Gempar) yang baru saja diluncurkan.

Proses penyuluhan berlangsung dengan mendatangi pasar-pasar dan pedagang sayur keliling di sekitar KBA Pekayon untuk memberikan penyuluhan agar pedagang tidak menyediakan kantong plastik sekali pakai. KBA Pekayon juga memiliki program bank sampah untuk mengajak para warga memahami dalam memilah sampah, hingga saat ini para warga berhasil mengumpulkan 570 kg sampah plastik sekali pakai, serta program pemanfaatan minyak jelantah sebagai bahan dasar sabun organik.

“Meski telah tergabung dalam jaringan KBA selama 6 tahun, tetap saja saya bersama para aktivis di sini rohnya sudah bergerak untuk lingkungan,” tutur Lala yang terus mengobarkan semangat peduli lingkungan selama 18 tahun. Melalui gerakan Semangat Kurangi Plastik, program-program tersebut diharapkan dapat menekan jumlah sampah plastik sekali pakai di Indonesia dan mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Gerakan tersebut masih akan terus berlanjut, berbagai upaya akan terus dilakukan secara bersama-sama untuk melestarikan lingkungan dan alam untuk kualitas kehidupan yang lebih baik. Dikatakan bahwa hal tersebut sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa. (*)

Advertisement
Advertisement

Terkini

Lifestyle1 jam ago

Marandang, Tradisi Sambut Ramadan di Ranah Minang

SERIKATNEWS.COM – Marandang merupakan salah satu tradisi yang ada di Ranah Minang dalam menyambut bulan suci Ramadhan. “Alah masak Randang?”...

Lifestyle10 jam ago

Menjaga Alam dengan Sodasan, Pembersih yang Ramah Lingkungan

SERIKATNEWS.COM – Di masa pandemi ini, kita harus lebih sering mencuci tangan. Tentunya selain menyebabkan tangan menjadi kering, limbah sabun...

Hukum10 jam ago

Rumah Bos PT Purnama Karya Digeledah KPK terkait Kasus Nurdin Abdullah

SERIKATNEWS.COM – Sejumlah barang bukti terkait kasus dugaan korupsi proyek pekerjaan infrastruktur yang melibatkan Nurdin Abdullah selaku Gubernur Sulawesi Selatan...

News17 jam ago

Wi-fi Gratis Tersedia di 14 Objek Wisata Bangka Belitung

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memasang layanan wi-fi gratis di 14 titik objek wisata. Tujuan utamanya...

News17 jam ago

Menko Polhukam Tekankan Kepala Daerah Hindari Perilaku Koruptif

SERIKATNEWS.COM – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, mengimbau kepada kepala daerah terpilih pada Pilkada 2020 untuk menghindari perilaku...

Ekonomi18 jam ago

Menteri Trenggono Lepas Ekspor Produk Perikanan ke-40 Negara

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Kelautan dan Perikanan melepas ekspor produk perikanan secara serentak di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini sebagai penanda...

News18 jam ago

Colong Start Mudik Tak Dilarang, Kemenhub Perketat Pengawasan

SERIKATNEWS.COM – Berhubung adanya larangan mudik yang berlaku pada 6-17 Mei 2021, tak menutup kemungkinan masyarakat akan colong start mudik....

Populer

%d blogger menyukai ini: