Ribuan Buruh Bekasi akan Rayakan May Day di Jakarta

36

SERIKATNEWS.COM – Sekitar 4.000 buruh se-Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akan merayakan Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada Rabu (1/5/2019) besok di Jakarta.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Candra Sukma Kumara mengatakan, berdasarkan laporan masuk, 4.000 buruh itu berasal dari sejumlah serikat pekerja yang ada di Kabupaten Bekasi.

“Mereka akan berkumpul di beberapa titik di antaranya MM2100, Omah Buruh Ejip, Jababeka, Hyundai, dan beberapa kawasan industri lain,” kata Candra, di Cikarang, Selasa (30/4/2019).

Mereka akan bergerak dari masing-masing kawasan industri dengan menggunakan kendaraan roda empat dan bus. Tidak menutup kemungkinan, sejumlah buruh juga akan bergerak ke Jakarta menggunakan kendaraan roda dua.

“Yang sudah melapor ke kita itu mereka akan menggunakan 86 bus, 10 kendaraan roda empat, dan lima kendaraan sound sistem,” katanya.

Candra mengatakan bahwa pihaknya memastikan setiap buruh yang akan melakukan perjalanan ke Jakarta untuk merayakan Hari Buruh akan dikawal personil kepolisian hingga ke perbatasan.

“Kita juga melakukan pengamanan di kawasan-kawasan industri yang menjadi titik kumpul, di gerbang pintu tol, juga di tempat kegiatan mereka di pabrik juga kita amankan, serta kegiatan di Central Park. Kurang lebih ada 21 tempat yang kita amankan,” ucapnya.

Candra mengimbau agar para buruh sebaiknya memperingati May Day di Kabupaten Bekasi saja, tidak perlu bergerak hingga ke Jakarta. Central Park Meikarta, Cikarang Selatan dipilih sebagai lokasi utama peringatan May Day di Kabupaten Bekasi. Rencananya, di lokasi itu besok akan ada sejumlah kegiatan seperti hiburan musik dan pembagian sejumlah doorprize menarik.

“Panggung hiburan ada Trio Macan, ada Suca, ada DJ juga. Kita buat semeriah mungkin, se fun mungkin. Ini buruh harus kita fasilitasi karena Kabupaten Bekasi kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara, berharap May Day itu hari-hari menyenangkan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Wamendes Kunjungi Desa Siluman yang Berlokasi di Subang

Di lokasi yang sama, pihaknya juga menyediakan layanan pengobatan gratis, layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), serta pelayanan surat-surat kependudukan dari Pemkab Bekasi.

Doorprize ada satu unit mobil, lima unit motor, serta alat-alat elektronik dan masih banyak lainnya. Kita persilakan saudara-saudara kita dari buruh untuk datang ke Central Park, ajak keluarga, anak-anak karena di sana juga ada wahana anak,” imbuh Candra.