Sandiaga Uno Juga Menghadiri Rapat Tahunan MPR, Jokowi; Kita Tidak Boleh Anti Kritik

11
pidato
Ilustrasi: nawacita.co

SERIKATNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam acara sidang tahunan MPR tahun 2019. Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan bahwa semua elemen negara untuk tidak anti kritik. Soalnya, kritikan untuk suatu negara itu sangat mendominasi kemajuan negara.

Rapat tahunan MPR itu dilaksanakan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Jokowi menyampaikan lembaga-lembaga negara baik eksekutif, legislatif, dan yudikatif sangat diperlukan untuk keselarasan bersama dalam menepis tantangan globalisasi.

“Segala pencapaian dari lembaga-lembaga negara tersebut adalah modal kita bersama untuk menghadapi tantangan masa depan. Kita tidak boleh cepat berpuas diri,” ujarnya.

Kritikan merupakan tindakan dalam perubahan nasib suatu bangsa. Dengan demikian, bangsa bisa maju karena adanya kepedulian antar individu maupun antar kelompok. Dari situlah bisa membuat wacana baru untuk bergerak memajukan bangsa yang lebih baik.

Kritikan dilakukan tidak hanya untuk tercapainya bangsa yang baik, akan tetapi kritikan juga merupakan bentuk perhatian terhadap pemerintah, serta dapat menumbuhkan sifat bangunan nasionalisme.

“Kita perlu saling mengingatkan dan saling membantu. Kita tidak boleh alergi terhadap kritik. Bagaimana pun kerasnya kritikan itu, harus di terima sebangai wujud kepedulian, agar kita bekerja lebih keras lagi memenuhi harapan rakyat,” kata Jokowi.

“Bangunlah kesadaran kita untuk tercapainya sebuah cita-cita Pancasila dari sejak dini. Kesadaran dari pola pikir kita itu yang menentukan kemajuan masa depan Indonesia dari gangguan globalisasi,” tegasnya.

Sidang tahunan MPR ini dihadiri oleh 473 anggota dari 692 anggota MPR. Sidang juga dihadiri para menteri-menteri kabinet pemerintahan Jokowi dan pimpinan lembaga tinggi negara. Hadir pula Wakil Presiden terpilih KH. Ma’ruf Amin juga mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno.

Baca Juga:  Industri Agro Menjadi Sektor Unggulan DI. Yogyakarta